MENGENAL WHITE COFFEE DI BERBAGAI NEGARA


(Gambar: pixabay.com)

Tahukah kamu, white coffee ternyata memiliki pengertian yang berbeda di beberapa negara!

Belakangan ini istilah white coffee jadi trendi. Banyak produsen kopi di Indonesia menyediakan varian white coffee. Mungkin kamu penasaran, sebenarnya maksud dari white coffee itu apa sih?

Sekedar informasi saja, ternyata di berbagai penjuru dunia itu white coffeesendiri memiliki pengertian yang berbeda-beda lho.

Istilah white coffee yang akrab di telinga orang Indonesia sendiri lebih merujuk kepada kopi yang diseduh menggunakan susu atau krimer. Penyeduhan kopi yang diberi susu atau krimer dengan takaran tertentu akan mengakibatkan warnanya berubah dari hitam menjadi coklat muda yang hampir mendekati warna putih.

Karena itulah kombinasi tersebut akrab dikenal juga sebagai white coffee. Hmm, cukup mirip dengan penamaan cokelat putih (white chocolate). Pengertian white coffee yang satu ini juga dikenal di berbagai negara lainnya, terutama negara berbahasa Inggris.

Tetapi, ternyata di beberapa negara lain, pengertian white coffee ini berbeda. Seperti di Amerika Serikat, white coffee merujuk kepada biji kopi yang dipanggang sampai berwarna kuning pucat mendekati putih.

Pada umumnya, biji kopi akan dipanggang di atas suhu yang panas. Pemanggangan itu akan mengakibatkan biji tersebut pecah dan gula di dalamnya terkaramelisasi. Akibatnya, warna biji berubah menjadi gelap dan muncul cita rasa pahit yang khas.

Sedangkan dalam white coffee ini, biji hanya dipanggang di atas suhu kecil, sehingga gula di dalamnya tidak sampai terkaramelisasi. Warnanya pun tidak sampai gelap, hanya sampai kekuningan saja, dan juga rasanya akan berbeda dari rasa kopi biasa.

Di beberapa daerah lainnya, sebutan white coffee justru digunakan untuk teh! Di negara Yaman misalnya, white coffee digunakan untuk merujuk kepada teh herbal tradisional yang dibuat dengan air bunga jeruk.

Warna teh yang cenderung cokelat bening itu memang mirip dengan warna kopi yang dicampur air putih cukup banyak sehingga menjadi lebih bening. Selain itu, katanya jika biji kopi yang telah dimasak dicelupkan ke dalam air akan menghasilkan minuman yang rasanya mirip teh. Itulah mengapa ada beberapa orang di negara tertentu yang menggunakan white coffee untuk menyebut teh.



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment