10 Penjara Dengan Tingkat Keamanan Paling Tinggi Di Dunia


Penjara adalah tempat bagi para kriminal yang menjalani masa hukumnya. Penjara-Penjara ini dibangun sedemikian rupa agar mereka dapat menjadi tempat paling aman yang para tahanannya tidak ada yang bisa melarikan diri bahkan selalu diawasi setiap gerak geriknya. Itulah penjara dengan tingkat kemanan maksimum. Berikut adalah 10 penjara teraman di dunia.

Yang dimaksud dengan penjara teraman di dunia ini adalah penjara dengan tingkat keamanan tertinggi yang dikatakan sangat menjamin seluruh aktivitas napi di dalamnya sangat dipantau. Jangankan untuk kabur, untuk berbicara dengan napi lain saja dikatakan harus berhati-hati pada penjara-penjara ini. 

10. Qincheng Prison - Cina



Qincheng adalah salah satu dari sekian banyak penjara di dunia yang termasuk ke dalam salah satu penjara dengan tingkat keamanan paling tinggi di dunia. Penjara Qincheng ini dibangun dengan ketinggian 914 meter diatas permukaan laut. Hal tersebut membuat penjara Qincheng menjadi penjara tertinggi di dunia. Setidaknya terdapat sebanyak 5.000 petugas keamanan yang bertugas untuk menjaga dan mengawasi semua kegiatan para tahanan yang berada di dalam penjara ini. Bagi yang ingin mencoba untuk melarikan diri dari salah satu penjara paling aman di dunia ini, lembah yang dalam dan terpencil sudah siap menanti mereka.

9. Tadmor Military Prison - Siria



Pada mulanya dibangun sebagai barak atas dasar mandat Perancis pada awal abad ke-20. Saat ini Tadmor Military Prison telah berubah dan mengalami beberapa renovasi sehingga menjadi salah satu penjara paling aman di dunia. Tidak hanya sebagai salah satu penjara terbaik di dunia, penjara ini juga dikenal sebagai penjara terburuk yang pernah ada. Para tahanan diikat dengan menggunakan rantai besi, setiap harinya para tahanan pasti disiksa dan dipukuli dengan menggunakan batang besi. Untuk bisa masuk ke dalam fasilitas ini hanya dapat melalui satu akes terowongan bawah tanah. Untuk masukpun hanya bisa dengan cara merangkak. Untuk semakin meningkatkan keamanan, Tadmor Militrary Prison ini juga dilengkapi dengan sinar laser.

8. Camp Delta - USA


Salah satu penjara paling aman di dunia ini terletak di Guantanamo Bay, Cuba dan merupakan salah satu penjara milik Amerika. Penjara ini pada awalnya digunakan oleh Amerika untuk menahan para teroris Al Qaeda. Sekarang penjara ini telah berkembang menjadi penjara bagi orang-orang yang memiliki potensi tinggi untuk melakukan tindakan berbahaya. Pada awal penjara dibangun, siksaan dari para pengawas penjara merupakan hal rutin yang terjadi setiap hari. Semakin berlalunya waktu, siksaan tersebut perlahan-lahan semakin hilang. Di penjara ini para tahanan setidaknya diawasi sampai dengan 12 penjaga. Meskipun ada tahanan yang berhasil melarikan diri, masih ada rintangan berupa basis militer milik Amerika yang harus dilalui. Tidak hanya itu, tingkat keamanan di daerah perbatasan Cuba juga terkenal sangat ketat.
7. Fuchu Prison - Jepang


Jepang memeiliki penjara terbesar yang juga merupakan salah satu dari sekian penjara di dunia dengan tingkat keamanan paling tinggi di dunia. Terletak di kota Fuchu, sebuah kota di bagian barat Tokyo, penjara ini telah menjadi tempat tinggal bagi para pelaku kriminal terkenal di Jepang. Penjara paling aman di Jepang ini dilengkapi dengan teknologi paling canggih untuk menjaga agar tidak ada tahanan yang melarikan diri. Adanya sedikit tanda ada satu tahanan yang hilang, maka alarm akan segera berbunyi.
6. Souza Baranowski Center - USA


Lagi-lagi masih berlokasi di Amerika, Souza Baranowski Center merupakan salah satu penjara paling aman di dunia yang berlokasi di Massachusetts, Amerika. Penjara ini di desain oleh sebuah tim spesial dari Masssachusetts Institute of Technology(MIT). Dengan dikembangkannya sistem pengawasan penjara ini oleh MIT, semakin membuat kemungkinan kaburnya tahanan semakin kecil. Tim MIT ini merancang kamera pengamanan dengan menggunakan sistem matriks dimana kamera ini dapat merekam 24 jam sehari dan mampu mencapai berbagai sudut dari penjara. Pintu penjara dirancang dengan menggunakan sistem elektronik dan dapat mengunci secara otomatis.
5. Federal Correctional Complex (Terre Haute) - USA


Dilengkapi dengan kamera pengawas 360 derajat, sensor gerak, detektor wajah, dan juga kunci biometrik, penjara yang dilengkapi dengan teknologi paling canggih ini tidak diragukan lagi menjadi salah satu penjara paling aman yang ada di dunia. Dikenal juga dengan nama Terre Haute, penjara paling aman di dunia ini berlokasi di Indiana, Amerika. Tidak memerlukan tenaga pengawas yang banyak, karena teknologi di dalam penjara ini terkenal akan kecanggihannya, maka semua pergerakan dari tahanan dapat diawasi langsung melalui satu ruang kontrol.
4. La Sante Prison - Perancis

Reputasi La Sante Prison ini telah dikenal oleh banyak negara sebagai salah satu penjara yang paling aman di dunia. Penjara yang dibangun pada tahun 1867 di Paris ini memiliki struktur bangunan kokoh. Disinilah para pelaku tindak kriminal berbahaya harus menjalani masa hukuman mereka. Diakui penjara ini memiliki kemanan yang sangat, namun beberapa tahun yang lalu ada beberapa tahanan yang berusaha melarikan diri melalui sistem pembuangan air. Nasib sial dialami para tahanan tersebut, mereka hanya dapat terjebak dalam sistem pembuangan air tersebut lalu mati lemas karena kekurangan oksigen.
3. Alcatraz Federal Penitentiary - USA


Salah satu penjara yang mungkin namanya sudah tidak asing lagi di telinga orang banyak. Berlokasi di tengah pulau yang dikelilingi oleh laut, Alcatraz merupakan salah satu penjara yang dikenal sebagai salah satu penjara paling aman di dunia. Sayangnya, pada tahun 1963 penjara ini telah resmi ditutup. Beberapa nama kriminal terkenal pernah menjadi penghuni dari penjara paling aman di dunia ini, mereka adalah Al Capone, Machine Gun Kelly, Rafael Miranda, dan Whitey Bulger. Saat ini Alcatraz telah menjadi landmark terkenal di Amerika. Setiap tahunnya tempat ini selalu diserbu oleh para wisatawan yang penasaran akan penjara ini.
2. Arthur Road Jail - India

Dibangun pada tahun 1926, Arthur Road Jail atau yang dikenal juga dengan nama Mumbai Central Prison merupakan penjara paling tua dan paling besar yang terletak di Mumbai. Sebagai salah satu penjara yang paling aman di dunia, penjara ini dirancang bukan hanya untuk mencegah para tahanan keluar melainkan juga dapat menahan serangan senjata apapun tidak terkecuali bom. Penjara ini dilindungi oleh dinding kuat yang dikatakan mampu menahan serangan apapun yang ingin menerobos masuk ke dalam penjara. Selain diakui sebagai salah satu penjara yang paling aman di dunia, Arthur Road Jail ini juga dikenal sebagai penjara yang paling ditakuti di India. Hal ini disebabkan karena kondisi kebersihan dalam penjara yang tidak terjaga dan kurangnya tenaga medis sehingga kesehatan para tahanan pun turut dipertanyakan.
1. ADX Florence - USA


Apa yang membuat penjara ini dikenal sebagai penjara paling aman di dunia? Hal tersebut terjadi karena tahanan harus menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam kurungan dengan tingkat keamanan paling tinggi di dunia. Termasuk sebagai salah satu penjara terburuk di dunia, semua aktivitas yang dilakukan oleh tahanan harus dilakukan di dalam kurungan. Bahkan para tahanan hanya bisa bermimpi untuk dapat melihat sinar matahari. Sistem kemanan yang berlapis membuat kesempatan tahanan untuk melarikan diri adalah tidak mungkin. ADX Florence yang berlokasi di Florida, Amerika ini adalah mimpi buruk bagi siapapun yang dipenjara disana.


Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment