Gerhana Matahari Total Terlama Bakal Terjadi di Provinsi Ini




Banyak fenomena alam yang bakal terjadi tahun 2016 ini. Salah satunya adalah gerhana matahari total. Uniknya, gerhana matahari total ini bakal memiliki durasi terlamanya di salah satu provinsi di Indonesia. Di mana itu?

Provinsi itu adalah Maluku Utara. Warga Maluku Utara akan menjadi warga paling beruntung di dunia pada tahun 2016 ini. Maba, salah satu kota provinsi tersebut, akan menjadi daerah dengan durasi gerhana matahari total terlama di dunia.


Gerhana matahari total (Kompas)

Dari data Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), kota tersebut akan mengalami durasi gerhana selama 3 menit 20 detik. Durasi total di Maba sekitar satu menit lebih lama dari kota-kota lain di Indonesia. Di Palu, totalitas gerhana akan berlangsung selama 2 menit 10 detik, sementara di Tanjung Pandan, Belitung, selama 2 menit 11 detik.

Astronom amatir dari Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ), Muhammad Rayhan, mengungkapkan, lamanya durasi totalitas tergantung lokasi. “Semakin dekat dengan garis pusat dan semakin ke timur, totalitas gerhana akan semakin lama,” kata Rayhan seperti dikutip dari Kompascom, Rabu (20/1/2016).


Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa lembaganya telah bersiap untuk melakukan penelitian di Maba. “Selain Lapan, NASA juga akan melakukan penelitian di Maba,” ungkap Thomas dalam peluncuran Hitung Mundur 55 Hari Jelang Gerhana Matahari Total pada Jumat lalu.

Meskipun tidak memiliki durasi selama di Maba, beberapa provinsi di Indonesia juga masih mampu melihat gerhana matahari total ini. Selain Maluku Utara, Sulawesi Tengah dan Bangka Belitung, provinsi lain di Indonesia yang bisa melihat gerhana matahari total ini adalah Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Barat.

Gerhana matahari total (Liputan6)

Daerah lain selain 11 provinsi itu, menurut Thomas, hanya akan bisa menyaksikan fenomena gerhana matahari sebagian. “Daerah yang dilintasi gerhana matahari total lebarnya 100 kilometer saja di lokasi lintasan. Sedangkan di luar sebelas provinsi itu, termasuk Jawa, hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian,” katanya.

Ia memperkirakan fenomena alam gerhana matahari total akan menarik banyak kunjungan wisatawan mancanegara karena hanya bisa disaksikan di provinsi-provinsi tertentu di Indonesia. Thomas mengatakan saat gerhana matahari total suasana di daerah yang terlintasi akan seperti malam purnama.

Beruntunglah mereka yang berada di provinsi-provinsi tersebut bisa melihat gerhana matahari total.



Sumber: jadiberita
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment