10 Film Kartun Disney Terbaik Yang Pernah Dibuat

Siapa yang tidak mengenal perusahaan kartun terkenal dan terbesar asal negeri paman Sam, Walt Disney. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1923 oleh Roy O. Disney dan Walt Disney ini telah seringkali menghibur anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Ada banyak sekali film yang telah mereka produksi khususnya kalau kita sudah berbicara mengenai kartun animasi, bahkan tidak sedikit telah menjadi film kartun terbaik di dunia karena rating yang sangat tinggi. Berikut adalah daftar 10 film kartun animasi Disney terbaik sepanjang masa.

10. Monster, Inc - 2001



Film kartun terbaik Walt Disney satu ini tidaklah sullit untuk menarik minat para anak untuk menontonnya. Menggunakan beberapa karakter monster yang mungkin seringkali muncul di imajinasi anak, film kartun ini berhasil memenangkan penghargaan Oscar untuk kategori Best Original Song. Ide pembuatan film kartun yang menjadi salah satu film kartun terbaik Wal Disney ini dimulai pada tahun 1994. Ketika Toy Story rilis, Disney ingin menampilkan kartun lain yang kemudian munculah konsep yang hampir mirip dengan Toy Story.

Monster Inc ini adalah sebuah film kartun yang menceritakan kehidupan para monster yang bertugas untuk menakuti para anak kecil. Namun uniknya adalah para monster ini malah takuyt terhadap anak kecil tersebut.
9. Tangled - 2010


Ini merupakan salah satu film kartun terbaik Disney yang diproduksi untuk merayakan 50 tahun Walt Disney Animation Studios. Sebuah kartun drama musikal fantasi berjudul Tangled ini mengambil ide dari beberapa cerita klasik dari dongeng Grimm Brothers yang berjudul Rapunzel. Pembuatan film kartun ini memakan waktu sekitar 6 tahun dan pernah dianggap sebagai film kartun termahal sepanjang sejarah. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat film kartun ini juga dibilang cukup besar yang mencapai angka 260 juta USD.

Secara singkat, Tangled adalah film animasi Disney yang menceritakan mengenai kisah ternama Rapunzel. Ya, kisah seorang wanita dengan rambut yang sangat panjang dan seumur hidupnya tinggal di sebuah menara tinggi. Hingga akhirnya ia bertemu dengan pencuri yang akan membuat Rapunzel melihat dunia untuk pertama kali dan menyadari siapakah sebenarnya dirinya.
8. Finding Nemo - 2003


Musik yang enak didengar dan jalan cerita yang menarik membuat salah satu film terbaik yang pernah dibuat oleh Walt Disney menjadi tontonan yang wajib untuk ditonton. Film kartun ini menceritakan kisah petualangan 2 ekor ikan, ayah dan anak, dimana sang anak terpisah karena ditangkap oleh manusia.

Walt Disney merilis film kartun ini pada tahun 2003 yang kemudian pada tahun 2012 dirilis ulang dalam bentuk 3D. Melalui film kartun terbaik yang diproduksi oleh Walt Disney ini, Finding Nemo meraih penghargaan sebagai film animasi terbaik dalam ajang Academy Award dengan total pendapatan mencapai angka yang fantastis yakni 936 juta USD.
7. Toy Story - 1995


Toy Story merupakan film animasi kartun yang diproduksi oleh Pixar dan dirilis oleh pihak Walt Disney pada tahun 1995. Diarahkan oleh John Lasseter, salah satu film kartun terbaik yang pernah dibuat oleh Walt Disney ini menampilkan cerita kehidupan para mainan yang lucu dan menarik.

Kisah Toy Story ini menceritakan kisah sebuah mainan koboi yang merasa terganggu dengan kehadiran mainan baru. Dalam pembuatan film kartun ini, sempat terjadi shutdown karena script yang ditampilkan tidak memenuhi keinginan dari pihak produksi. Film kartun terbaik Disney ini diharapkan dapat menjangkaau tidak hanya golongan anak kecil saja namun juga orang dewasa. Karena itulah di film kartun ini juga turut ditampilkan karakter orang dewasa.
6. Frozen - 2013


Film animasi yang diadaptasi dari cerita The Snow Queen milik Hans Christian Andersen adalah film animasi bertemakan fantasi, komedi, dan musikal yang diproduksi oleh Walt Disney. Salah satu film animasi terbaik ini meraih kesuksesan di berbagai macam ajang seperti Academy Awards, Golden Globes Award, dan Annie Award.

Kesuksesan Frozen tidak hanya berakhir sampai disana saja, salah satu film animsi terbaik yang pernah dibuat oleh Walt Diseny ini meraup keuntungan mencapai 1,072 miliar USD. Angka keuntungan tersebut melampaui Toy Story 3 yang hanya meraup keuntungan sebesar 1,063 miliar USD. Secara singkat, Frozen sendiri menceritakan seorang putri yang dikutuk sehingga memiliki kemampuan mengeluarkan es dan merubah benda yang disentuhnya menjadi es.
5. Inside Out - 2015


Diisi oleh suara aktor dan aktris yang luar biasa, film kartun tahun 2015 buatan Disney bergenre komedi dan drama berhasil menjadi salah satu film kartun terbaik menjelang akhir tahun 2014. Film kartun ini menggunakan beberapa karakter yang digunakan sebagai penggambaran berbagai macam emosi manusia.

Walt Disney membuat film ini untuk memberikan penggambaran akan seperti apa emosi yang dimiliki oleh manusia beserta konflik sehari-harinya. Berkat penggambaran karakter emosi yang diciptakan oleh pihak Walt Disney itulah yang menjadikan film ini masuk sebagai salah satu film kartun terbaik yang pernah dibuat oleh Disney.
4. Beauty and The Beast - 1991


Inilah salah satu dari film kartun buatan Walt Disney yang memberikan pesan positif bagi siapapun yang menontonnya. Film kartun ini mengajarkan bahwa penampilan bukanlah hal yang penting, namun kebaikan hatilah yang utama. Film kartun buatan Walt Disney ini merupakan hasil reboot dari cerita dongeng asal Perancis dari era 1700an. Menceritakan kisah seorang pangeran tampan yang dikutuk menjadi buruk rupa. Film kartun terbaik buatan Walt Disney ini berhasil meraih beberapa nominasi dalam ajang Academy Awards seperti Best Pictures, Best Music, Best Sound.
3. Little Mermaid - 1989


Diadaptasi dari cerita klasik buatan Hans Christian Andersen, Walt Disney kemudian mengangkat cerita tersebut ke layar lebar dengan judul Little Mermaid pada tahun 1989. Film ini menjadi salah satu film terbaik yang pernah dibuat oleh Walt Disney. Film kartun ini sedikit meminjam karakter-karakter klasik lain yang pernah diciptakan oleh Disney seperti adanya tokoh penyihir jahat, pangeran tampan, dan tokoh putri cantik.

Dibuat sedemikian rupa dengan mengutamakan konsep "Simple is Better", serta dikombinasikan dengan momen spesial yang tidak akan bisa mudah untuk dilupakan. Walaupun film animasi Disney ini diciptakan pada tahun 1989, tapi ceritanya yang menarik membuat film ini terbuka untuk semua golongan usia. Inti dari Little Mermaid adalah menceritakan kisah seorang putri duyung yang ingin sekali menjadi manusia demi bisa bertemu dengan pangeran yang ia sukai.
2. Aladdin - 1992


Masih ingatkah tentang film kartun buatan Disney yang tampil di layar kaca pada tahun 1992 ini? Mengisahkan tentang seorang pemuda miskin baik hati bernama Aladdin yang menemukan sebuah lampu berisikan jin baik hati bernama Genie.

Film animasi ternama Aladdin ini mengambil ide dari cerita Arab klasik, Aladdin and The One Thousand and One Nights. Versi buatan Disney-pun benar-benar sesuai dengan cerita aslinya, walaupun dengan beberapa improvisasi yang membuat 'feel' dari cerita klasik ini masih tetap enak untuk dinikmati di masa sekarang.
1. The Lion King - 1994


Tidak ada film kartun Disney lain yang bisa mengalahkan Lion King. Kisah Lion King inipun cukup menginspirasi, dimana seekor anak singa berpetualang bersama sahabatnya untuk mencari jati dirinya. Dalam petualangannya itu selalu dipenuhi tantangan dan setiap masalah yang harus dipecahkan. Walaupun diproduksi pada tahun 1994, film kartun disney satu ini sering disebut-sebut sebagai film kartun Disney terbaik sepanjang masa pembuatan film mereka.

Cerita menarik yang dikombinasikan dengan musik menyentuh, tidak lupa juga dengan animasi yang tidak mengecilkan peran asli dari sentuhan tangan pembuat film kartun Disney berhasil mempertahankan nama film animasi The Lion King hingga era modern sekarang ini.



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment