10 Berlian Terbesar Di Dunia


Ada alasan mengapa hampir semua perhiasan wanita pasti memiliki berlian sebagai pelengkapnya. Hal itu karena batu mulia ini secara global dapat menarik perhatian banyak orang dan dipercaya dapat menambah daya tarik pesona wanita. Jika sebelumnya kita sudah pernah membicarakan berlian termahal di dunia, maka sekarang saatnya kita membicarakan berlian terbesar di dunia. Berikut adalah 10 berlian paling besar yang pernah diketahui dunia.

Sebagai tambahan informasi, harga sebuah berlian itu ditentukan dari banyak hal seperti warna, pemotongan, kejelasan, dan tentunya adalah Karat. Lalu apa yang dimaksud dengan karat? Karat sendiri adalah satuan ukuran berlian yang menggambarkan berat sebuah berlian dimana 1 karat setara dengan sekitar 0,2 gram (200 mg). Keberhagaan sebuah berlian diukur berdasarkan beratnya ini bukan volume.

10. The Jonker - 726 karat


The Jonker, berlian terbesar di dunia di urutan terakhir. Ditemukan oleh seorang bernama Johannes Jacobus Jonker di Afrika Selatan pada tahun 1934. Dipercaya oleh banyak oarang bahwa berlian satu ini dipotong menjadi 13 bagian, dengan bagian yang paling besar yakni The Jonker I yang memiliki berat 142,9 karat. Pada umumnya berlian dinilai berdasarkan berat, warna, dan tingkat kejernihannya. Berlian tanpa warna biasanya diberi harga 26,125 USD setiap karatnya. Dan The Jonker I ini memiliki harga yang fantastis yakni 3,7 juta USD.

9. The Vargas - 726,6 karat


Lebih besar sedikit dari The Jonker dengan berat 726,6 karat, The Vargas berhasil menempati posisi ke-9 sebagai salah satu berlian terbesar di dunia. Nama Vargas sendiri diambil dari nama seorang presiden Brazil yang berkuasa saat itu Getulio Dornelles Vargas. Berlian ini ditemukan secara tidak sengaja ketika seseorang sedang melakukan perjalanan menuju Amsterdam. Kemudian berlian tersebut berhasil dibeli salah satu perusahaan berlian sama terkenalnya dengan Haarry Winston. Sebanyak 29 potongan kecil berhasil dipisahkan dari Vargas dengan potongan yang paling besar memiliki berat sebesar 44,17 karat. Dimana bagian paling besar tersebut kemudian dipotong oleh Harry Wiinston sendiri.

8. The Golden Jubilee - 755 karat



Ditemukan pada tahun 1985 di Afrika Selatan, berlian terbesar ke-8 ini dipotong oleh seorang bernama Gabriel Tolkowsky yang juga mendesain berlian Centenary. Golden Jubilee diberikan kepada raja Thailand pada tahun 1997 untuk merayakan 50 tahun sejak diberikan mahkota. Berkat warna berlian ini yang berwarna coklat, Golden Jubliee ini juga sering disebut dengan nama The unnamed Brown.

7. The Woyie River - 770 karat



Berlian yang bernama Thw Woyie River ini dinamai persis dengan lokasi pertama berlian ini ditemukan. Berlian yang juga masih berasal dari negara penghasil berlian terbesar di dunia, Afrika, pertama kali diperkenalkan ke dunia pada tahun 1945. Berlian tanpa warna dan sempurna ini dipotong menjadi 30 potongan kecil ternyata juga dikenal dengan sebutan The Blood Diamond. Disebut dengan Blood Diamond karena berlian ini digunakan dengan tujuan untuk membantu keuangan kegiatan militer di Sierra Leone. 

6. Millenium Star - 777 karat



Sebanyak 65% berlian di dunia ini berasal dari negara Afrika. Sama seperti salah satu berlian terbesar satu ini yang bernama Millenium Star. Dengan berat 777 karat, berlian ini ditemukan di Republik Kongo pada tahun 1990. Seorang penjelajah pertambangan asal Inggris bernama Cecil Rhodes mengontrol sebuah industri berlian bernama De Beeers Group yang saat ini menjadi pemillik sah dari salah satu berlian terbesar di dunia ini. 

5. Incomparable Diamond - 890 karat



Adalah seorang anak perempuan beruntung yang menemukan salah satu berlian terbesar di dunia ini. Ditemukan pada tahun 1989, berlian 890 karat ini ditemukan ditumpukan puing lalu oleh gadis tersebut diberikanlah berlian tersebut kepada pamannya untuk diperiksa. Oleh pamannya tersebut, berlian tersebut berhasil dijual ke penjual berlian. Dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi ahli berlian untuk memotong berliann tersebut menjadi bagian yang lebih kecil. Namun saat ini berlian tersebut berhasil dipotong menjadi bentuk segitiga yang unik.

4. Star of Sierra Leone - 969 karat



Sebuah penemuan mengejutkan terjadi pada tahun 1972. Sebuah batu berlian yang dianggap sebagai berlian terbesar di dunia ditemukan dan dibeli di tahun yang sama dengan perayaan seorang penjual permata asal Amerika bernama Harry Winston. Berlian besar ini kemudian dipotong menjadi 17 bagian kecil dengan potongan yang sempurna. Beberapa dari potongan kecil tersebut disatukan dalam sebuah perhiasan indah yang saat ini dikenal dengan nama Star of Sierra Leone. 

3. Excelsior Diamond - 995,20 karat



Salah satu berlian terbesar di dunia ini ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1893. Pada awalnya berlian ini hanya berjumlah 1, namun dipotong menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Walaupun berlian terbesar hanya 69,68 karat, beberapa orang di dunia percaya bahwa masih ada berlian Excelsior yang berukuran lebih besar. Menariknya, ditemukan sebuah berlian lain yang memiliki berat sama dengan Excelsior. Berlian tersebut merupakan berlian hitam yang termasuk dalam golongan berlian langka. Karena info mengenai berlian tersebut masih belum diketahui maka berlian yang dinamai The Nameless itu tidak jadi dimasukkan dalam daftar berlian terbesar di dunia ini.

2. Cullinan Diamond - 3106,75 karat



Berlian ini pada awalnya ditemukan pleh pengawas pertambangan pada tahun 1905 di Afrika Selatan. Kemudian oleh mereka, berlian tersebut diberi nama sesuai dengan pemilik tambang itu yakni Sir Thomas Cullinan. Berlian yang sangat besar ini kemudian diberikan sebagai hadiah untuk Raja Inggris bernama Edward VII yang tengah berkuasa saat itu. Kemudian batu berlian tersebut dibawa menuju Amsterdam yang kemudian dipotong menjadi 9 potongan. Bagian potongan yang terbesar dari berlian tersebut dinamai Cullinan I atau juga Star of Africa.

1. Sergio - 3167 karat



Inilah berlian terbesar di dunia yang berasal dari Brazil. Ditemukan pada tahun 1893, batu mulia yang disebut dengan Black Carbonado ini termasuk dalam golongan berlian yang langka. Bahkan para peneliti sampai sekarang masih membicarakan darimana asal dari berlian hitam ini. Sebagian orang percaya bahwa Sergio merupakan berlian yang berasa bukan dari bumi melainkan dari luar angkasa. Dipekirakan bahwa Sergio merupakan pecahan dari batu meteor yang jatuh ke bumi.



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment