Fenomena Otak Manusia


Otak Manusia


Salah satu organ tubuh yang membedakan manusia dengan makhluk yang lainnya adalah otak. Otak manusia memiliki keajaiban dan keunikan tersendiri. Kajian penelaahan otak ini sudah sejak dulu dilakukan para ahli. Diantara hasil penelitian yang dilakukan mengenai keajaiban otak manusia sebagai berikut:

Otak manusia merupakan satu sistem dari semua pekerjaan yang dikerjakan orang tersebut. Jika mengambil istilah komputer perbuatan manusia itu terserver di otaknya.

Para ahli menyimpulkan dari hasil riset nya bahwa otak manusia merupakan satu organ yang paling menakjubkan (baca: ajaib dalam bahasa gaul) yang ada pada tubuh manusia. Hal itu disebabkan karena otak manusia dapat mengendalikan sistem saraf pusat agar bisa bekerja secara normal.

Otak tetap aktif meskipun kepala sudah terpenggal.

Berdasarkan pengamatan beberapa kisah diketahui bahwa otak manusia bisa tetap aktif selama beberapa detik setelah kepalanya dipenggal. Namun para dokter percaya bahwa hal tersebut merupakan refleksi kedut otot.

Dr Harold Hillman, mantan direktur Unity Laboratory of Applied Neural Biology di University of Surrey menuturkan bahwa kematian terjadi karena adanya pemisahan antara otak dengan sumsum tulang belakang, tapi hal ini bersifat menyakitkan sehingga banyak negara yang tidak memberlakukan metode ini.

Otak bisa mempelajari pesan bawah sadar.

Otak dapat mempelajari pesan yang berasal dari alam bawah sadar seseorang sehingga nantinya akan mempengaruhi perilaku dari orang tersebut. Banyak perusahaan menggunakan hal ini sebagai ajang promosi untuk mempengaruhi seseorang agar mau membeli produknya.

Obat-obatan bisa menyebabkan lubang di otak.

Salah satu penelitian menyatakan penggunaan obat seperti mariyuana bisa menghilangkan sedikit memori, sedangkan untuk obat seperti kokain atau ekstasi dapat menimbulkan lubang di otak. Sebenarnya satu-satunya hal yang dapat menimbulkan lubang di otak adalah akibat adanya trauma atau benturan fisik.

Selain itu sebuah studi dari New Scientist menyatakan penggunaan obat-obatan jangka panjang dapat menyebabkan pertumbuhan tidak normal dari otak yang bersifat permanen, karenanya sulit untuk mengubah perilaku dari seorang pecandu.

Otak manusia berwarna abu-abu.

Beberapa bagian dari tubuh memiliki warna tersendiri untuk darah, jaringan, tulang atau cairan lain. Tapi jika otak manusia diawetkan dalam stoples meskipun masih berdenyut kebanyakan berwarna abu-abu, karena itu seluruh otak kadang disebut sebaagi materi abu-abu. Namun otak juga tetap mengandung materi putih yang terdiri dari serat saraf untuk menghubungkan materi abu-abu.

Sedangkan komponen yang berwarna hitam disebut dengan substantia nigra yang merupakan neuromelanin hitam, yaitu pigmen khusus yang sama dengan warna kulit dan rambut dan merupakan batas dari bagian basal ganglia.

Otak manusia merupakan otak yang paling besar.

Beberapa binatang bisa menggunakan otaknya untuk melakukan berbagai hal yang dilakukan oleh manusia. Tapi sebenarnya otak manusia berukuran paling besar dibandingkan dengan otak binatang manapun. Rata-rata berat otak manusia dewasa sebesar 1,361 kilogram, berat ini hampir sama dengan binatang lumba-lumba yang dianggap sebagai hewan yang cerdas.



Sumber: alamiahdnk
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment