10 Negara Superpower Di Dunia

Sebagai tolak ukur suksesnya suatu negara bisa diukur dari teknologi, ekonomi dan sumber daya manusia. Jika suatu negara didukung oleh 3 hal tersebut maka negara tersebut dapat dijuluki sebagai negara superpower. Sebagai negara superpower, mereka bisa menjadi tolak ukur negara lain jika ingin menjadi negara maju. Di dunia ini terdapat 10 negara yang mendapat pengakuan sebagai negara superpower di dunia. Inilah daftar 10 negara superpower di dunia.

10. Brazil


Brazil merupakan negara yang sangat besar yang juga merupakan bagian dari Amerika Latin. Di tahun 2010, Brazil telah dikenal sebagai negara yang memiliki perkembangan ekonomi sangat cepat bersama dengan Rusia, India, Dan Cina. Sebagai negara yang berkembang, pendapatan ktor yang diperoleh Brazil tercatat mencapai nilai 1,9 juta USD. Selain itu, selama lebih dari 150 tahun Brazil telah dikenal oleh dunia sebagai salah satu negara produsen kopi terkenal. Tidak heran kenapa Brazil bisa menjadi salah satu negara superpower disaat ini.

9. Italia


Itali merupakan negara di Uni Eropa dengan menempati posisi 4 dalam jumlah populasi terbanyak. Selain itu perkembangan ekonomi yang sangat cepat membuat Itali cukup dikenal sebagai salah satu negara maju di Eropa. Perkembangan dunia industri di Itali sudah mengalami perkembangan yang signifikan sejak abad 19 sampai dengan sekarang. Pada masa perang dunia I, Itali berkoalisi dengan negara seperti Perancis dan juga Inggris untuk menyelamatkan perekonomiannya yang terancam. Namun saat ini Itali telah berhasil menjadi saloah satu negara superpower dengan pertumbuhannya yang mencapai angka 1,8 juta USD.

8. India


India merupakan negara dengan populasi yang cukup padat. Pertumbuhanb populasinya yang cepat didukung pula dengan perkembangan ekonominya. Perkembangan teknologi super cepat India juga berdampak pada kekuatan nuklir yang mereka miliki. Sebelum menjadi negara superpower seperti sekarang ini, beberapa dekade lalu India pernah menderita karena sektor ekonominya yang mengalami pelemahan. Namun pemerintah India melakukan inovasi yang secara perlahan mampu membangkitkan perekonomian di India. Saat ini India telah dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan komersial dan budaya yang sangat bernilai, 

7. Jerman


Termasuk dalam jajaran negara Uni Eropa yang sukses, Jerman juga dikenal sebagai salah satu negara kuat sejak perang dunia I dan kedua. Sebagai negara pengekspor terbesar ketiga di dunia, Jerman berhasil memperoleh pendapatan yang cukup besar. Hal tersebut dapat dilihat dari GDPnya yang mencapai 3,4 juta USD. Saking berkembangnya, tinggal di Jerman, kehidupan masyarakat Jerman sangatlah dijamin. Baik di bidang kesehatan, keamanan, pendidikan dan juga lingkungannya yang nyaman.

6. Jepang


Satu negara di Asia Timur yang mampu masuk ke dalam daftar negara superpower, Jepang. Jepang merupakan negara yang terbentuk dari banyak kepulauan vulkanik dimana total ada 6.852 pulau. Dengan ibukota Tokyo, Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki perkembangan teknologi yang cukup maju. Menurut data pada tahun 2015, Jepang memiliki nilai GDP yang cukup tinggi yaitu 4,2 juta UAS. 

5. Inggris


Negara Uni Eropa satu ini termasuk negara dengan populasi terpadat ke 22 di dunia. Sistem pemerintahannya pun masih konstitusional dimana negara dipimpin oleh seorang ratu. Sebagai negara superpower, Inggris memiliki pendapatan GDP sebesar 2,8 juta USD. Di abad ke 19 dan 20, Inggris dianggap sebagai negara industri maju dan juga terkenal akan kekuatan ekonominya. Pada perang dunia II, Inggrislah yang berhasil mengalahkan Jerman dengan menggunakan teknologinya yang cukup unik.

4. Perancis


Sebagai negara berdaulat di Eropa, Perancis dikenal sebagai negara yang memiliki pengaruh besar di dunia seni. Perancis menjadi tempat lahir dari banyak artis, tokoh pemikir dan juga seniman terkenal di dunia. Dengan popilasinya yang sebanyak 66,6 juta penduduk, Perancis memiliki GDP rata-rata 4,8 miliar USD. Nilai tersebut diperoleh berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada tahun 2015. Dengan angka GDP yang fantastis itulah yang membuat Perancis pantas dijadikan sebagai salah satu negara superpower di dunia.

3. Cina


Tidak hanya sekedar dikenal sebagai salah satu negara superpower, Cina juga diketahui sebagai negara dengan populasi terpadat di dunia dengan jumlah penduduk mencapai 1,35 miliar. Pada tahun 2015, Cina berhasil memperoleh pendapatan GDP sebesar 11,2 juta USD. Bila melihat perkembangannya saat ini terutama di bidang teknologi, akan ada kemungkinan nilai tersebut akan semakin bertamabah. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya barang buatan Cina yang berhasil dijual ke beberapa belahan dunia. 

2. Rusia


Memiliki kekuatan militer terkuat kedua di dunia, sangat tidak mungkin apabila Russia tidak masuk ke dalam daftar ini. Dalam perkembangannya sebagai negara superpower, Russia selalu bergantung pada kekuatannya sendiri. Baik dari segi politik, ekonomi, dan keuangan, Russia mampu mengungguli negara lain kecuali Amerika Serikat. Dalam kemandiriannya,Russia mampu meraih total pendapatan GDP sebesar 1,1 juta USD. Saat inipun Russia cukup dikenal sebagai negara yang memiliki kekuatan nuklir yang mungkin setara dengan Amerika.

1. USA


Bila membahas negara superpower, sudah pasti kita tahu siapa pemenangnya, Amerika Serikat. Terdiri dari 50 negara bagian dan federal distrik, Amerika menjadi negara dengan peringkat ketiga dalam hal jumlah populasi penduduk. Semenjak akhir perang dunia II, Amerika mengokohkan negaranya menjadi negara paling berpengaruh di dunia dan mulai mengembangkan teknologi senjata nuklir. Dengan modalk senajta nuklir membuat kekuatan militer Amerika menjadi yang paling ditakuti di seluruh dunia. Untuk teknologi, hampir semua teknologi modern berasal dari Amerika. Dengan segala kemajuan teknologi dan juga ekonomi, Amerika memiliki GDP sebesar 18,1 juta USD.



Sumber: tahupedia
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment