Dari stoking sampai tampon, 4 barang ini punya manfaat tak terduga barang-barang harian ini punya manfaat tak terduga.




Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti sering menemukan barang multifungsi. Fungsi barang-barang itu bisa mempermudah aktivitasmu sehari-hari. Bahkan barang-barang itu bisa kamu 'andalkan' saat kondisi darurat.

Mau tahu apa saja barang yang bisa kamu manfaatkan dalam kondisi darurat? Dikutip brilio.net dari laman Genius Beauty, berikut penjelasannya buat kamu:

1. Kantong sampah

foto: navkarplastic.com

Kantong sampah berupa plastik besar hitam dengan muatan bervolume 150-200 liter, bisa lebih dari sekadar wadah sampah, lho. Kamu bisa memanfaatkannya antara lain untuk:

- Buat mantel tahan air
- Melindungi pakaian, makanan, dan barang lain dari air
- Melindungi tenda dari hujan
- Membuat tempat penampungan kantong sampah itu sendiri
- Sebagai ember air darurat
- Wadah tetesan air hujan dari atas yang bocor.

2. Stoking nilon

foto: americanprofile.com

Stoking nilon berbahan halus. Selain ada yang berbahan tipis, stoking nilon juga ada yang lebih tebal. Stoking nilon inilah yang bisa kamu manfaatkan antara lain untuk:

- Sebagai masker untuk melindungi wajah dari serangga
- Melindungi kaki dari lintah
- Filter air
- Sebagai jaring ikan
- Kemasan untuk makanan atau benda-benda ringan lainnya.

3. Tampon dan pembalut

foto: healthyfoodhouse.com

Tampon dan pembalut bukan sekadar untuk kamu gunakan saat haid saja, lho. Mau tahu fungsi darurat keduanya? Berikut fungsinya:

- Pembalut untuk menutupi luka saat perban, kapas, dan semacamnya tak ada
- Tampon yang dikelupas bagian luarnya, bentuknya seperti kain kasa, bisa ditempelkan di leher botol plastik guna menyaring air dari kotoran
- Bagian dalam tampon terbuat dari katun dapat digunakan untuk menyalakan api, terutama ketika dilumasi dengan petroleum jelly.

4. Gel tangan disinfektan

foto: makeupandbeauty.com

Selain sebagai pembersih tangan sebelum dan sesudah makan atau menyentuh benda-benda kotor, gel tangan disinfektan (handy sanitizer) juga bisa membuat api, lho. Teteskan sedikit gel di atas kertas atau sepotong kapas, lantas bakarlah. Gel ini bisa kamu gunakan sebagai api ketika tidak ada lilin atau senter.



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment