Rumah Makan Padang Langgananmu Asli atau Tidak? Cek dengan Ini!

Rumah Makan Padang (www.kotajogja.com)

Bukan orang Indonesia namanya kalau belum pernah mencicipi masakan Padang. Rasa yang kaya akan bumbu dan membuat lidah ketagihan ini jadi favorit kita orang Indonesia. Rumah makan Padang seolah menjamur di berbagai sudut kota yang ada di Indonesia. Di beberapa kota besar bahkan rumah makan Padang sudah menjadi tempat yang wajib ada. Berhubung menjamurnya rumah makan Padang, kamu juga harus jeli saat ingin makan masakan Padang yang original. Kali ini jadiBerita akan membeberkan tujuh point yang harus kamu perhatikan saat makan di rumah makan Padang.

1. CARA PENYAJIAN RENDANG

Rendang (resep.jalalaba.com)

Keaslian sebuah rumah makan Padang bisa ditentukan dari caranya menyajikan rendang. Daging rendang adalah primadona masakan Padang. Orang Padang tak akan menyajikan rendang yang manis atau berkuah. Rendang yang asli rasanya pedas dan tidak ada rasa manis karena di ranah Minang sana, yang manis-manis itu hanyalah minuman
.
2. ADANYA SAMBAL HIJAU DAN SAMBAL MERAH

Sambal Lado Merah dan Hijau (blog.elangit.com)

Masakan Padang terkenal dengan sambal hijaunya. Sambal ini dibuat dari cabai hijau dan campuran bawang yang diulek dan dimasak bersama sehingga berwarna kehijauan. Tapi, sebetulnya sambal khas Padang bukan hanya sambal hijau saja. Ada sambal merah yang tidak kalah menggoda dengan yang hijau. Karakter pedasnya lebih dominan dan nyelekit. Di beberapa menu seperti tumis teri, tumis kentang, dan lain-lainnya, sambal merah ini menjadi campuran bumbu, dan ditumis bersama bahan hingga kering.

3. KUAH GULAI YANG KENTAL

Gulai Ayam Padang (www.rebelacatering.com)

Bumbu Padang yang asli tak pernah gagal menggoyang lidah. Kuah gulainya pun kental karena kaya bumbu dan santan. Soal rasa, rumah makan Padang yang asli tak pernah kompromi. Takaran bumbu dan santannya tak boleh kurang dari yang seharusnya. Karena itu, wajar saja jika harganya lebih mahal dari rumah makan tradisional lainnya. Meski begitu, belum tentu warung makan Padang yang harga makanannya mahal adalah warung Padang asli ya. 

4. JEROAN YANG GURIH DAN EMPUK

Jeroan Masakan Padang (mag.elangit.com)

Rumah makan Padang yang asli menghormati teknik memasak khusus dari leluhur. Dari jeroan hingga udang, semua harus terasa lezat. Mengolah jeroan hingga empuk, tidak bau, dan nikmat memang butuh teknik tersendiri. Teknik tersebut membuat berbagai kuliner, dari jeroan, ayam, sapi, hingga berbagai makanan menjadi kaya akan bumbu.

5. TIDAK ADA IKAN LELE

Gulai Kepala Kakap (tips-cara.info)

Kamu tak akan menemukan lele di warung Padang yang asli. Mereka lebih suka menyajikan ikan mas, patin, gurame, atau kakap. Bukan tanpa alasan, ikan-ikan tesebut punya daging yang besar dan lebih berlemak daripada lele, sehingga lebih sedap apabila disajikan dengan kuah gulai Rumah makan Padang yang sudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya akan banyak menghidangkan lele sebagai salah satu menu utamanya. Padahal, rumah makan Padang yang asli jarang sekali menyuguhkan lele.

6. PESAN TEH MANIS

Es Manis dan Nasi Padang Lengkap (esbuloh.com)

Pesanlah teh manis sebagai teman bersantap, maka kamu akan tahu asli-tidaknya warung dalam sekejap, karena teh asli padang adalah varian teh hitam yang rasanya pahit. Kalau kamu disajikan teh yang berwarna coklat terang dan rasanya sama saja dengan teh-teh celup biasa, kemungkinan rumah makan tersebut tidak menyajikan menu Padang otentik. Tapi kalau kamu melihat tehnya berwarna gelap kehitaman, berkarakter pahit, dan tidak asam, maka rumah makan Padang tersebut memang asli.



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment