9 Teknologi yang Bakal Menggema pada 2016 Drone sampai hoverboard bakal jadi tren tahun ini.


Ilustrasi hoverboard (techcrunch.com)


Tahun telah berganti yang baru, kemajuan teknologi terus berjalan, bahkan lebih cepat dari perkiraan. Hal ini terbukti dari banyaknya penemuan dan tren teknologi pada 2015, mulai dari asisten digital hingga super komputer.

Kini, pada 2016, percepatan pergeseran teknologi semakin terasa untuk mengubah gaya hidup dan membantu permasalahan sosial yang semakin kompleks.‎

Berikut sembilan teknologi yang akan mengalami puncaknya pada 2016, seperti yang dirangkum oleh Mashable:

1. Kecerdasan Buatan
Selama beberapa dekade ini, pengembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) terus dilakukan oleh perusahaan.Mashable menulis cikal bakal adanya AI ini bisa dilihat dari produk-produk seperti Apple Siri, Google Now, Alexa, dan Cortana besutan Microsoft.

Pada 2016, pengembangan AI diprediksi terus menggema keberadaannya, baik untuk membantu pekerjaan di kantor atau di rumah. Bahkan, bos Facebook Mark Zuckerberg dalam resolusinya ingin menciptakan AI seperti Jarvis ala film Iron Man.

2. Bahan Canggih


Mungkin untuk sebagian orang, bahan canggih, seperti material tidak terlalu diperhatikan. Tetapi, pada bidang teknologi sungguh diperlukan. Sebab, bahan canggih akan memengaruhi suatu produk teknologi.

Misalnya, casing ponsel pintar yang materialnya masih plastik. Kualitas perangkatmobile itu akan lebih elegan lagi, apabila menggunakan daur ulang thermoplastic,karena akan memperkuat dasar plastik pada tubuh smartphone.

3. Smart Objects

Mashable memprediksi, tahun ini orang-orang akan lebih sedikit berbicara mengenai tren Internet of Things (IoT) dan rumah pintar. Semuanya akan beralih pada Smart Objects, yang setiap produk akan terhubung pada koneksi WiFi atau Bluetooth. Benda bisa dikendalikan melalui sentuhan pada smartphone.

4. Robot

Sejak kelahiran film Star Wars pada 1970-an, robot sudah mulai diperlihatkan, seperti C3PO dan BB-8. Namun, sampai sekarang belum ada robot yang mengabulkan ekspektasi orang-orang.

Meski demikian, sudah ada beberapa produsen teknologi yang telah memajukan inovasi robot seperti robot Jibo. Pada tahun ini, pengembangan robot akan terus dilakukan oleh perusahaan global, demi "menghiasi" pekerjaan atau kegiatan sehari-hari manusia.

5. Virtual Reality

Tahun 2016 akan menjadi ujian besar bagi Virtual Reality (VR). Sebab, sudah ada jutaan konsumen yang menunggu hiburan virtual itu, baik dari segi produk atau konten-kontennya yang sampai sekarang masih terbatas.

Saat ini, salah satunya merek Oculus Rift berada dalam jalan terbaik guna menghadirkan produk yang disebut "next level VR story telling". Gambar yang dihasilkan bukan hanya kekayaan konten VR, tetapi menjadi bagian dari jalan cerita.

6. Bio-Security

Tahun lalu, kami telah disuguhkan produk teknologi yang tingkat keamanannya menggunakan sensor biometrik, seperti sidik jari. Itu bisa kita temui pada beberapa produk kelas atas pada ponsel pintar di Apple atau Android.

Beberapa perusahaan sudah beralih, dari sistem keamanannya yang mulanya menggunakan password, kini menuju sistem pengamanan biometrik.

7. Mobile Payment


Sistem pembayaran pada mobile diperkirakan mengalami pertumbuhan pada tahun ini.Mashable menjelaskan, prediksi itu dilihat dari mulai banyaknya kartu kredit atau kartu SIM pada smartphone sebagai alat pembayaran. Apple Pay dan Samsung Pay pun telah diperkenalkan tahun lalu.

8. Drone

Pesawat tanpa awak ini telah ramai dibicarakan pada 2015. Meski sedikit yang menggunakannya, tetapi fungsinya terasa banyak manfaat untuk perusahaan‎. Tak hanya sebagai alat untuk mengambil objek visual dari ketinggian, tetapi drone juga digunakan untuk pengiriman barang, begitu yang dilakukan oleh Amazon dan Walmart

9. Hoverboard

Pada tahun lalu, gaung hoverboard belum banyak menggema. Sebab, perangkat mobilitas ini fungsingya masih terus dikembangkan, karena masih ada laporan yang mengalami kecelakaan.

Tetapi, sebagai hiburan, kendaraan ini terasa nyaman digunakan dan itu akan menjadi tren kendaraan pada tahun ini. Misalnya, dengan munculnya beberapa generasi baru dari swagways.







Sumber:
viva.co.id
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment