10 Ular Paling Mematikan Di Dunia

Jika ditanya hewan apa yang paling mematikan di dunia, tidak sedikit dari kita akan menjawab ular sebagai perlambangan kematian tersebut. Ular yang dikenal sebagai hewan melata berbisa ini memang adalah salah satu sosok hewan yang dapat membuat banyak orang kabur tanpa peduli apakah ular tersebut berbisa atau tidak. Berikut adalah 10 ular paling mematikan di dunia ini.

10. Black Banded Sea Krait


Menempati posisi terakhir dalam daftar 10 ular paling mematikan di dunia. Ular mematikan ini ditemukan hampir di seluruh perairan hangat di bagian barat dari Samudra Pasifik. Makanan utama dari ular ini adalah ikan yang berenang di air. Namun karena ular ini tidak memiliki pergerakan yang cepat, maka ular mematikan ini memanfaatkan batu koral untuk bersembunyi. Racun dari ular ini diperkirakan 10x lebih kuat daripada yang dimiliki oleh ular kobra. 

9. Many-Banded Krait


Many-Banded Krait dikenal juga dengan Taiwanese Krait atau Chinese Krait. Adalah ular yang memiliki racun paling mematikan yang dapat ditemukan di Cina Selatan dan Asia Tenggara. Ular mematikan ini memiliki maksimum panjang sekitar 1,85 meter. Memiliki tubuh panjang dan ramping dengan warna hitam-putih. Hewan melata mematikan ini biasa berburu makanan pada malam hari dengan cara bersembunyi dalam lubang. Ular ini memangsa katak, tikus, belut, dan bahkan sesama ular lainnya.
8. Coastal Taipan


Menempati posisi ke 8 sebagai ular paling mematikan di dunia adalah ular Costal Taipan Walaupun hanya menempati posisi ke 8, namun bila dibandingkan dengan ular darat lainnya, racun yang dimiliki oleh ular ini membuatnya menempati posisi ke 3. Ular mematikan ini dapat bertumbuh sampai sepanjang 3,6 meter dengan warna tubuh hitam atau abu-abu keunguan dengan corak hitam di bagian belakang. Menu utama dari ular ini biasanya adalah tikus.
7. Peron's Sea Snake


Sama seperti kebanyakan ular laut lainnya, ular ini dikenal berbahaya karena memiliki racun yang mematikan bagi manusia. Racun dari ular ini masuk dalam peringkat 7 ular paling mematikan di dunia. Ular mematikan tidak terlalu sulit dikenali karena ular ini merupakan ular laut mematikan satu-satunya yang memiliki ciri khas duri di bagian kepalanya. Ular ini mengkonsumsi ikan kecil sebagai menu utamanya.
6. Yellow Bellied Sea Snake

Ular mematikan satu ini seringkali ditemukan di daerah perairan panas di seluruh dunia termasuk Samudra Atlantik. Ular mematikan jenis ini memiliki warna yang bervariasi pada tubuhnya. Bagian atasnya selalu berwarna hitam, namun bagian bawahnya ada yang berwana kuning, ada juga yang berwarna coklat. Racun mematikan dari ular ini biasa digunakan untuk membunuh mangsanya yang kebanyakan ikan. Sampai sejauh ini tidak diketahui seberapa fatal efek racunnya terhadap manusia.
5. Eastern Brown Snake


Adalah ular paling mematikan kedua yang bertempat tinggal di darat. Ular ini memiliki racun mematikan yang bersifat neurotoksin. Hanya dengan 2 miligram racun dari ular mematikan yang dewasa cukup untuk membunuh seorang manusia dewasa. Jangan mengira hanya yang dewasa yang memiliki racun mematikan, ular mudanya pun memiliki racun yang juga sanggup membunuh orang dewasa. Walaupun begitu, ular ini bukanlah ular yang agresif. Jika menemukan ular ini, lebih baik Anda mulai menjaga jarak karena ular ini sangat sensitif terhadap pergerakan sekecil apapun.
4. Dubois Sea Snake


Kembali lagi ke air, Dubois Sea Snake merupakan ular mematikan di dunia yang memiliki habitat di bawah air. Memliki nama lain Reef Shallows Sea Snake, ular mematikan ini sering dijumpai di Papua New Guinea, New Caledonia, dan juga daerah pesisir pantai Australia. Mereka seringkali berburu makanan berupa belut dan ikan-ikan kecil pada saat senja dan fajar. Walaupun ular ini termasuk ular yang mematikan namun ular ini tidaklah terlalu agresif. Mereka hanya menyerang bila merasa terancam dan serangan yang dilakukan ular mematikan ini tidak dilakukan secara spontan.
3. Inland Taipan


Dikenal juga dengan nama Small Scaled Snake dan Fierce Snake, ular ini menjadi ular yang paling mematikan di dunia urutan ke-3. Namun jika di darat, ular inilah yang paling mematikan. Sebanyak 110 miligram racunnya sanggup membunuh 250.000 ekor tikus dan 100 manusia. Banyak ditemukan di Australia, ular ini dapat merubah warna kulitnya tergantung dengan kondisi iklim tempat tinggalnya. Sejauh ini belum ditemukan efek fatal dari ular mematikan ini, hal ini dikarenakan sifat ular ini yang cukup pemalu dan jarang sekali bertemu langsung dengan manusia.
2. Hook Nosed Sea Snake / Beaked Sea Snake


Ular ini dikenal dengan beberapa nama, namun salah satu nama yang paling sering digunakan untuk ular mematikan ini adalah Hook Nosed Sea Snake, Beaked Sea Snake, Common Sea Snake, dan Valakadyn Sea Snake. Ular yang juga hidup di bawah air ini dapat menyelam sejauh 100 meter di bawah permukaan laut. Ular mematikan ini berburu mencari mangsanya pada saat siang dan juga malam. Walaupun ular ini memiliki racun mematikan 4 sampai 8x lebih kuat dari ular kobra, ular ini masih termasuk ular yang jinak. Para nelayan yang menemukan ular ini biasanya langsung melemparnya kembali ke air tanpa gigitan sama sekali.

1. Belcher's Sea Snake


Inilah ular paling mematikan nomor 1 di dunia. Hanya dengan beberapa miligram dari bisa ular mematikan ini sanggup membunuh sebanyak 1000 orang. Ular mematikan yang hidup di bawah air inipaling banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara dan juga Australia bagian Utara. Gigitan ular ini tidak sepenuhnya mengandung racun, hanya sekitar 1/4 gigitannya yang mengandung racun mematikan dan juga ular ini relatif jinak. Biasanya yang paling sering bertemu dan menjadi korban dari ular ini adalah para nelayan di laut. Para nelayan biasa digigit ketika berusaha untuk menarik jaring ikan yang ternyata di dalam jaring tersebut juga terdapat ular paling mematikan ini.



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment