10 Jenis Anjing Terbesar Di Dunia

Di dunia ini terdapat beberapa jenis anjing dengan ukuran tubuh yang lebih besar daripada jenis anjing yang lain. Ukuran tubuh yang besar tersebut tidak lantas membuat orang menjadi takut melainkan membuat anjing semakin menjadi pusat perhatian orang. Dibutuhkan perawatan khusus juga untuk bisa menjaga anjing dengan ukuran besar tersebut. Berikut ini adalah daftar 10 anjing paling besar di dunia.

10. Newfoundland


Adalah anjing terakhir yang masuk ke dalam anggota anjing besar di dunia, Newfoundland. Anjing jenis ini biasa memiliki tinggi sampai 70 cm dan berat 80 kg. Sebagai anjing besar ternyata Newfoundland merupakan anjing yang sangat suka berenang dan mampu berenang menempuh jarak yang cukup jauh. Sebagai anjing yang sangat aktif, Newfoundland merupakan teman yang cocok untuk menemani anak bermain. Hanya saja, untuk menyuruhnya istirahat akan membutuhkan waktu yang cukup lama karena anjing ini benar-benar sangat aktif.
9. Kuvasz


Anjing besar berbulu tebal ini adalah salah satu jenis anjing tua yang dibesarkan di Hungaria. Tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan anjing pegunungan lain, tapi Kuvasz maish tergolong anjing yang gesit. Tugas utama dari anjing jenis ini adalah membantu para gembala untuk menjaga para kawanan gembalanya. Tidak terlalu sulit untuk melatih anjing jenis ini karena anjing ini memiliki kecerdasan diatas rata-rata dan juga memiliki sense humor yang cukup tinggi.
8. Kangal

Kangal merupakan jenis anjing asal Turki yang biasa digunakan sebagai anjing penjaga. Walaupun masuk dalam jenis anjing besar, namun Kangal merupakan anjing yang sangat lincah. Dengan tubuh yang mencapai tinggi 81 cm, Kangal sanggup berlari dengan kecepatan mencapai 50 km per jam. Kangal anjing yang independent, kuat, tenang, dan mudah untuk dilatih. Dengan pelatihan khusus, Kangal bisa menjadi anjing penjaga yang sempurna bagi anak-anak dan tidak agresif bila bertemu dengan orang baru.
7. St. Bernard


Anjing besar ini merpakan jenis anjing yang biasa besar dan digunakan untuk melakukan misi penyelamatan di pegunungan. Jenis ini merpakan jenis yang paling populer di negara Italia dan pegunungan Alppen. Normalnya St. Bernard hanya memiliki ukuran tinggi normal 90 cm dan berat 120 kg. Namun di serbuah rekor mencatat bahwa terdapat anjing jenis St. Bernard dengan ukuran yang besar. Anjing tersebut bernama Benedictine. Saking besarnya, Benedictine tercatat memiliki berat yang mencapai 166kg.
6. English Mastiff


Salah satu anjing jenis English Mastiff yang pernah masuk ke dalam Guinness World Record sebagai anjing terbesar adalah anjing bernama Zorba asal Inggris. Menurut catatan Guinness, Zorba memiliki berat 155 kg dan tinggi 93 cm. English Mastiff adalah anjing besar yang memiliki sifat ramah tapi terkadang keras kepala. Bagi Anda yang memiliki anak kecil tidak perlu khawatir karena anjing besar ini cukup ramah dengan anak kecil dan bisa menjadi anjing penjaga yang baik.
5. French Mastiff


Anjing satu ini merupakan jenis anjing yang berasal dari Perancis, karena itu anjing ini juga dikenal dengan nama Dogue De Bordeaux. Dari fisiknya kita langsung dapat mengetahui bahwa ini merupakan anjing yang kuat karena fisiknya yang kekar. Berkat fisiknya yang kuat, anjing besar ini seringkali dimanfaatkan untuk melakukan beberapa aktivitas seperti menarik kereta dan juga mengangkut benda berat. Dengan tubuhnya yang besar,anjing ini dapat mencapai berat sekitar 68 kg dan tinggi mencapai 63-76 cm.
4. Anatolian Sheperd


Dengan tinggi 68-73 cm dan berat 36-68 kg, anjing jenis Anatolian Sheperd tidak diragukan lagi termasuk ke dalam salah satu jenis anjing terbesar di dunia. Anjing asal Turki ini adalah anjing yang sangat cocok untuk dijadikan anjing penjaga karena memiliki naluri penjaga yang kuat. Bagi pemilik yang ingin anjing jenis ini menjadi anjing yang bersahabat, maka bersiaplah untuk sabar karena melatihnya akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
3. Scotish Deerhound


Jika kalian mencari anjing besar lain selain Great Dane dan Irish Wolfhound, berikut ini adalah salah satu anjing besar yang mungkin menarik untuk Anda miliki. Sebagai salah satu jenis anjing terbesar di dunia, anjing ini sangat mudah dipelihara karena suka sekali menghabiskan waktu bersama pemiliknya apalagi bila diajak berlari. Scotish Deerhound dilindungi oleh bulu kasar namun mudah untuk dirapihkan. Saat dewasa, anjing ini dapat mencapai tinggi 81 cm.
2. Irish Wolfhound


Meskpiun memiliki berat yang cukup ringan, namun Irish Wolfhound merupakan jenis anjing yang memilki tinggi diatas rata-rata anjing normal. Anjing jenis ini aslinya merupakan hasil pengembangan dari jenis anjing perang. Jenis Wolfhound banyak dimanfaatkan sebagai anjing pemburu dan juga penjaga. Diketahui bahwa jenis anjing ini dapat mencapai tinggi sampai dengan 86 cm dan juga tergolong jenis anjing yang cukup tua.
1. Great Dane


Great Dane adalah salah satu jenis anjing terkenal yang berasal dari Jerman.Merupakan jenis anjing yang terkenal karena ukurannya. Tinggi dari jenis anjing ini dapat mencapai 76 cm, dan beberapa dari Great Dane sampai saat ini maish memegang rekor sebagai anjing tertinggi di dunia. Sebagai contohnya adalah seekor anjing Great Dane bernama Zeus. Zeus yang telah meninggal September 2014 dengan umur 5 tahun mencatat rekor sebagai anjing tertinggi dengan tinggi mencapai 112 cm.


Sumber: tahupedia
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment