10 Ikan Paling Berbahaya Di Dunia


Beberapa perairan baik sungai maupun laut di dunia ini ada yang dikategorikan berbahaya. Bukan karena cuaca ataupun ombaknya, tapi melainkan karena ikan-ikan berbahaya yang menghuni perairan tersebut. Ikan Hiu? Lupakan pandangan seram kalian mengenai hiu, ternyata ada ikan yang jauh lebih berbahya dan mematikan. Berikut adalah 10 ikan paling berbahaya di dunia.

10. Belut Listrik


Sesuai dengan namanya, hewan yang termasuk dalam salah satu ikan paling berbahaya ini cukup menakutkan manusia karena sanggup mengalirkan aliran listrik yang cukup kuat. Ikan atau belut satu ini sanggup mengalirkan listrik dengan kekuatan 600 volt. Dengan kekuatan listrik sebesar itu, mereka dapat membunuh seorang manusia dewasa dan tentunya hewan-hewan lain. Aliran listrik yang dimiliki oleh ikan ini adalah sebagai salah satu bentuk upaya pertahanan diri dari pemangsa yang dapat membahayakan dirinya.

9. Ikan Goliath Harimau



Siapa yang tidak tahu hewan buas harimau? Harimau merupakan hewan berbahaya di darat karena mereka memiliki gigi dan cakar tajam yang bisa melukai bahkan membunuh manusia. Namun ternyata di perairan ada ikan yang juga memiliki gigi tajam dan menyeramkan layaknya harimau. Tiger Fish atau lebih dikenal sebagai Goliath Tiger Fish ini seringkali ditemukan di sungai Congo dan Lake Tanganiyaka. ikan satu ini menjadi lebih menakutkan karena biasanya mereka berburu makanan dalam kelompok dan sanggup memangsa hewan air lain yang bahkan memiliki ukuran lebih besar dari mereka. Satu ikan harimau saja sudah menyeramkan apalagi jika banyak.

8. Ikan Goonch


Masih merupakan dalam keluarga ikan lele, ikan mengerikan ini tinggal di sungai Kali yang mengalir antara india dan Nepal. Ikan Goonch menjadi ikan yang berbahaya karena ternyata ikan satu ini tergolong ikan yang menyukai daging manusia. Dengan panjang mencapai 2 meter dan juga dilengkapi dengan gigi yang tajam membuat ikan ini menjadi salah satu mimpi buruk manusia. Banyaknya kasus orang hilang dan tenggelam di sungai Kali diperkirakan merupakan ulah dari ikan Goonch.

7. Stonefish


Tidak hanya dikenal sebagai salah satu ikan paling berbahaya di dunia, Stonefish juga terkenal karena memiliki bentuk yang aneh. Orang akan mengira bahwa mereka hanya melihat batu di dalam air sampai akhirnya mereka menginjak ikan ini. Ikan ini dikenal berbahaya bagi manusia karena memiliki duri beracun dan racunnya termasuk dalam salah satu racun paling berbahaya di dunia. Racun dari Stonefish dapat membuat korban merasa disiksa oleh rasa sakit selama berjam-jam. Bahkan dikatakan belum ada penawar untuk racun dari Stonefish dimana manusia yang terkena racun ikan ini akan menigngal dalam waktu 2 jam.

6. Ikan Snakehead


Sampai saat ini masih kurang diketahui bahaya langsung apa yang bisa disebabkan oleh ikan ini untuk manusia. Namun ikan ini memiliki dampak buruk bagi ekosistem yang ia tempati. Memiliki habitat asli di Cina, Rusia, dan Korea, ikan satu ini akan segera "membersihkan" seluruh isi ekosistem air yang menjadi tempat tinggalnya. Setelah ekosistem di air tersebut berhasil ia bersihkan, maka ikan Snakehead ini akan keluar ke darat, memakan apapaun yang menghalagi jalannya sampai ia mencapai rumah baru yang nantinya akan ia bersihkan juga.

5. Vandellia Cirrhosa


Mungkin banyak orang berpikir apa yang bisa ikan dengan kecil berukuran 2,5 cm perbuat kepada kita. Ada alasan mengapa ikan ini termasuk sebagai salah satu parasit paling mengerikan di dunia. Dianggap sebagai ikan salah satu ikan paling berbahaya di dunia karena ikan ini berbahaya karena sangat tertarik dengan darah dan juga urin. Dengan ukurannya yang sangat kecil, ikan ini akan dengan sangat mudah masuk ke dalam saluran pembuangan air seni manusia. Ketika ikan ini berhasil masuk, ia akan mulai menghisap darah yang mengakibatkan rasa sakit yang sangat luar biasa bagi manusia. Yang lebih mengerikannya lagi adalah salah satu cara untuk melepaskan ikan ini adalah dengan cara amputasi.

4. Piranha

Apakah kalian pernah menonton film berjudul Piranha? Dimana orang yang berenang di air menjadi santapan lezat bagi ikan karnivora ini. Gambaran kengerian dari film itu benar adanya. Memiliki tempat tinggal asli di Amerika Selatan dan Brazil, ikan ini termasuk ikan berbahaya karena mereka memiliki gigi tajam yang digunakan untuk menggigit mangsanya apapun itu. ikan Piranha menjadi sangat mengerikan karena mereka biasa berburu makanan dengan cara berkelompok. Dengan indera penciuman yang sangat tajam, ikan Piranha dapat mencium bau darah di air dan segera menghampiri sumbernya. Menghabisi daging mangsanya dalam sekejap beserta tulangnya.

3. Ikan Puffer


Memiliki racun kuat dan mematikan, membuat ikan Puffer ini menjadi salah salah satu ikan paling berbahaya di dunia. Hampir seluru bagian dari tubuhnya ini mengandung racun Tetrodotoxin. Sebuah racun yang mempengaruhi otak, menyebabkan kelumpuhan, dan kematian bagi manusia yang mengkonsumsi ataupun menyentuhnya. Di Jepang, ikan Puffer ini merupakan salah satu jenis makanan yang cukup terkenal dan mahal. Hanya koki dengan ijin khusus yang boleh menyajikan ikan ini.

2. Ubur-Ubur Kotak


Masuk sebagai hewan paling beracun di dunia tentu mebuat Ubur-Ubur Kotak atau Box Jellyfish juga masuk ke dalam daftar ini. Merupakan salah satu dari sekian banyak keluarga ubur-ubur yang memiliki sistem saraf yang jauh lebih berkembang dan juga sepasang mata. Dianggap berbahaya karena Ubur-Ubur Kotak ini memiliki bagian tubuh yang disebut Flagella dan juga sangat beracun. Racun dari ikan satu ini menyerang jantung, melemahkannya, dan sanggup membunuh manusia. Bagi yang selamat dari racunnya, luka dari hewan berbahaya ini tidak dapat hilang dan akan terus membekas sepanjang hidupnya.

1. Payara


Dengan ukuran yang mampu mencapai 1,2 meter, ikan ini menjadi ikan yang paling berbahaya di dunia bahkan melebihi Piranha. Sering disebut dengan ikan vampir karena memiliki gigi tajam runcing sebagaimana vampir. Ikan ini telah menjadi predator mengerikan dalam dunia perairan, Dilengkapi ukuran yang besar serta gigi yang tajam membuat ikan Payara mampu memangsa ikan dengan ukuran yang sama seperti dirinya. Bahkan dikatakan hanya ikan Payara-lah yang mampu mengalahkan ikan Piranha.



Sumber: tahupedia
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment