Nabi Menganjurkan Kamu Untuk Tidur Miring ke Kanan Ternyata ini 10 Manfaat Luar Biasa yang Akan Kamu dapatkan



Tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan merupakan anjuran dari Nabi Muhammad SAW. Beliau melakukan hal ini ternyata mempunyai alasan tersendiri. Salah satunya adalah memberikan efek baik untuk kesehatan.

Lalu, apa manfaat yang dapat kita ambil? Inilah 10 manfaat yang akan kamu rasakan jika kamu tidur dengan posisi ke arah kanan:

1. Dapat menjaga saluran pernapasan

Saat seseorang tidur posisi miring, maka lidah tidak akan jatuh ke pangkal mulut sehingga dapat menjaga saluran pernapasan. Sedangkan mereka yang tidurnya dalam posisi telentang dapat mengganggu saluran pernapasan akibat letak lidah yang menghalang.

2. Menjaga kesehatan jantung

Posisi tidur miring ke arah kanan ternyata dapat membuat jantung yang berada di bagian kiri tidak tertindih oleh organ lainnya. Sehingga jantung akan tetap terjaga.

3.Menjaga kesehatan paru-paru

Perlu diketahui, paru-paru kanan dalam tubuh manusia lebih besar daripada paru-paru sebelah kiri. Jika kamu tidur ke arah kanan, maka posisi jantung pun akan ikut ke arah kanan. Meski begitu, hal ini tidak akan menimbulkan masalah karena paru-paru kanan sendiri berukuran lebih besar.

4.Megistirahatkan otak bagian kiri

Saat umat muslim melakukan aktivitas sehari-harinya biasanya menggunakan organ tubuh bagian kanan. Kumpulan syaraf yang menggerakkan tubuh bagian kanan terdapat di otak kiri. Dengan tidur pada posisi miring ke kanan, otak bagian kiri akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat terhambatnya sirkulasi darah.

5. Mengurangi beban jantung

Posisi tidur miring ke arah kanan dapat membuat beban aliran darah yang masuk dan keluar jantung akan lebih rendah. Artinya, membuat denyut jantung lebih lambat dan tekanan darah pun ikut menurun. Sehingga tidur kamu akan lebih berkualitas dan lebih baik.

6. Dapat mengistirahatkan lambung

7. Dapat meningkatkan proses pengosongan kantong empedu dan pankreas

8. Dapat meningkatkan penyerapan zat gizi

Dengan posisi tidur miring, dapat meningkatkan penyerapan gizi lebih optimal. Sebab posisi usus halus dan usus besar berada di bawah. Sehingga makanan telah dicerna dan siap diserap akan menjadi lebih lama.

9. Melancarkan buang air besar

Dalam kondisi tertidur miring ke kanan, dapat membuat proses pengisian usus besar sebelum anus akan lebit cepat penuh. Hal ini disebabkan gerak usus besar yang dirangsang kemudian diikuti relaksasi dari otot anus sehingga keinginan untuk buang air besar lebih cepat.

10. Mengistirahatkan kaki kiri

Sebagian orang sering menggunakan kaki kirinya sebagai pusat pembebanan. Nah, jika orang tersebut malam harinya tertidur dengan posisi miring ke sebelah kanan, maka pengosongan vena kaki kiri akan lebih cepat sehingga rasa pegal akan lebih cepat hilang.






Sumber:

palingseru
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment