10 Sungai Paling Berbahaya Di Dunia


Sungai dapat menjadi sumber mata pencaharian baik dari segi pariwisata, energi, hingga transportasi tapi sayangnya alam adalah hal yang menakutkan. Dari yang tadinya sumber pencaharian, bisa berubah menjadi hal yang sangat berbahaya bahkan merenggut nyawa manusia. Berikut adalah 10 sungai paling berbahaya yang ada di dunia ini.

10. Sungai Mekong


Sebagai salah satu sungai terpanjang di Asia, sungai Mekong ini menjadi pelengkap dalam daftar sungai paling berbahaya di dunia. Mengalir melalui Cina, Laos, Vietnam, Kamboja, Burma dan Thailand, sungai ini tercatat memiliki panjang yang mencapai 4.350 km. Tidak hanya berbahaya bagi manusia, sungai ini telah menjadi tempat tinggal bagi beberapa jenis hewan seperti lumba-lumba dan juga buaya air asin. Pada tahun 2000, arus kuat dari sungai Mekong menyebabkan banjir yang membunuh sebanyak 90 orang. pada tahun 2008 sungai Mekong kemballi berulah dengan menyebabkan banjir terburuk yang menyebabkan kerugian sampai dengan 66 miliar USD.

9. Sungai Lena



Sungai yang seringkali mengakibatkan banjir ketika musim semi datang ini terletak di Siberia. Pernah pada tahun 2007, air sungai Lena meluap dan menenggalamkan sebanyak 1.000 rumah penduduk dan 12 kota. Sungai dengan panjang 4.399 km ini lebih berbahaya ketika musim panas dan musim semi datang. Pada musim semi, es di sungai Lena akan mulai mencair yang mengakibatkan volume sungai meningkat drastis dan mengakibatkan banjir. Air sungai Lena ini juga dikenal memiliki arus yang cukup kuat.

8. Sungai Yenisei


Mengalir melewati Mongolia dan Cina, sungai Yenisei dianggap sebagai salah satu sungai terbesar dan juga paling berbahaya di dunia. Dengan panjang 5.549 km, sungai ini dikenal berbahaya akan arusnya yang kuat yang dapat menyebabkan banjir. Di bagian Darkhad Valley terkadang ditutupi es yang bila dialiri oleh air sungai Yenisei dapat mengakibatkan gletser yang bisa menyebabkan bencana yang lebih besar. Dari sekian banyak faktor yang sudah dijelaskan diatas, sungai Yenisei juga memiliki tingkat racun dan radiasi yang sangat tinggi. 

7. Sungai Congo


Sungai Congo atau sungai Zaiire, kedua nama itu merupakan nama dari sungai yang sama. Dengan panjang 4.702 km, sungai Congo menjadi sungai terpanjang kedua di Afrika. Sungai yang dianggap paling berbahaya bagi penduduk di Afrika ini memiliki arus yang sangatlah kuat. Hanya di bagian dekat Lake Tanganyika sungai ini memiliki arus yang tenang dan tidak berbahaya. Dengan kengerian yang dimiliki oleh sungai ini, orang-orang di Afrika memberikan nama heart of Darkness untuk sungai satu ini. Untuk membuat sungai ini semakin berbahaya, pada bagian akhir dari sungai Congo terdapat sebuah tebing mengerikan yang disebut dengan Gates of Hell. Di tebing itulah bahkan rafter berpengalamanpun tidak berani mengarunginya karena memiliki arus yang tidak bisa ditebak.

6. Sungai Yangtze



Tidak mau kalah, bahkan di Asia pun memiliki sungai yang dianggap berbahaya bagi orang-orang. Berlokasi di Cina, sungai Yangtze merupakan sungai terpanjang yang berada di Asia dengan panjang mencapai 6.379 km. Sungai Yangtze sudah dikenal akan kengeriannya karena pernah menyebabkan banjir besar yang melanda Cina pada waktu dulu. Oleh karena itu di sungai ini dibangun dam untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali. Hal mengerikan lain terjadi di bagian Chongqing dimana air sungai ini bisa berubah menjadi merah. Para penelitipun masih berusaha mencari tau penyebab akan hal itu.

5. Sungai Mississipi



Inilah salah satu sungai di US yang masuk ke dalam daftar sungai paling berbahaya di dunia. Sungai terbesar kedua di US ini memiliki panjang yang mencapai 3.765 km. Berawal di Lake Itasca, Meksiko, sungai Mississipi memiliki aliran yang berakhir di Teluk Meksiko. Dengan tingkat air sungai yang turun naik disertai arus deras, para penduduk yang tinggal sekitar sungai Mississipi selalu hidup dalam teror. Baik itu teror oleh bajir yang suatu saat bisa melanda atau bahkan teror dari hewan seperti hiu dan ikan Pike.

4. Sungai Orinoco



Terletak di Amerika Selatan dan juga termasuk dalam sungai terpanjang ketiga di Amerika Selatan. Memiliki panjang 2.140 km dan mengalir melintasi Kolombia dam Venezuela dengan cabang sungai yang mencapai 200 cabang dan juga memiliki beberapa air terjun. Sungai Orinoco ini suliat untuk dilalui karena memiliki arus yang sangat keras, di tiap sisi sungai diapit dengan hutan hujan yang sangat lebat. Sungai Orinoco ini juga memberikan ancaman pada penduduk lokal karena air sungai Orinoco seringkali meluap dan menyebabkan banjir.

3. Sungai Parana



Sungai yang melintasi Argentina dan Paraguay ini memiliki panjang sekitar 4.828 km. Sungai Parana dianggap sebagai salah satu sungai paling berbahaya di dunia bukan tanpa alasan. Sungai ini memiliki arus yang sangat kuat dan selalu menyebabkan banjir yang seringkali memberikan kerusakan parah pada konstruksi bangunan dan kota yang berdekatan dengan sungai ini. Arus kuat di sungai Parana ini juga mendapat pengaruh dari angin kuat dan El Nino.

2. Sungai Brahmaputra



Sungai Brahmaputra merupakan sungai yang berada Bahaduradbad, Bangladesh. Sungai dengan panjang 2.896 km ini seringkali digunakan sebagai sarana transportasi dan juga irigasi. Walaupun sungai ini memiliki banyak manfaat bagi penduduk di Bahaduradbad, ketika es di pegunungan Himalaya mencair, maka sungai Brahmaputra dapat menyebabkan bencana banjir yang besar. Hal lain yang membuat sungai ini sangat berbahaya adalah karena di sungai ini memiliki air pasang yang disebut Tidal Bare. Tidal Bare ini memiliki arus yang berlawanan dengan arus dari sungai Brahmaputra. Hal itulah yang membuat sungai Brahmaputra menjadi sungai yang paling berbahaya di Bangladesh.

1. Sungai Amazon



Bukan rahasia lagi kalau Sungai Amazon adalah sungai yang paling berbahaya di dunia. Berlokasi di Amerika Selatan, sungai Amazon ini sangatlah besar dan juga memiliki arus yang sangat deras. hal tersebut membuat sungai Amazon sangat tidak mungkin dilewati bahkan dengan jembatan sekalipun. Di bagian mulut sungai Amazon memiliki debit air yang sangat besar, sebanyak 8 triliun galon air per hari keluar dari mulut sungai itu. Kedalaman sungai Amazon juga terbilang sangat dalam yakni mencapai 15 meter. Jika ada orang yang mencoba untuk menyebrang sungai dengan cara berenang, orang itu pasti sudah bosan hidup.


Sumber: tahupedia
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment