5 Hal yang Bikin Pencak Silat Bisa Tembus Hollywood

Selain bela diri Kungfu asal Tiongkok, kini bela diri asal Indonesia, pencak silat, juga mulai merambah perfilman Hollywood. Tentu saja hal ini tidak diraih dengan cepat dan mudah, karena memerlukan proses panjang. Para pelaku bela diri ini harus mampu mengenalkan dan menarik perhatian para pembuat film di Hollywood. Mereka menampilkan banyak sisi unik dari pencak silat hingga saat ini seni bela diri semakin mudah di terima. Dilansir dari Boombastiscom, Jumat (29/1/2016), berikut adalah 5 hal yang bikin pencak silat bisa tembus Hollywood.

1. THE RAID

The Raid (Bit Gravity)

Tidak bisa dipungkiri lagi jika The Raid adalah ujung tombak pengenalan pencak silat ke dunia internasional. Film laga yang dirilis pada tahun 2011 ini mendadak menjadi perhatian dunia. Banyak pengamat mengatakan jika film ini adalah tontonan laga terbaik yang pernah dibuat di Indonesia. Bahkan, aksi laga di dalam film seperti sebuah tarian indah namun juga tetap terlihat hebat. Berkat film ini, pencak silat akhirnya mampu terbang ke seluruh penjuru dunia. Bahkan membuat banyak pelaku di dalamnya mulai dilirik produser film asing.

2. GERAKANNYA INDAH

Pencak Silat (Anak Harimau)

Dalam film “The Raid”, pencak silat digambarkan dengan sangat indah. Bahkan ada koreografi tersendiri yang diterapkan agar gerakannya nampak lebih tertata dan memberikan kesan yang “wah”. Gerakan indah ini nampak semakin berkesan setelah digabungkan dan menjadi sebentuk pertarungan.

3. SENI BELA DIRI UNIK

Pencak silat (Satubanten)

Sebelum pencak silat muncul dalam film, publik banyak ‘dicekoki’ oleh bela diri kungfu, sehingga tidak ada yang aneh ketika publik menonton film Hollywood berisikan bela diri kungfu. Begitu pencak silat muncul dalam film “The Raid”, mata publik dunia seakan tersegarkan. Mereka akhirnya melihat seni bela diri lain, yang unik, tidak mainstream namun sangat indah.

4. FILOSOFI SILAT YANG HEBAT

Pencak silat (500px)

Setiap gerakan pada bela diri pencak silat memiliki filosofinya sendiri, bukan hanya asal memukul atau menendang saja. Semakin dalam mempelajari pencak silat, seseorang tak hanya akan dibawa kepada tahap kuat secara fisik saja, namun juga dibawa bertualang ke kedalaman makna yang kadang butuh pemikiran lebih jauh. Itulah mengapa saat ini banyak sekali orang dari luar negeri datang ke Indonesia hanya untuk berlatih pencak silat dan mempelajari inti dari semua gerakan pencak silat ini.

5. MEMILIKI NILAI SPIRITUAL

Pencak silat (Indonesia Expat)

Pencak silat mengajarkan nilai spiritual yang cukup tinggi. Dengan mempelajari pencak silat, maka seseorang juga belajar bagaimana cara mendekatkan diri pada Tuhan, alam, dan menjadi figur yang lebih baik.



Sumber: jadiberita
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment