Hati Hati! Seperti Ini Ciri Ciri Tahi Lalat yang Berbahaya Cek Sekarang




Kata orang, tahi lalat yang berada di tubuh tertentu memiliki arti. Selain itu, tahi lalat ternyata juga dapat menunjukkan apakah kamu mengalami kanker atau tidak. Hal ini dapat dilihat dari bentuk tahi lalat yang berbeda.

Seorang dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Rachel Djuanda, mengungkapkan bahwa ada ciri-ciri tahi lalat yang berbahaya yang dilihat dengan dengan rumus A (Asymmetric), B (Border), C (Colour), dan D (Diameter).

Tahi lalat yang normal, tentu akan memiliki bentuk yang jelas, sementara tahi lalat yang berpotensi kanker tidak, bentuk nya seperti bercak. Kemudian dari warnanya juga akan berbeda. Tahi lalat yang menunjukkan kanker akan memiliki lebih dari satu warna, seperti hitam dan cokelat. Dan dari segi bentuknya, tahi lalat yang dicurigai kanker tentu akan membesar dibandingkan tahi lalat yang normal.

“Kalau tahi lalat yang tidak berbahaya bentuknya jelas bulat. Kalau yang perlu dicurigai kanker kulit, bentuknya asimetris,” terang Rachel dalam diskusi media di RS Bunda Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Sementara itu, dokter Spesialis Bedah Onkologi, Afrimal Syafarudin juga menambahkan, bahwa tahi lalat akan muncul sejak kecil ataupun sudah dewasa. Namun, perubahan pada tahi lalat perlu diwaspadai.

“Curiga kanker itu, misalnya tahi lalat yang tadinya ada rambut, kemudian rontok, lalu berdarah. Itu namanya lesi prakanker,” kata Afrimal.

Oleh karena itu, Afrimal menyarankan jika salah satu ciri-ciri tahi lalat yang dicurigai kanker itu muncul di tubuh, maka segera diperiksakan ke dokter. Hal ini bermaksud untuk memastikan apakah tahi lalat tersebut benar kanker atau tidak



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment