Kadar Oksigen Bumi Meningkat, Sebelum Munculnya Hewan Pertama

Oksigen dianggap sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk di Bumi, tapi baru-baru ini para ilmuwan menemukan adanya peningkatan kadar oksigen Bumi justru tidak menjelaskan munculnya hewan pertama. Penelitian ini menunjukkan bahwa sekitar 1,4 miliar tahun yang lalu telah ada cukup oksigen untuk kehidupan hewan, lebih dari 800 juta tahun sebelum hewan pertama kali muncul di Bumi.


Menurut Emma Postdoc Hammarlund dan Profesor Don Canfield, mengatakan bahwa kadar oksigen Bumi yang tersedia tampaknya tidak cukup bagi hewan untuk berkembang. Penelitian mereka bekerjasama dengan rekan-rekan dari China National Petroleum Corporation dan University of Copenhagen, Hammarlund dan Canfield telah menganalisis sampel sedimen dari Formasi Xiamaling di Cina. Dan analisis telah mengungkapkan bahwa didalam lautan sekitar 1,4 miliar tahun yang lalu setidaknya terdapat 4% konsentrasi oksigen modern. Hasil studi ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences.


Peningkatan Kadar Oksigen Bumi


Diperkirakan, hewan berevolusi sekitar 600 juta tahun yang lalu dan dianggap muncul belakangan dalam sejarah Bumi. Evolusi akhir spesis hewan menjelaskan fakta bahwa oksigen merupakan pusat untuk respirasi hewan, dimana hal ini menghasilkan ide secara luas bahwa evolusi hewan berhubungan dengan periode akhir kenaikan konsentrasi oksigen di atmosfer.




Banyak penelitian mengalami kesulitan dalam hal menentukan konsentrasi oksigen masa lalu. Studi ini menggabungkan beberapa pendekatan untuk merintis jalan baru dalam memahami konsentrasi oksigen yang terjadi sekitar 1,4 miliar tahun yang lalu. para ilmuwan menggunakan distribusi jejak logam untuk menunjukkan bahwa perairan dimana pembentukan sedimen Xiamaling yang diendapkan sudah mengandung oksigen. Distribusi biomarker, molekul berasal dari organisme kuno, hal ini menunjukkan bahwa perairan kedalaman menengah tidak mengandung oksigen. Oleh karena itu, Formasi Xiamaling terkubur di zona oksigen minimum periode kuno, mirip dengan yang saat ini ditemukan di lepas pantai Chili dan Peru.


Para ilmuwan menggunakan model laut sederhana untuk memperkirakan konsentrasi minimum oksigen di atmosfer yang diperlukan untuk mereproduksi distribusi oksigen dalam Formasi Xiamaling. Menurut Canfield, kolom air memiliki konsentrasi oksigen minimal 4% dari tingkat atmosfer saat ini, situasi ini seharusnya sudah cukup bagi hewan untuk berkembang. Dengan cara sederhana seperti Sponge (bunga karang) dan cacing, saat ini mampu berkembang dengan Present Atmospheric Levels (PAL) kurang dari 4% bahkan jauh lebih sedikit. Sponge mungkin menyerupai beberapa hewan pertama di Bumi, jika spesis ini berkembang dengan 4% kadar oksigen Bumi, ada kemungkinan bahwa hewan pertama bisa juga berkembang dengan konsentrasi yang sama atau bahkan mungkin kurang dari nilai ini.


Lalu, mengapa kemudian hewan tidak berkembang dan terlambat dalam sejarah Bumi? Diversifikasi hewan secara tiba-tiba mungkin merupakan hasil dari berbagai faktor. Mungkin peningkatan kadar oksigen Bumi hubungannya tidak begitu terkait dengan revolusi hewan, seperti yang diasumsikan.


Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment