Inilah Pengganti Bahan Masak Beralkohol Untuk Makanan Halal

Untuk yang beragama Islam, makanan dan minuman yang mengandung alkohol jelas diharamkan. Karena itulah kadang agak susah mengikuti resep luar negeri yang menggunakan beberapa bahan yang mengandung alkohol. Nah, ada beberapa bahan halal yang bisa menjadi pengganti bahan-bahan beralkohol ini lho. Apa saja sih?




Ganti Rum dengan Sari Apel


Rum biasanya digunakan sebagai campuran untuk membuat kue atau minuman-minuman manis. Nah, rum bisa diganti dengan sari apel yang ditambah dengan esktrak kacang almond. Rasa manis-asam sari apel ini hampir mirip dengan rum. Sari apel juga bisa menajamkan aroma masakan.


Red Wine dengan Sari Anggur

red wine

Red wine atau nama lainnya anggur merah adalah sebuah minuman yang dibuat dari campuran buah anggur merah dan anggur hitam yang dihancurkan lalu difermentasikan.

Red wine sering digunakan dalam bahan baku makanan, terutama makanan barat. Baik itu digunakan sebagai perendam atau pelunak bahan baku makanan atau sebagai penyedap rasa masakan yang sedang diolah. 

Fungsi ditambahkan red wine dalam masakan adalah untuk memperkaya aroma dan rasa makanan tersebut. Nah, alternatif penggantinya adalah jus anggur, jus cranberry dan jus tomat. Mungkin dari segi rasa agak sedikit berbeda, tapi tidak menghilangkan kenikmatan masakan tersebut.


Ang Ciu dengan Kecap Asin dan Jeruk Nipis

angciu halal

Ang Ciu adalah bumbu penyedap yang sering digunakan pada masakan-masakan Cina. Bentuknya seperti botol kecap bertulikas aksara Cina. Angciu terbuat dari beras ketan yang difermentasikan menjadi alkohol. Kalau ketan diragikan jadi tape, Ang Ciu ini adalah air tapenya.

Ang Ciu sering digunakan bukan hanya di restoran-restoran besar yang menyediakan makanan Cina, namun warung-warung tenda pinggir jalan juga masih banyak yang menggunakan. Ang Ciu bisa dicari di toko-toko tradisional yang jual kecap asin, kecap manis, dll.

Nah, jika kita ingin mengganti Ang Ciu pada resep masakan kita, bisa menggantinya dengan campuran kecap asin dan perasan jeruk limau. Takarannya dikira-kira saja. Ada juga yang menambahkan dengan sedikit air jahe. Semua tergantung selera rasa masing-masing lidah kokinya ya.


Mirin dengan Jeruk Nipis dan Gula

mirin halal

Mirin adalah minuman beralkohol dari Jepang. Rasanya manis (kata yang udah nyicipin). Mirin sama dengan Ang Ciu, dibuat dari beras ketan yang dikukus lalu diberi ragi. Namun saat proses fermentasi ditambah arak yang disebut shōchū untuk mempercepat proses peragian.

Bahan alernatif pengganti mirin adalah jus anggur yang manis (diberi gula) yang dicampur dengan perasan air jeruk lemon.


Sumber:
adeufi
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment