10 Wine Paling Mahal Di Dunia

Wine, atau minuman anggur merah sering dilambangkan sebagai minuman yang elegan. Semakin tua umur mereka, maka semakin enak dan tentunya juga akan semakin mahal. Jika minuman anggur biasa saja sudah mahal, maka wine-wine termahal dunia bisa berapa harganya? Berikut adalah 10 jenis wine paling mahal yang ada di dunia.

10. Henri Jayer Cros Parantoux - 68 Juta Rupiah


Wine ini merupakan salah satu wine paling mahal di dunia yang sangat terkenal di wilayah Asia. Diproduksi oleh Vosne Romanee Cros Parantoux. Pemilik Vosne Romanee Cros Parantoux, bernamakan Henri Jayer, adalah sosok yang dikenal sebagai salah satu pembuat wine terkenal asal Perancis. Jayer juga telah dianggap sebagai salah satu orang penting di dunia dalam hal pembuatan wine. Ia juga sekaligus berperan sebagai kolektor wine.

Perlu diketahui, untuk bisa memiliki wine mahal asal Perancis ini diperlukan uang sebanyak 4.894 USD atau jika dalam rupiah adalah sekitar 68 Juta Rupiah. Dengan harga setinggi itu, menjadikan Henri Jayer Cros Parantoux sebagai wine paling mahal kedua yang pernah diproduksi oleh Vosne Romanee. Selama beberapa tahun terakhir ini diketahui bahwa harga wine ini juga terus mengalami peningkatan yang cukup berarti. 

9. Domaine de la Romanee Conti 1990 - 291 Juta Rupiah


Inilah salah satu wine mahal di dunia yang merupakan hasil dari salah satu jenis buah anggur yang bernama Pinot Noir. Berasal dari kota pembuat wine ternama, Perancis, harga rata-rata dari wine ini berkisar 20.975 USD atau sekitar 291 Juta Rupiah. Pada tahun 196, 8 botol jenis wine mahal ini terjual dengan harga sebesar 224.900 USD. Dikarenakan produksi wine yang semakin dibatasi, maka sedikitnya komoditas membuat harga dari wine ini sendiri semakin melambung hingga 3 tahun terakhir.

8. Krug 1928 - 295 Juta Rupiah


Diproduksi oleh Charles Krug Winery, adalah Krug 1928. Charles Krug sendiri merupakan kilang anggur paling tua yang berada di Napa Valley, California. Krug 1928 telah menjadi contoh dasar wine multi generasi yang menggabungkan tradisi dan juga inovasi untuk membuat wine paling enak dan mahal. Charles Krug telah menjadi produsen champagne paling mahal selama beberapa dekade terakhir. 1 botol wine ini dihargai dengan harga 17.625 USD atau sekitar 295 Juta Rupiah. Namun pada lelang yang dilakukan di Hongkong pada tahun 2009, sebanyak 750 ml wine mahal ini terjual dengan harga 21.200 USD singkatnya dengan jumlah yang lebih fantastis.

7. Inglenook Cabernet Sauvignon 1941 - 343 Juta Rupiah



Wine ini telah dianggap sebagai minuman anggur termahal yang pernah dijual dari Amerika. Inglenook Wine merupakan wine asli yang diproduksi antara tahun 1934 sampai dengan 1964. Secara mengagumkan, wine ini telah dirawat dengan sangat baik dan saat ini telah menjadi milik Francis Ford Coppola. Coppola membeli minuman anggur mahal tersebut dengan harga 24.675 USD pada tahun 2004 atau tepatnya sekitar 343 Juta Rupiah. Coppola mengatakan bahwa wine yanbg dibelinya tersebut merupakan wine terbaik yang pernah ia miliki.

6. Penfolds Grange Hermitage 1951 - 534 Juta Rupiah



Dijual dengan harga 38.420 USD per botol atau sekitar 534 Juta Rupiah, membuat wine ini dianggap sebagai wine termahal yang pernah dibuat di Australia. Menurut sumber yang dapat dipercaya, saat ini Penfolds Grange Hermitage 1951 hanya berjumlahkan 20 botol di dunia. Seorang kolektor wine asal Adelaide, Australia pernah menjual salah satu koleksi wine mahal ini pada sebuah acara lelang yang diadakan pada Mei 2004. Wine tersebut terjual dengan harga 50.200 AUSD. Mengagumkan bukan?

5. Cheval Blanc 1947 - 1,8 Miliar Rupiah



Nah, jika sebelumnya kita hanya membicarakan ratusan juta maka sekarang saatnya kita membicarakan wine mahal yang jumlahnya bisa sampai miliaran. Hanya untuk bisa menikmati rasa dari wine mahal tersebut, setidaknya orang harus rela mengeluarkan uang sebesar 33.781 USD. Harga sebesar itupun hanya cukup untuk menikmati sebanyak 750 ml saja. Memiliki standar kualitas A di penghargaan wine Classification of Saint Emilion, membuat wine ini menjadi standar patokan bagi produsen wine lain. Pada tahun 2006, 3 liter wine mahal ini terjual dengan harga sebesar 135.125 USD atau sebesar 1,8 Miliar Rupiah. Menjadikan wine ini sebagai wine termahal kelima di dunia.

4. Chateau Lafite 1787 - 2,1 Miliar Rupiah



Dibuat di Chateau Lafite Rothschild, yang merupakan sebuah perkebunan anggur terkenal di Perancis. Perkebunan ini sudah dikenal dunia sebagai salah satu tempat pembuatan minuman anggur paling mahal di dunia.

Dikatakan bahwa wine ini pernah dimiliki oleh presiden US ketiga, Thomas Jefferson namun tidak ada yang tahu kebenarannya dan para ahli masih berbeda pendapat mengenai hal tersebut. Terlepas dari siapa yang memiliki wine mahal, Chateau Lafite 1787 ini adalah salah satu botol wine termahal yang pernah dijual dengan harga yang mencapai 156.450 USD atau sekitar 2,1 Miliar Rupiah. Jadi ibaratnya 1 botol wine ini bisa membelikan Anda rumah yang relatif besar.
3. Jeroboam of Chateau Mouton-Rothschild 1945 - 4,1 Miliar Rupiah



Inilah minuman anggur yang dikatakan memiliki rasa sangat menarik di dunia. Untuk bisa mendapatkan minuman anggur mahal ini, Anda harus merogoh uang sampai dengan 300.000 USD, sekitar 4,1 Miliar Rupiah. Harga yang sangat mahal namu nmengingat umur wine yang juga sudah sangat tua maka beberapa orang percaya bahwa harga tersebut memang harga yang pantas.

Anda tidak perlu takut bila tidak sanggup membeli 1 botol wine ini karena minuman anggur atau wine ini masih tetap bisa dinikmati secara terpisah. Mereka juga menjual wine ini untuk diminum per gelas, dimana 1 gelas minuman anggur Jeroboam dihargai dengan harga 8.631 USD. Minuman mahal ini telah diakui sebagai salah satu anggur terbaik yang pernah ada di dunia sejak abad ke-20.

2. Chateau Margaux 1787 - 6,9 Miliar Rupiah



Memiliki nilai yang sebanding dengan wine termahal dunia pada di bawah namun karena tidak ada yang tahu secara jelas bagaimana rasanya maka wine ini hanya dinominasikan sebagai wine termahal kedua yang pernah ada di dunia. Merupakan wine asli yang masih merupakan koleksi dari Thomas Jefferson, mantan presiden Amerika Serikat yang ternyata juga merupakan seorang kolektor dan penggemar berat wine.

Ironisnya, wine termahal kedua ini dipecahkan secara tidak sengaja oleh seorang pelayan ketika menghidangkannya di Margaux Dinner. Sebagai gantinya, pihak asuransi hanya sanggup mengganti rugi sebesar 225.000 USD atau hanya 3,1 Miliar Rupiah. Sebuah nilai yang tidak sebanding dengan rasa yang dimiliki oleh wine mahal ini.

1. Screaming Eagle Cabernet Sauvignon 1992 - 6,9 Miliar Rupiah



Inilah yang menjadi pemenang dari wine termahal yang ada di dunia. Pada sebuah lelang yang dilakukan di Napa Valley pada tahun 2000, ada seseorang yang memberikan penawaran paling tinggi sepanjang sejarah lelang wine. Terjual dengan harga yang mengejutkan, 500.000 USD atau sekitar 6,9 Miliar Rupiah, wine ini resmi menjadi wine termahal dunia yang berasal Oakville, California.

Menurut seorang connoisseur (seorang ahli wine), Screaming Eagle ini merpakan wine paling spektakuler yang pernah dicobanya. Selain itu, wine ini juga dikatakan memiliki rasa yang sangat mengesankan, memiliki aroma blackcurrant yang sensual diikuti dengan aroma pohon oak, memiliki proporsi yang pas, dan juga sangat murni.



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment