Hati-Hati 5 Makanan ini Sangat Berbahaya Untuk Otak Kamu salah Satunya Tahu



Ada banyak makanan yang memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Seperti makanan cepat saji yang bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti obesitas, kanker dan sebagainya.

Namun, selain itu ada juga beberapa jenis makanan yang sangat berbahaya untuk otak kamu. Jika dimakan dalam jumlah yang banyak, bisa menyebabkan kerusakan otak kamu.

Dan mengerikannya tahu sebagai salah satu makanan yang bisa membahayakan otak loh. Nah, pasti kamu sering mengonsumsi tahu, untuk itu kamu perlu tahu nih selain tahu juga ada beberapa makanan yang sangat berbahaya untuk otak.

Mau tau apa saja ? Yuk, langsung aja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Kompas.com.

1. Tahu

Tahu merupakan salah satu makanan yang bisa meningkatkan resiko penurunan kognitif dan juga kehilangan memori. Hal ini diketahui setelah dilakukan penelitian terhadap 719 pria dan wanita di Indonesia yang mengonsumsi tahu. Setelah mereka melalui serangkaian tes memori, ternyata telah mengalami penurunan memori.

2. Sodium

Konsumsi tinggi sodium juga akan berdampak negatif pada kemampuan kognitif kamu. Untuk penelitian ini dilakukan dengan cara meneliti asupa sodium kepada 1.262 relawan yang berusia 67-84 tahun serta aktivitas fisik yang rendah. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi sodium tinggi dan aktivitas fisik yang rendah bisa mengakibatkan kemampuan kognitif yang lebih cepat.

3. Lemak jenuh

Lemak jenuh atau lemak trans jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk mengingat kata-kata. Untuk membuktikannya para peneliti melakukan studi pada 1.018 relawan yang mengonsumsi lemak trans mulai dari 3,8 gram – 27,7 gram perhari. Hasilnya mengatakan jika peserta mengalami penurunan ingatan sebesar 0,76 kata.

4. Tuna

Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang banyak mengandung merkuri. Orang yang mengonsumsi lebih dari tiga porsi perminggu ikan tuna bisa menyebabkan disfungsi kognitif. Penyebabnya ya pasti adalah kandungan merkuri didalam tuna yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

5. Lemak jenuh

Lemak jenuh berasal dari 50% dari semua kalori berasal dari lemak yang tidak sehat, seperti minyak kelapa sawit atau mentega. Lemak jenuh ini bisa menyebabkan ganggua fungsi dopamin di mesolimbic otak. Ini adalah bagian otak yang mengatur motivasi dan rasa bahagia.

Nah, itulah dia ke lima makanan yang bisa membahayakan otak kamu.



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment