10 Jembatan Terpanjang Di Dunia


Membangun sebuah jembatan bukanlah hal yang mudah. Apalagi bila jembatan tersebut memiliki jarak yang begitu panjang. Pastinya membutuhkan waktu, usaha dan tenaga kerja yang tidak sedikit. Di beberapa negara berikut berhasil membuat jembatan dengan jarak yang begitu panjang sehingga masuk ke dalam daftar jembatan terpanjang di dunia. Berikut ini adalah daftar 10 jembatan terpanjang di dunia tersebut.

10. Runyang Bridge (35,66 km) - Cina


Masih ingat dengan salah satu sungai berbahaya di dunia, sungai Yangtze? Sungai yang pernah menelan banyak korban jiwa ketika banjir ini, diatasnya dibangun sebuah jembatan besar yang bernama jembatan Runyang. Jembatan yang masih termasuk bagian dari Beijing-Shanghai Shanghai Expressway ini dibangun sebagai penghubung antara Zhenjiang dan Yangzhou. Untuk membangun jembatan ini, pemerintah Cina membutuhkan dana sekitar 700 juta USD. 

9. Hangzhou Bay Bridge (35,673 km) - Cina


Dibangun dengan melintasi Hangzhou Bay, jembatan satu ini telah menjadi salah satu jembatan terpanjang di dunia yang menghubungkan Jiaxing dan juga Ningbo di provinsi Zhejiang. Pembangunan jembatan Hangzhou selesai pada 14 Juni 2007, dan perayaan pembukaannya dilakukan pada 26 Juni 2007. Sebelum dibuka untuk umum, serangkaian uji coba dan tes dilakukan untuk menguji apakah jembatan ini benar-benar aman untuk dilewati. Barulah pada tanggal 1 Mei 2008 jembatan Hangzhou boleh dilalui oleh umum.
 
8. Yangcun Bridge (35,812 km) - Cina


Tidak begitu banyak informasi mengenai jembatan satu ini. Jembatan panjang ini diperkirakan selesai masa pembangunannya pada tahun 2007. Jembatan sepanjang 35,812 km juga dibangun diatas sungai Yangtze yang terkenal. Pemerintah Cina membangun jembatan ini hanya untuk 1 tujuan yakni sarana lalu lintas kereta api.

7. Manchac Swamp Bridge (36,71 km) - USA



Masih berada di lokasi yang berdekatan dengan Causeway, Manchac Swamp Bridge ini adalah jembatan beton kembar dengan panjang total mencapai 36,71 km. Mulai dibuka pada tahun 1979, Manchac Swamp Bridge ini tidak dikenai biaya apapun untuk melewatinya alias gratis. Untuk menyelesaikan jembatan ini, diketahui tidak membutuhkan dana yang sedikit. Setidaknya tiap kilometernya membutuhkan dana sehingga 7 juta USD.

6. Lake Pontchartrain Causeway (38,442 km) - USA


Dikenal juga dengan nama Causeway, jembatan terpanjang keenam di dunia ini terdiri 2 buah jembatan yang memisahkan Danau Pontchsartrain yang berada di selatan Louisiana.Meskipun jembatan ini berada diatas air, namun jembatan ini masih sering dilalui oleh kendaraan tidak perduli seperti apapun cuacanya. Selain menjadi jembatan terpanjang di dunia, Causeway juga dianggap sebagai jembatan terpanjang yang jalurnya melalui air dengan panjang 38,442 km.

5. Beijing Grand Bridge (48,153 km) - Cina


Berlokasi di Beijing, jembatan ini memiliki panjang yang mencapai 48,153 km dan menjadikannya menjadi jembatan terpanjang kelima di dunia. Pembangunan dari jembatan ini sendiri selesai pada tahun 2010. Melalui proses uji coba yang singkat, kemudian Beijing Grand Bridge mulai bisa dilalui untuk umum setelah pemerintah membukannya pada tahun 2011. Dan juga Beijing Grand Bridge ini merupakan salah satu dari bagian Beijing-Shanghai High Speed Railway.

4. Bang Na Express Way (54 km) - Thailand



Jembatan yang berada di Thailand ini dibangun dengan menghubungkan 6 jalur tol yang membuat jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di Thailand dan ketiga di dunia. Dengan panjang yang mencapai 54 km, pembangunan jembatan ini selesai dibangun pada Januari 2000. Pemerintah Thailand membangun jembatan tidak hanya sendirian, dikabarkan bahwa dalam pembangunan jembatan ini, pemerintah Thailand menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Jerman, Bilfinger dan Berger.

3. Weinan Weihe Grand Bridge (79,732 km) - Cina


Sebagai pemisah sungai Wei dan juga penghubung antara Zhengzhou dengan Xian di CIna, jembatan yang selesai dibangun pada tahun 2008 memiliki panjang total 79,732 km. Meskipun pembangunannya sudah selesai pada tahun 2008, namun oleh pemerintah Cina, jembatan terpanjang ketiga di dunia ini tidaklah langsung dibuka untuk umum. Bahkan jalur kereta apinya baru dibuka setelah menunggu sekian lama yakni pada tanggal 6 Februari 2010.

2. Tianjin Grand Bridge (113,7 km) - Cina


Jembatan berikut ini masih merpakan bagian dari Beijing-Shanghai High Speed Railway. Menjadi jembatan penghubung antara Langfang dan Qingxian. Oleh Guinness World Records, Tianjin Grand Bridge dianggap sebagai jembatan terpanjang kedua dengan panjang yang mencapai 13,7 km. Sama dengan Danyang-Kunshan Grand Bridge, jembatan ini dibangun memakan waktu sampai 4 tahun dari tahun 2006 sampai tahun 2010.

1. Danyang-Kunshan Grand Bridge (164,8 km) - Cina


Adalah sebuah jembatan terpanjang yang berada di Cina. Jembatan terpanjang di dunia ini dibangun diatas jalan Beijing-Shanghai High Speed Railway dimana geografi dari jembatan ini ditandai dengan sawah, kanal, sungai, dan danau. Jembatan dengan panjang 164,8 km ini mulai dibangun pada tahun 2006 dan berlangsung selama 4 tahun. Pemerintah Cina mulai membuka jembatan ini untuk umum pada tanggal 30 Juni 2011.

Sumber: tahupedia
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment