Tokoh Legendaris Yang Diyakini Pernah Ada Namun Belum Memiliki Bukti Sejarah


Tahukah Anda kalau Raja Arthur dan Robin Hood mungkin tidak pernah ada? Para tokoh legenda ini dianggap sebagai fakta, tapi sejarah belum bisa membuktikan apakah mereka benar-benar pernah ada.

Robin Hood

Robin Hood merupakan salah satu tokoh paling terkenal di dunia. Setiap orang tahu kalau dia selalu merampok orang kaya untuk dibagikan ke orang miskin. Ia tinggal di hutan Sherwood, dan punya pacar serta teman yang banyak. Tidak ada yang tahu pasti apakah itu semua hanyalah mitos, atau orang seperti Robin Hood benar-benar pernah ada.

Begitu banyak teori yang diajukan selama bertahun-tahun, dan banyak sarjana yang melakukan penelitian seumur hidup untuk membuktikan keberadaannya. Legenda Robin Hood pertama kali muncul pada sekitar tahun 1300-an, meskipun ada yang menyatakan Robin Hood hidup sekitar tahun 1160.


Raja Arthur


Kisah Raja Arthur merupakan salah satu cerita legenda paling terkenal yang pernah ada. Legenda tentang dirinya, Anggota meja bundar, penyihir pribadinya; Merlin, istri yang berkhianat; Guinevere dan pedang legendarisnya; Excalibur, merupakan kisah yang sangat menarik. Tapi sampai saat ini kisah tersebut masih sebatas cerita rakyat. Sejarawan belum bisa menemukan bukti defenitif apapun tentang kebenaran legenda tersebut.


Mona Lisa

Lukisan paling terkenal di dunia ini ternyata adalah salah satu misteri terbesar yang belum terpecahkan hingga saat ini. Sejak Leonardo Da Vinci melukisnya pada awal 1500-an, orang-orang menerka-nerka siapa sebenarnya sang Mona Lisa. Para Sejarawan seni memiliki pendapat berbeda-beda, dari Mona Lisa adalah ibu Da Vinci, ada juga yang meyakini dia adalah wanita bangsawan Spanyol, ada juga yang berpendapat Mona Lisa hanyalah seorang wanita penghibur.

Bahkan sebagian berspekulasi bahwa lukisan Mona Lisa sebenarnya adalah penyamaran cerdik sang pelukis itu sendiri; Leonardo Da Vinci. Karena tak ada yang tahu siapa perempuan ini sebenarnya, tidak ada yang bisa membuktikan kalau wanita ini memang orang nyata. Mungkin itulah yang membuatnya selalu tersenyum penuh misteri.


Ratu Saba

Di Dalam Injil, Ratu Saba merupakan tokoh epik. Bahkan di Alkitab, ia merupakan penguasa misterius. Ratu Saba juga disebutkan dalam Kitab Suci Al-Qur'an. Dia digambarkan dalam lukisan Turki, bahkan orang-orang Arab selalu membicarakannya. Kisah Ratu Saba telah diceritakan selama 3.000 tahun, tapi tidak ada yang tahu biografi lengkap tentangnya. Dan sejarah juga belum bisa menemukan sisa-sisa peradabannya.

Walau begitu sebagai orang beragama kita wajib meyakini kalau Ratu Saba memang benar ada, kita hanya tinggal sedikit bersabar sampai para arkeolog bisa menemukan bukti historisnya.


Suku Amazon

Bangsa Yunani Kuno mengisahkan tentang pejuang wanita legendaris yang tidak butuh pria, mereka menolong tentara Yunani dalam perang, punya keahlian menjinakkan kuda dan mahir menggunakan kapak.

Suku Amazon menyembah dewa mereka sendiri dan hidup dalam aturan hukum sendiri. Legenda tentang mereka dikenal luas, keberadaan suku Amazon ini dianggap sebagai fakta. Namun, sejarah belum pernah bisa membuktikannya.


El Dorado

Banyak orang telah mencari keberadaan Kota Emas sejak tahun 1500-an. Kisah ini datang dari para penjelajah Spanyol, yang mengklaim mereka menemukan El Dorado, si Kota Emas, sekarang kira-kira berada di sekitar Amerika Selatan. Sir Walter Raleigh diyakini telah menemukan kota tersebut dan di peta ia menamai kota tersebut dalam bahasa Inggris. Penjelajah modern terus mencari, namun kota itu tak pernah diketemukan lagi.


Helen of Troy

Pada masanya, Helen of Troy adalah wanita tercantik di dunia. Para lelaki berperang untuk memilikinya, kerajaan jatuh karenanya, dan seluruh akibat dari perang Troya adalah karena kesalahannya. Namun tetap saja para sejarawan belum bisa membuktikan apakah wanita ini pernah ada, walaupun kisah tentangnya sangat menarik.


Atlantis

Kota besar Atlantis menjadi legenda di tahun 360 SM, ketika Plato pertama kali menulis tentang hal itu. Sebelum ia menulis tentang Atlantis, kota ini sudah menjadi cerita kuno yang kisahnya diceritakan turun temurun. Atlantis merupakan kerajaan yang luas, sebuah kota yang luar biasa canggih dengan keajaiban berlimpah. Ia hancur, tenggelam di laut, dalam satu malam. Sampai sekarang, para ilmuwan terus mencari kota yang hilang Atlantis. Namun sejauh ini, tidak ada yang pernah menemukannya.




Spekulasi terakhir yang berkembang dari teori Prof. Arysio Santos yang meyakini Atlantis terletak di Indonesia, sejumlah bukti dipaparkan untuk menguatkan dugaannya. Anda bisa membaca secara lengkap kisah Atlantis di sini: Antara Atlantis, Gunung Padang dan Indonesia.


Shangri-La

Menurut novelis James Hilton, Shangri-La adalah sebuah surga dunia yang berada di Tibet. Dia menulis tentang negeri ini pada tahun 1933, sebuah lembah di Tibet yang terputus dari dunia. Kebijaksanaan manusia lestari di sini. Legenda lembah ini merupakan cerita kuno yang kembali ditulis Hilton. Menurut mitos, Shangri-La terletak di antara pegunungan Himalaya. Mungkin suatu hari nanti, seseorang akan menemukannya.


Don Juan

Don Juan adalah pahlawan rakyat legendaris yang berasal dari cerita Spanyol. Kisahnya menjadi populer di abad ke-17 dan menyebar melalui Eropa. Kisah Don Juan terus dikisahkan hingga hari ini, dan sejarawan masih mencari bukti bahwa ia memang seorangi pria yang pernah hidup pada zamannya..


William Tell

Legenda William Tell berasal di Swiss, di mana ia merupakan pahlawan nasional. Tell adalah seorang kaya raya di Swiss, tetapi sejarawan tidak tahu apakah ia orang yang nyata. Bagian paling terkenal dari legenda adalah saat ketika Tell memanah apel diatas kepala anaknya.






Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment