Di Balik Manfaatnya, Daun Sirsak Ternyata Punya Efek Samping Berbahaya

Banyak orang menyukai buah sirsak karena rasanya yang manis dan asam, namun menyegarkan. Buah yang tumbuh di daerah tropis ini biasanya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, dijus atau dijadikan es krim.


Tak cuma rasanya yang diminati, ternyata buah dan daun sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buahnya yang kaya vitamin C, B1, B2, mineral dan antioksidan diyakini baik untuk kesehatan kulit, pencernaan hingga menurunkan kolesterol.

Sementara rebusan daun atau ekstrak daun sirsak dalam bentuk kapsul dipercaya bisa mencegah perkembangan sel kanker hingga menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengenai manfaat dari buah dan daun sirsak, Spesialis Farmakologi dr Tulus Satriasi, Sp.Fk memberikan penjelasannya.

Menurutnya, ekstrak daun sirsak dalam bentuk kapsul berdasarkan penelitian bisa mencegah sel kanker. Dari penelitian yang dilakukan, mengonsumsi kapsul ekstrak daun sirsak sebanyak 3x2 atau 500 miligram per kilogram berat badan per hari bisa menurunkan sel kanker.

"Kandungan annonaceous acetogenins dalam daun sirsak bisa melemahkan pertumbuhan sel kanker," kata dia.


Selain dapat mencegah sel kanker, ekstrak daun sirsak juga dapat mencegah sel tumor. Namun mengenai manfaat ekstrak daun sirsak yang bisa menurunkan kolesterol, Tulus mengatakan bahwa hal itu belum terbukti. Sebab berdasarkan penelitian yang sempat dilakukan, ternyata mengonsumsi ekstrak daun sirsak tidak menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Meski memiliki banyak manfaat, namun Tulus mengingatkan untuk tidak berlebihan mengonsumsi ekstrak daun sirsak. Ini mengingat salah satu fungsinya yang bisa mencegah sel aktif seperti kanker dan karena otak merupakan sel aktif maka jika dikonsumsi terlalu banyak akan berdampak buruk, yakni berpotensi merusak otak.

"Makanya sebaiknya mengonsumsi dalam bentuk kapsul karena dosisnya pas," kata dia.

Di samping daun, buahnya juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk pencernaan. Dalam 100 gram buah sirsak mengandung 81% air dan vitamin C, 25% angka kecukupan gizi, serat dan zinc yang bisa meregenerasi sel usus.

"Buah sirsak juga bisa mencegah sembelit karena kandungan seratnya tinggi," ujar Tulus.

Buah sirsak pun mampu menjaga kekebalan tubuh dan merangsang sel darah putih. Itu karena buahnya mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

Untuk buah, dia menyarankan untuk mengonsumsi secara langsung dibandingkan dalam bentuk jus. Ini mengingat dalam 100 gram buah sirsak mengandung 81% air. Nah jika dijus atau ditambah air maka seratnya akan berkurang. Belum lagi tambahan gula yang tidak baik untuk kesehatan.


Sumber:
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment