Sebelum beralih ke teknologi 4G, kenali dulu kelebihan & kekurangannya

Katanya jaringan 4G memang lebih cepat melesat ketimbang 3G. Benar nggak, ya?


Teknologi semakin berkembang, membuat kecanggihan jaringan ponsel 3G mulai tergeser oleh 4G. Beberapa waktu belakangan, kamu pasti sering banget lihat iklan atau dapat SMS iklan dari operator selulermu tentang jaringan ponsel 4G. Katanya jaringan 4G memang lebih cepat melesat ketimbang 3G. Benar nggak, ya?

Nah, daripada bingung, mending kenali dulu kelebihan dan kekurangan 4G, seperti yang dilansir brilio.net dari About, Sabtu (12/12) berikut ini.

Keuntungan

1. Keuntungan yang paling jelas dari jaringan selular 4G adalah kecepatan yang wow banget. Peningkatan bandwidth menyebabkan kecepatan transfer data lebih cepat, yang menguntungkan pengguna ponsel. Keuntungan itu adalah konektivitas tak terganggu terlebih untuk fungsi-fungsi seperti video chatting dan konferensi. Mengingat para generasi muda banyak menjadi pengguna ponsel, mereka bisa lebih maksimal dalam memanfaatkan streaming musik, video, dan film di tingkat yang lebih cepat daripada sebelumnya. Selain itu, lebih cepat pula dalam berbagai informasi secara online.

2. Jaringan 4G menawarkan lebih banyak cakupan dari sistem lain seperti WiFi, yang memaksa pengguna untuk bergantung pada hotspot di setiap daerah yang dikunjungi. Jaringan 4G juga menawarkan cakupan area 30 mil bahkan lebih, membuat pengguna dapat lebih puas dalam menikmati jaringan konektivitas.

3. Salah satu masalah terbesar dengan jaringan WiFi adalah masalah keamanan online, terutama untuk ponsel. Nah, jaringan 4G menawarkan privasi lengkap, keamanan, dan keselamatan. Hal ini bermanfaat terutama untuk pendirian perusahaan dan pengusaha, yang memegang informasi sensitif pada ponsel mereka masing-masing.

4. Jaringan 4G mulai menyebar ke banyak wilayah dan memiliki skema harga yang sedikit lebih mahal. Namun begitu, keuntungan yang ditawarkan tetap lebih baik daripada penggunaan WiFi yang secara biaya lebih murah.

5. Jaringan 4G memungkinan penggunanya memilih dalam hal rencana dan peralatan untuk menghubungkan ke 4G. Banyak operator seluler yang menawarkan penawaran pengantar khusus untuk pelanggan baru. Kamu sudah pernah dapat SMS penawaran ini, kan?

Kerugian

1. Meskipun konsep jaringan seluler 4G terus populer dan gencar banget iklannya, ternyata konektivitasnya masih terbatas pada operator tertentu dan wilayah tertentu. "Kecepatan akses 4G di Yogyakarta belum stabil, padahal termasuk area kota. Beda pas minggu lalu saya ke Jakarta, jaringannya sudah oke," ungkap Marlina (25), seorang fashion stylish asal Yogyakarta.


Namun begitu, ke depannya akan ada pemantapan koneksi jaringan 4G, mengingat 4G masih permulaan di Indonesia. Sehingga butuh waktu untuk kestabilan jaringannya.


2. Jaringan 4G butuh beberapa antena dan pemancar sehingga membuat daya tahan baterai lebih lemah. Maka dari itu, 4G harus diterapkan pada perangkat mobile yang daya tahan baterainya lebih kuat dan lama, agar dapat tetap online dalam waktu yang lama. Maka tak heran pula, jaringan 4G juga lebih kompatibel untuk ponsel tertentu seperti iPhone 5S, Samsung Galaxy S4, dan HTC One.


3. Meskipun perangkat keras (ponsel) yang kompatibel dengan jaringan 4G sekarang tersedia dengan harga yang jauh lebih murah, kenyatannya bahwa ponsel tersebut harus diinstall khusus supaya dapat dipakai untuk menggunakan 4G. Hal ini akan terbukti menjadi proses rumit bagi sebagian besar operator seluler yang berencana meluncurkan layanan serupa.


4. Kamu tetap akan perlu menggunakan jaringan seluler 3G atau WiFi sekalipun ponselmu sudah 4G kalau kamu berada di area yang belum punya koneksi dengan 4G, mengingat poin pertama tadi, jaringan belum stabil dan belum di semua wilayah.





Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment