Penting Untuk Kamu Ketahui, 5 Penyakit ini Ternyata Gak Perlu Diobati Dengan Antibiotik


Hampir setiap penyakit yang diperiksakan ke dokter atau ke pelayanan kesehatan, pasti akan jauh dari resep obat antibiotik.

Padahal, perlu kamu ketahui jika berlebihan menggunakan obat antibiotik bisa menyebabkan resistensi bakteri loh. Untuk itu kamu perlu tahu ada beberapa penyakit yang sebaiknya tidak sudah diobati dengan antibiotik.

Penyakit apa saja ? Mari kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Infeksi telinga

Infeksi telinga biasanya suka menyerang anak-anak usia 2 tahun hingga 5 tahun. Penyakit ini bukan penyakit berbahaya sehingga tidak perlu diobati dengan antibiotik karena infeksi telinga bisa menyembuhkan diri sendiri daam waktu beberapa hari. Tapi, jika infeksi yang terjadi parah hingga menyebabkan rasa nyeri, itu barulah boleh diberikan antibiotik.

2. Eksim

Penyakit eksim juga tak perlu diatasi dengan antibiotik karena tidak akan memberikan efek apa pun. Tapi, jika eksim terjadi sangat parah hingga memiliki tanda infeksi bakteri seperti benjolan bernanah, kulit kemerahan dan juga demam, maka pemberian antibiotik sangat dibutuhkan.

3. Mata merah

Penyakit mata merah sangat sering dialami oleh orang-orang. Biasanya mata merah disebabkan oleh virus atau alergi. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena mata merah bisa hilang sendiri dalam waktu 10 hari. Namun, jika mata merah itu menularkan bakteri, maka perlu diberikan antibiotik.

4. Infeksi pernapasan

Infeksi pernapasan seperti batuk, flu dan pilek bisa disebabkan oleh virus, sehingga jika diberi antibiotik tidak akan bisa membantu sama sekali. Tapi, jika itu berlangsung lebih dari 10 hingga 14 hari, maka kamu perlu mempertimbangkan pemberian antibiotik.

5. Infeksi sinus

Infeksi sinus biasanya disebabkan oleh virus yang tidak mempan jika diobati dengan antibiotik. Tapi jika infeksi semakin para dan tak kunjung sembuh, maka kamu perlu menggunakan antibiotik.

Nah, itulah dia ke lima penyakit yang sebenarnya tidak perlu menggunakan antibiotik.


Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment