Menikmati Jernihnya Mata Air Cipondok Subang yang Dijamin Segarkan Cuaca Hatimu

Sangat banyak pilihan jika ingin menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia. Semuanya tersaji secara lengkap mulai dari Sabang sampai Merauke. Bagi yang menyukai ketinggian bisa memilih untuk mencoba menaiki gunung yang ada di Indonesia. Bagi yang menyukai dunia air, kamu bisa memilih untuk mengunjungi pantai dan lautan yang begitu Indahnya di Indonesia. Bagi yang menyukai tantangan, kamu bisa memilih wisata yang menguji adrenalin seperti panjat tebing, arung jeram atau off road.

Salah satu tempat yang banyak menyimpan potensi wisata alam di Indonesia, salah satunya adalah Jawa Barat. Di Jawa Barat banyak tersebar tempat wisata alam yang menakjubkan, mulai dari laut, pantai, gunung, hutan hingga sungai. Dan kini di kawasan sekitar Bandung tepatnya di Subang sedang ramai tempat wisata yang anti mainstream. Tempat ini sangat indah karena terdapat mata air yang jernih dan mirip dengan wisata air Umbul Ponggok Klaten. Nama tempat itu adalah MATA AIR CIPONDOK SUBANG.

Mata Air Cipondok Subang

Sesuai namanya, tempat ini adalah sebuah mata air yang kini dijadikan sebagai tempat pemandian umum bagi warga sekitar. Selain itu, warga di sekitar tempat ini juga menggunakannya sebagai sumber air minum, keperluan mencuci pakaian.
Mata Air Cipondok Subang

Mata air yang keluar di tempat ini jumlahnya sangat banyak, dan kemudian ditampung pada sebuah penampungan yang mirip dengan kolam kecil. Kolam kecil ini yang menjadi tempat berenang bagi warga sekitar. Dan dari mata air ini pula, namun berbeda sumbernya yang dijadikan sebagai pasokan utama bagi pabrik air minum mineral dan PDAM. Pabrik air mineral ternama pun berdiri tak jauh dari sumber mata air ini.

Mata Air yang Jernih yang Tidak Ada Habisnya

Mata air di tempat ini airnya sangatlah jernih dan bahkan kejernihannya sama dengan air minum kemasan atau galon yang sering kita minum. Selain itu debit air yang keluar pun sangat banyak. Meskipun musim kemarau sekalipun, mata air ditempat ini tetap mengeluarkan air dalam jumlah yang besar dan seakan tak pernah ada habisnya.

Mata Air Cipondok Subang

Fasilitas Mata Air Cipondok Subang

Sebenarnya tempat ini bukanlah sebuah tempat wisata umum seperti pemandian Ciater atau Sari Ater. Tempat ini hanya sebuah penampungan dari sebuah mata air yang kemudian dijadikan tempat mandi bagi warga sekitar. Karena banyaknya warga yang sering datang dan mencoba untuk merasakan mandi di mata air yang jernih, maka ditempat ini akhirnya dibangun beberapa fasilitas umum seperti toilet, tempat ganti pakaian, tempat parkir, serta beberapa warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Selain fasilitas umum tersebut, sarana penunjang seperti akses jalan. Tempat ini memiliki prasarana jalan yang buruk. Jalan yang bisa dilalui hanya cukup untuk satu motor, dan perjalanan pun harus menyusuri daerah persawahan yang sangat sempit.

Tiket Masuk Mata Air Cipondok Subang

Karena tempat ini bukan merupakan sebuah tempat wisata yang dikelola secara serius oleh pemerintah kabupaten atau pemerintah desa setempat. Maka tempat ini pun belum diberlakukan sistem retribusi tiket.

Biaya yang harus dikeluarkan ditempat ini hanyalah untuk parkir motor sebesar 2.000 rupiah/motor serta toilet/tempat ganti pakaian sebesar 2.000 rupiah/orang. Gimana murah meriah serta anti mainstream kan tempat ini?

Mata Air Cipondok Subang

Lokasi/Alamat Mata Air Cipondok Subang

Mata Air Cipondok ini berada di Kampung Cipondok, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat. Tempat ini berada dekat dengan pabrik air mineral yang sudah ternama di Indonesia.

Rute Menuju Mata Air Cipondok Subang

Untuk mencapai tempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Namun saat hampir sampai ditempat tujuan atau di depan pintu gerbang pabrik air mineral, kendaraan mobil tidak bisa masuk. Yang bisa masuk adalah kendaraan roda dua atau motor.

Jika kamu bertolak dari arah Kota Bandung, kamu tak usah khawatir karena jalan menuju kawasan Subang sudah sangat baik. Bahkan Mata Air Cipondok ini dekat sekali dengan pabrik air mineral yang sudah banyak orang tahu, jadi kamu tidak akan tersesat dan hanya bertanya pada warga sekitar jika tak tahu arah.

Berikut adalah rute singkat dari Kota Bandung menuju Mata Air Cipondok Subang : Kota Bandung – Lembang – Jalan Raya Tangkuban Perahu – Melewati Sari Ater – Jalan Cagak – Patung Nanas – Belok ke kanan arah Sumedang.

Patokan yang paling mudah adalah terlebih dahulu melewati patung nanas. Di bundaran patung nanas ini ada persimpangan ke arah kiri menuju Subang, serta arah kanan yang menuju arah Sumedang. Kamu hanya perlu mengambil arah kanan menuju arah Sumedang. Di sepanjang arah jalan ini kamu akan melewati perkebunan teh, kelapa sawit serta banyak di pinggir jalan truk-truk yang membawa galon dalam jumlah yang banyak.

Setelah melewati area perkebunan teh, kamu akan menemukan plang kawasan pabrik air mineral. Arahkan kendaraan menuju kawasan tersebut tapi jangan masuk ke kawasan pabrik tersebut namun masuk ke arah kiri yang terdapat sungai kecil dan jalan setapak yang lebih kecil.

Mata Air Cipondok Subang

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan mandi di Mata Air Cipondok Subang yang jernih dan anti mainstream ini? Yuk siapkan properti foto dan ajak temanmu agar petualangannya semakin menyenangkan


Sumber: jadiberita
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment