5 Aktor yang Dapat Oscar Bukan Karena Aktingnya

Meraih Piala Oscar atas karya yang dihasilkan mungkin menjadi impian banyak pekerja film, khususnya di Hollywood. Apalagi bila menyangkut para aktor dan aktris, penghargaan film tertua di Hollywood ini bisa mengangkat reputasi, bahkan menaikkan nilai tawar mereka di industri. Akan tetapi, rupanya ada beberapa nama yang berhasil meraih Oscar di bidang lainnya, sekalipun mereka lebih dikenal publik sebagai aktor. Berikut adalah 5 aktor yang dapat Oscar namun bukan karena aktingnya, seperti dilansir dari Muvilacom.

1. BEN AFFLECK
Ben Affleck (Muvila)

Menjadi salah satu aktor bersinar di akhir era 1990-an, akting Affleck sejauh ini belum berhasil diperhitungkan di ajang Oscar. Tetapi, tak perlu serta merta berkecil hati, sebab ia sudah mengoleksi dua Piala Oscar justru bukan dari akting. Oscar pertama diraih Affleck sebagai penulis skenario “Good Will Hunting” (1997), dan juga sebagai produser untuk “Argo” (2013) yang menang Best Picture.


2. MATT DAMON

Matt Damon (Muvila)

Meski banyak masuk nominasi Oscar dari film-film yang dia bintangi, namun Matt Damon pernah mendapatkan Oscar bukan sebagai aktor, melainkan sebagai penulis skenario “Good Will Hunting” (1997) bersama Ben Affleck, yang memang sahabatnya.

3. MEL GIBSON

Mel Gibson (Muvila)

Mel Gibson menjadi salah satu bintang Hollywood terkenal di era 1980-an hingga 1990-an. Tetapi, prestasinya di ajang Oscar justru didapat saat ia memproduseri dan menyutradarai film kolosal “Braveheart” (1995). Lewat film ini, Gibson raih Piala Oscar di kategori Best Directing dan Best Picture.

4. KEVIN COSTNER

Kevin Costner (Muvila)

Kevin Costner adalah bintang idola lewat film-film action dan drama yang dibintanginya era 1980-an. Akan tetapi, momen terbaiknya datang lewat film yang diproduseri dan disutradarainya sendiri, “Dances with Wolves” (1990). Ia meraih Piala Oscar berkat film ini di kategori Best Directing dan Best Picture, walau sayangnya ia gagal menang di Best Actor.

5. BRAD PITT

Brad Pitt (Muvila)

Sosoknya yang rupawan membuatnya jadi idola dunia sejak dekade 1990-an sampai sekarang. Kemampuan aktingnya juga sempat dilirik ajang Oscar dengan masuk nominasi sebagai aktor sebanyak tiga kali. Akan tetapi, Pitt justru berhasil membawa pulang Piala Oscar berkat film “12 Years a Slave” (2013) yang diproduserinya.


Sumber: jadiberita
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment