11 Bahan Alami Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak




Anak-anak adalah individu unik yang masih mengalami tumbuh kembang pada masanya serta butuh perhatian khusus dalam tumbuh kembangnya dari orang tua mereka. Yang menjadi perhatian serius adalah lemahnya daya tahan tubuh anak terhadap penyakit. Kita sebagai orang tua seringkali terburu-buru memberikan vitamin untuk daya tahan tubuh anak padahal vitamin tersebut mengandung zat kimia yang walaupun kecil tapi tetap ada kemungkinan memberikan efek samping yang merugikan si kecil dalam jangka panjangnya. 

Vitamin anak untuk daya tahan tubuh sebaiknya Bunda berikan setelah mendapat persetujuan dokter. Sebelum mengunjungi dokter spesialis anak, Bunda bisa mencoba untuk memberikan bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap penyakit.
Mengenal Daya Tahan Tubuh Anak

Daya tahan tubuh anak merupakan suatu sistem kekebalan tubuh yang terbentuk secara alami dalam tubuh. Pada seorang anak pembentukan daya tahan tubuh berasal dari ibunya melalui ASI. Tapi tahukah Bunda ada bahan-bahan alami untuk menambah daya tahan tubuh si kecil? Ketika anak kerap sakit maka hal ini tentu akan membuat para Bunda semakin risau. Hal ini sebagai pertanda bahwa daya tahan tubuh anak menurun yang bisa saja disebabkan oleh asupan gizi yang nggak imbang dalam menu harian si kecil.

Bunda harus menyadari bahwa antara asupan makanan si kecil dengan daya tahan tubuh sangatlah berkaitan erat. Kekebalan tubuh akan terjaga dengan baik kalau mendapatkan asupan makanan bergizi yang mampu memberikan nutrisi bagi tubuh si kecil serta sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang si kecil.

Ada bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat Bunda berikan pada si kecil.

Bahan-bahan Alami untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Bunda, anak-anak sangat memerlukan perhatian terkait asupan gizinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka agar terhindar dari berbagai virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh. Maka mereka perlu beberapa bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka ya Bunda. Mari simak uraiannya berikut ini:

ASI

ASI merupakan salah satu bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena berfungsi sebagai pemasok nutrisi bagi sistem imun anak. Selain itu ASI juga menjadi sumber nutrisi bagi bayi. ASI menjadi sangat penting bagi bayi sebagai suplai antibodi karena pada masa itu bayi masih belum memiliki kekebalan tubuh yang masih sangat rentan.

Zat flavonoid

Flavonoid merupakan sejenis zat yang terbentuk dari sejumlah asam amino dengan beberapa vitamin di dalam biji kedelai. Flavonoid telah banyak dibuktikan mampu mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Flavonoid dalam kedelai yang paling banyak adalah isoflavon yang merupakan bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam tubuh. Maka susu kedelai sangat baik untuk dikonsumsi si kecil, ya Bunda.

Omega 3

Bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang mengandung omega 3 ini terdapat pada ikan salmon, ikan sarden, tuna, mackerel, kerang-kerangan, serta ikan herring. Omega 3 tersebut biasanya juga dikemas dalam bentuk suplemen minyak ikan ya, Bunda. Dalam minyak ikan ini mengandung asam lemak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sebab dalam minyak ikan terdapat asam lemak jenuh sebesar 25% dan asam lemak tak jenuh sebesar 75% yang mampu membantu meningkatkan kecerdasan otak anak, perkembangan penglihatan anak, dan daya tahan tubuh si kecil.

Prebiotik

Prebiotik merupakan zat yang mampu menumbuhkan bakteri baik pada pencernaan si kecil dan bisa mencegah alergi dalam tubuh anak, Bunda. Bahkan prebiotik ini sangat dibutuhkan untuk menguatkan ketahanan saluran cerna yang kemudian membawa efek baik pula pada ketahanan tubuh secara umum dan mencegah kemungkinan alergi pada si kecil. Sumber prebiotik pada bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain terdapat pada gandum, kacang-kacangan, madu, pisang, bawang merah, serta bawang putih. Selain itu adapula kandungan prebiotik pada susu formula bayi Bunda.

Madu

Protein menjadi salah satu nutrisi pembangun sistem imun. Madu merupakan salah satu dari bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang kaya protein. Berbagai hasil riset yang dilakukan pakar kesehatan menunjukkan bahwa anak dan balita yang mengalami kekurangan protein bisa diatasi dengan mengonsumsi madu secara rutin.
Selain itu madu juga memiliki kandungan antibiotik yang mampu melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. Madu bisa Bunda manfaatkan untuk mengatasi permasalahan pada si kecil yang berhubungan dengan masalah pencernaan, kulit, ISPA, batuk dan demam anak, dan lain sebagainya. Rasa manis dari madu asli tentu akan sangat disukai si kecil sebagai salah satu dari bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini. Berikan secara rutin setiap hari pada si kecil, Bunda.
Kalsium

Kalsium bisa dikatakan sebagai pemberi komando pada sistem imun tubuh. Sistem imun memiliki fungsi menangkal setiap kuman dan virus, atau benda yang dianggap asing dalam tubuh. Jadi dengan adanya sistem imun maka tubuh nggak akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Di sinilah peran ion kalsium untuk memberikan tanda pada sistem imun akan adanya musuh yang masuk dalam tubuh. Lalu kalsium ini terdapat pada bahan alami apa ya, Bunda? Bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan kadar kalsium tinggi banyak terdapat pada kacang merah, kedelai, wijen, almond, biji kenari, brokoli, bayam, daun singkong, dsb. Selain berasal dari bahan alami nabati, kalsium juga bisa diperoleh dari bahan alami hewani yaitu daging sapi, ikan, susu, udang, dan kuning telur, Bunda.

Vitamin A

Vitamin A memiliki peran penting untuk menjaga sistem saraf serta meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus dan kuman. Bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini antara lain bisa Bunda temukan dari wortel, sayuran hijau, melon, labu kuning, ikan tuna, mangga, ubi jalar, dsb.

Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, Bunda. Dengan kandungan vitamin C ini maka ketahanan tubuh anak akan infeksi semakin meningkat. Selain itu juga akan mempercepat penyembuhan luka. Dengan adanya engaruh lingkungan yang nggak menentu maka Bunda berikan asupan vitamin C yang tepat agar tetap terjaga daya tahan tubuh mereka. Vitamin C banyak ditemukan ada berbagai jenis buah dan sayur antara lain jeruk, strawberry, brokoli, dsb.

Spirulina

Salah satu bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil bisa Bunda bisakan dari spirulina. Kandungan selenium pada spirulina inilah yang memiliki peran dalam menjaga sistem imun. Selain selenium, spirulina juga mengandung protein, vitamin B kompleks, vitamin D, magnesium, zat besi, serta seng. Mikro alga biru ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk suplemen ya, Bunda.

Zinc atau seng

Unsur utama dalam kehidupan adalah zinc sebab unsur ini menjadi nutrisi mikro yang banyak terdapat dalam sel tubuh manusia. Jadi zat yang satu ini menyebar di seluruh bagian tubuh ya, Bunda. Zinc atau seng ini memiliki fungsi meningkatkan tumbuh kembang si kecil, meningkatkan kecerdasan si kecil, menguatkan daya tahan tubuh, dan bisa meregenerasi sel tubuh. Bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh tubuh si kecil ini bisa Bunda temukan pada ikan, telur, dan daging, dan lain sebagainya.

Meniran


Meniran juga merupakan herbal yang bisa dijadikan salah satu bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Biasanya daun meniran ini dikembangkan dalam bentuk ekstrak dan dijadikan suplemen sistem kekebalan tubuh bagi anak-anak.

Berbagai bahan-bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang telah diuraikan di atas semoga bisa membantu para Bunda untuk menjaga kesehatan buah hati. Semoga bermanfaat.


Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment