5 Wisata Air Terjun yang Jadi Berita di Bandung




1. CURUG MALELA

Curug Malela

Curug Malela/Air Terjun Malela adalah merupakan sebuah air terjun yang berada di Kabupaten Bandung Barat dan dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Kab. Bandung Barat. Curug (bahasa sunda dari air terjun) ini adalah merupakan air terjun tertinggi dan sekaligus terbesar di Bandung. Curug Malela merupakan air terjun paling atas dari rangkaian tujuan air terjun sepanjang 1 Km. Urutannya adalah Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, curug Palisir dan terakhir Curug Pameungpeuk. Semua curug ini terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Hulu sungai pada air terjun ini berasal dari lereng utara Gunung Kendeng, gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati berjuta-juta tahun lalu dan mengalir melalui Sungai Cidadap–Gununghalu. Ketinggian air terjun ini berkisar 60-70 meter, dengan lima jalur air terjun yang letaknya tak terlalu jauh.

Alamat : Desa Cicadas, Kecamatan Rongga-Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.

Tiket Masuk : Rp. 5000/orang.

2. CURUG CITAMBUR

Curug Citambur

Banyak versi yang menyebutkan kenapa air terjun ini dinamakan sebagai Curug Citambur. Curug berasal dari bahasa sunda yang artinya air terjun. Sedangkan Citambur berasal dari dua kata, “Ci” yang berarti air, dan “Tambur” atau alat musik tambur. Kedua versi cerita ini terdapat suatu benang merah, bahwa Curug Citambur inidinamai karena berhubungan dengan alat musik tambur yang mirip dengan kendang.

Curug Citambur ini memiliki keindahan alam yang sangat memesona. Curug Citambur ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Keunikan dari Curug Citambur ini adalah debit airnya yang sangat deras, sehingga menimbulkan uap air yang tampak seperti kabut tipis. Jika kamu berada di sekitar Curug Citambur ini kamu bisa merasakan deburan air yang menghembus layaknya sebuah kabut dan bisa membuat baju sedikit basah. Waktu terbaik untuk melihat keindahan alam Curug Citambur ini adalah saat musim penghujan. Debit air yang deras dan pemandangan alam yang hijau akan semakin menarik untuk dilihat.

Alamat : Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat.

Tiket Masuk : Rp. 3.000/orang

3. CURUG CIMAHI/CURUG PELANGI

Curug Cimahi/Curug Pelangi

Curug (air terjun dalam bahasa sunda) atau juga Air Terjun Cimahi ini memiliki ketinggian sekitar 87 m yang merupakan salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Curug Cimahi ini dikelola oleh PT. Perhutani. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Curug ini berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.

Jika dilihat dari atas, curug ini memiliki dua tingkat dan termasuk yang unik. Sesuai namanya Cimahi (bahasa sunda: Ci = air dan Mahi = cukup). Dulu orang mengenal tempat ini sebagai Curug Cimahi. Tapi kini tempat ini berinovasi dengan menambahkan lampu yang dipasang dibelakang air terjun sehingga pada malam hari air terjun ini akan memancarkan warna seperti warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu layaknya pelangi yang berwarna-warni.

Alamat : Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat.

Tiket Masuk : Rp. 15.000/orang

4. CURUG BUGBRUG

Curug Bugbrug

Kata bugbrug adalah kata bahasa sunda yang berarti bertumpuk atau saling bertumpang tindih. Curug ini dinamai Curug Bugbrug adalah karena saat jatuh seperti bertumpuk-tumpuk atau ngabugbrug dalam bahasa sunda. Di bawah curug ini terdapat kolam besar sebagai tempat penampungan air curug dengan airnya yang jernih dan sangat dingin dengan kedalaman 3 meter. Curug Bugbrug ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan lebar sekitar 2 meter. Saat musim penghujan lebar dari Curug Bugbrug ini akan bertambah dan dengan arusnya yang semakin deras.

Curug Bugbrug ini memang tidak terlalu tinggi seperti Curug Cimahi dan tak terlalu besar/lebar seperti Curug Malela, namun Curug Bugbrug ini memiliki keistimewaan yaitu airnya yang sangat jernih, pemandangan perbukitan sekitar yang hijau dan tebing gunung dari curug ini sangat unik.

Alamat : Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat.

Tiket Masuk : Rp. 7.500/orang

5. CURUG CINULANG

Curug Cinulang

Curug Cinulang adalah air terjun yang memiliki dua buah air terjun yang ketinggiannya hampir sama yaitu sekitar 50 m. Air terjun yang pertama adalah air terjun ‘utama’ yang aliran airnya deras. Sedangkan disampingnya terdapat air terjun kembarannya yang merupakan pecahannya dengan debit air yang lebih kecil.

Keindahan dari Curug Cinulang ini sempat diabadikan dalam sebuah lagu pop Sunda karya Yayan Djatnika yang berjudul sama yaitu “Curug Cinulang”.

Alamat : Diperbatasan antara Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Garut, tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Tiket Masuk : Rp. 5.000/orang




Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment