5 Air Terjun di Yogyakarta Ini Dijamin Bikin Sejuk Suasana Hatimu

Yogyakarta terkenal sebagai daerah yang menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Mulai dari wisata budaya, sejarah, hingga wisata alamnya yang mampu memukau siapa saja. Bagi kamu para pecinta wisata alam, kamu bisa menemukan beberapa objek wisata air terjun di Yogyakarta. JadiBerita telah merangkum lima air terjun di Yogyakarta yang bisa kamu jadikan pilihan destinasi wisata akhir pekan bersama teman serta kerabat dekat.

1. AIR TERJUN KEDUNG PEDUT

Air Terjun Kedung Pedut (mandrapahlawa.blogspot.com)

Air terjung Kedung Pedut ini terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Kedung Pedut adalah air terjun yang berada di sebuah lembah yang diapit dua bukit. Lokasi air terjun ini berada di kawasan perbukitan Menoreh, sekitar 35 kilometer arah barat dari pusat kota Yogyakarta. Salah satu ciri khas dari air terjun Kedung Pedut adalah airnya yang berwarna kehijauan (hijau toska) karena air yang mengalir di air terjun ini masih sangat jernih. Air terjun Kedung Pedut memiliki empat kolam dengan kedalaman sekitar dada hingga leher orang dewasa. Kamu bisa memanfaatkan kolam ini untuk berenang.

2. AIR TERJUN SEKAR LANGIT

Air Terjun Sekar Langit (dolanmagelang.blogspot.com)

Air terjun Sekar Langit terletak di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Air terjun setinggi 25 hingga 20 meter ini berada di lereng gunung Telomoyo, gunung yang membatasi Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, dan Kota Salatiga. Sekar dalam bahasa Jawa memiliki arti bunga, maka jika diterjemahkan berarti bunga yang turun dari langit. Air terjun ini berada di tengah hijaunya pepohonan sehingga tambah sejuk dan asri. Bagi kamu yang ingin datang ke sini, kamu hanya dikenakan tarif Rp 5000 untuk masuk ke dalam kawasan Sekar Langit ini.

3. AIR TERJUN KEDUNG KAYANG

Air Terjun Kedung Kayang (www.rentalmobilsoloageng.com)

Air terjun Kedung Kayang terletak di Desa Wonolelo, Sawangan, Kabupaten Magelang. Namun sebagian, atau setengah bagian air terjun ini masuk wilayah Jrakah, Selo, Kabupaten Boyolali. Objek wisata alam ini berada di ketinggian lebih kurang 1.200 meter di atas permukaan laut. Panorama alamnya sangat eksot­ik, berada di lembah sangat curam, tapi cukup mudah dicapai.

4. AIR TERJUN KEMBANG SOKA

Air Terjun Kembang Soka (missrisna.blogspot.com)

Air terjun Kembang Soka berada di Dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Air terjun ini berada di sebuah lembah yang diapit dua bukit. Lokasi air terjun ini berada di kawasan perbukitan Menoreh, sekitar 35 kilometer arah barat dari pusat kota Yogyakarta. Air terjun yang jernih ini berasal dari tiga mata air, yakni mata air Tukjaran, Kembang Soka, dan Kali Miri. Di sini kamu juga bisa menemukan beberapa kolam alami yang bisa kamu nikmati dengan kedalaman rata-rata satu setengah meter.

5. AIR TERJUN JURUG GEDHE

Air Terjun Jurug Gede (haiineola.com)

Jurug Gedhe terletak di dusun Gembyong, kelurahan Ngoro-oro, kecamatan Patuk, kabupaten Gunung Kidul, atau berjarak 11 km dari Kecamatan Patuk. Air terjun ini bisa kamu tempuh selama satu jam perjalanan dari Kota Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari obyek wisata Gunung Api Purba Nglanggran. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 25 meter ini punya debit air yang sangat besar. Pada musim hujan, perbukitan di sekitarnya berwarna hijau sehingga menambah indah pemandangan.

Sumber: jadiberita
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment