5 Makanan Indonesia yang Sulit Diklaim Negara Lain





Indonesia ini memang super kaya kalau masalah keragaman kebudayaan dan kearifan lokalnya, salah satunya adalah soal makanan. Dengan alasan-alasan khusus, beberapa jenis makanan kita yang Indonesia banget takkan mungkin untuk diklaim. Dilansir dariBoombastiscom, Selasa (19/1/2016), berikut adalah 5 makanan indonesia yang sulit diklaim negara lain.

1. RAWON

Rawon (Pojokpitu)

Alasan kenapa rawon takkan diklaim oleh negara lain, siapa pun itu, adalah bumbunya sendiri. Rawon menggunakan bahan yang disebut orang Jawa sebagai kluwek. Uniknya, Kluwek ini cuma ada di Indonesia saja. Jadi, sepertinya cukup konyol kalau orang-orang luar mengklaim makanan ini, karena bahannya cuma kita yang punya.

2. RENDANG

Rendang (Kaskus)

Tidak semua orang bisa masak rendang yang pas. Artinya, komposisi bumbu dan bahan makanannya harus benar-benar pas. Hal ini membuat makanan khas restoran Padang itu susah untuk diklaim. Kecuali ada WNI yang jago masak rendang dan dia menaturalisasi dirinya di luar Indonesia. Meskipun begitu, seluruh dunia sudah tahu kalau rendang sudah identik dengan bangsa ini.
3. GADO-GADO

Gado-gado (Wikimedia)

Alasan kenapa gado-gado tidak mungkin diklaim negara lain sebenarnya simple. Ini tentang presentasi makanan unik itu. Seperti yang kita tahu, gado-gado ditampilkan dengan susunan yang random alias acak. Hal ini berkebalikan dengan kebiasaan para bule yang biasanya penuh perhatian soal presentasi makanan.

4. DODOL

Dodol (Wego)

Ketika membuat dodol maka risikonya harus siapkan lengan kuat-kuat. Pasalnya, ada satu fase dalam prosesnya, di mana adonan tidak boleh didiamkan dan harus diaduk-aduk terus. Ini juga yang jadi alasan kenapa dodol tidak mungkin diklaim. Sepertinya menjadi sifat bule kalau harus bersusah payah sampai pegal-pegal hanya demi sebuah kudapan.

5. GUDEG

Gudeg (Tropicaltourtransport)

Alasan kenapa Gudeg tidak mungkin diklaim adalah fakta kalau hanya orang Indonesia yang mengolah nangka muda menjadi sayur. Bahkan jika ditambah lagi teknik memalamkan sayur nangka ini, sepertinya makin mustahil kalau ada negara yang tiba-tiba mengajukan klaim atas makanan ini. Gudeng akan selalu jadi punyanya Yogyakarta.



Sumber: jadiberita
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment