10 Tanaman Paling Langka Di Dunia

Di dunia ini begitu banyak jenis tumbuhan unik yang tumbuh. Baik itu tumbuh secara alami atau sengaja ditanam oleh manusia untuk tujuan tertentu. Dari sekian banyak tumbuhan tersebut ada beberapa jenis diantaranya yang tergolong dalam tumbuhan yang langka dan jumlahnya yang sedikit menjadi tumbuhan itu dilindungi oleh pemerintah dan juga dunia. Berikut ini adalah 10 jenis tumbuhan langka yang ada di dunia.

10. Welwitschia


Merupakan salah satu dari jenis tumbuhan Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) yang telah dianggap salah satu fosil hidup oleh para ahli botani di dunia. Tumbuhan ini terdiri dari batang, akar, dan daun. Batang dari tumbuhan ini sangat pendek namun sangat tebal dan kuat. Daunnya diperkirakan dapat tumbuh sampai dengan 2-4 meter. Umur dari tumbuhan diperkirakan telah ada sejak 1.000-2.000 tahun yang lalu. Memiliki tumbuhan jantan dan betina yang tumbuh secara terpisah, Welwitschia ini juga cukup sulit untuk dikembangbiakkan.

9. Erysimum Menziesii


Hanya ditemukan di sekitar pantai berpasir di California, Humboldt, Mendocino, dan Monterey. Tumbuhan langka ini bukanlah termasuk tumbuhan yang tinggi, tinggi maksimal dari tumbuhan hanyalah sekitar 15cm. Namun biarpun kecil, tapi tanaman ini memiliki daun yang lurus, tebal dan lumayan berbulu. Di setiap ujung batang tumbuh bunga berwarna kuning dengan kelopak yang bulat. Dari bunga itulah yang nantinya akan muncul buah yang panjang dan sangat lengket.

8. Jade Vine Strongylodon Macrobotrys


Jade Vine adalah salah satu tumbuhan langka di dunia yang merupakan tumbuhan merambat. Penyebarluasan dari tanaman ini hanya berada di hutan hujan tropis Filipina. Tanaman yang memiliki hubungan dekat dengan kacang merah dilengkapi dengan bentuk bunga yang cukup unik. Bunga dari Jade VIne berbentuk seperti cakar yang tumbuh menggantung dan mampu mencapaipanjang 3 meter. Di tempat aslinya, tumbuhan ini mulai mengalami penurunan jumlah dikarenakan area hutan yang mulai berkurang dan juga tumbuhan ini sangat sulit berkembangbiak.

7. Rafflesia Arnoldi


Indonesia patut berbangga diri karena ternyata salah satu dari tumbuhan khas Indonesia termasuk ke dalam daftar tanaman langka di dunia. Bunga langka satu ini memiliki suatu ciri khas yakni baunya yang menyengat hidung. Karena baunya yang menyengat tersebut, bunga ini juga diberi nama bunga bangkai. Sejauh ini bunga bangkai hanya ditemukan di 3 tempat, Sumatra, Malaysia,dan Bengkulu.

6. Snowdia Hawkweed


Snowdia Hawkweed merupakan salah satu tumbuhan langka yang namanya sesuai dengan tempat dimana ia ditemukan yakni di Snowdia, Wales. Tanaman ini memiliki bunga yang berbentuk simple namun indah dengan kelopak bunga berwarna kuning.Beberapa tahun yang lalu, para peneliti bunga ini sangat dikejutkan karena tanaman ini tidak memproduksi bunga kembali. Hal tersebut membuat para peneliti menganggap bahwa tanaman ini telah mendekati kepunahan. Kemudian di tahun 2002, anggapan itu mulai perlahan menghilang, secara ajaib tanaman ini kembali memproduksi bunganya.

5. Parrot's Beak Lotus Berthelotii

Parrot's Beak

Bunga cantik satu ini sudah diklasifikasi sebagai salah satu tanaman yang paling langka di dunia sejak tahun 1884. Walaupun sudah dipercaya telah punah, tapi ada beberapa dari tumbuhan ini ditemukan masih bertahan hidup. Tanaman langka mengagumkan ini diperkirakan tumbuh dengan subuh di sebuah pulau bernama Canary Island. Di pulau tersebutlah penyerbukan tumbuhan itu dibantu oleh Sunbirds yang juga diperkiran telah punah. 

4. Yellow and Purple Lady Slippers Cypripedium Calceolus



Masih tergolong dalam kelompok orchid liar, dan hanya ditemukan di beberapa di benua Eropa. Beberapa dari tanaman langka ini dapat ditemukan di Britania Raya, lebih khususnya sering ditemukan di lapangan golf. Sejak tahun 1917 tumbuhan satu ini telah mendapat perlindungan khusus dari pihak kepolisian, bahkan hanya memotong sedikit dari bagian tanaman ini dapat dikenai denda mencapai 5.000 USD. Untuk meningkatkan jumlah tanaman ini juga termasuk sulit karena tanaman ini tidak bisa menyediakan bahan makanannya sendiri. Orchid ini sangat bergantung pada jamur tipe tertentu untuk menyediakan sumber makanan agar bisa tumbuh.

3. Ghost Orchid Epipogium Aphyllum


Ghost Orchid, begitulah tanamana ini diberi nama. Diberi nama ghost dikarenakan tanaman ini sudah punah sekitar 20 tahun yang lalu, namun kembali muncul kembali ke permukaan. Tidak memiliki daun, tidak melakukan fotosinstesis, tidak memproduksi makanan sendiri, dan juga tidak memiliki daun. Ghost Orchid dapat tumbuh di bawah tanah selama bertahun-tahun dan hanya berbunga disaat kondisi mendukung. Dikarenakan sulit ditemukan dan sulit untuk dikembangbiakkan, para penggemar Orchid rela menghabiskan waktu sampai bertahun-tahun untuk mencari dan mempelajari dari tanaman langka ini.

2. Middlemist Red Middlemist Camellia



Camellia telah dianggap oleh banyak peniliti di dunia sebagai salah satu tanaman paling langka yang pernah ada. Hal tersebut disebabkan karena sampai saat ini hanya terdapat 2 sample tanaman yang diketahui. Salah satu dari tanaman ini dapat ditemukan di taman yang berada di New Zealand, sedangkan satunya dapat ditemukan di di rumah hijau di Britania Raya. Habitat asli dari tanaman in awalnya berasal dari Cina yang kemudian dibawa oleh menuju Britania oleh seorang pria bernama John Middlemist. Tanaman langka ini berbunga hanya sesekali waktu saja, dan bunganya saat enyerupai dengan bunga mawar dengan warna merah muda yang cerah.

1. Enchephalartos Woodii


Saat ini, tanaman Enchephalartos Woodii sudah menjadi salah satu tanaman langka yang ada di dunia. Terakhir kali tanaman ini ditemukan tumbuh dengan liar di dalam hutan Ngoya, Afrika Selatan pada tahun 1985. Yang oleh pemerintah sekitar, tanaman ini mulai dilestarikan dan pengembangannya diawasi oleh para ahli di kebun raya. Untuk pengembangbiakkan tanaman satu ini diperlukan sepasang tanaman jantan dan betina. Namun hal tersebut sangat sulit dilakukan karena sampai saat ini belum ditemukan tumbuhan yang berjenis betina.


Sumber: tahupedia
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment