Misteri Dibalik Pegunungan Rinjani


Pegunungan Rinjani

Surga bagi para pecinta alam dan para pendaki gunung adalah gambaran dari Gunung Rinjani ini. Para pendaki dapat menempuh jalur senaru dan jalur pendakian sembalun, yang rata-rata harus ditempuh dalam waktu sekitar 7 – 10 jam. Ini karena jarak yang di tempuh kurang lebih 8 kilometer, yang dilakukan dengan berjalan kaki sambil menikmati pemandangan Gunung Rinjani. Ada pula objek wisata lain di sekitar Gunung Rinjani yaitu Danau Segara Anak yang merupakan hulu sungai Koko Puteq, dimana kebanyakan orang menggunakannya sebagi tempat meditasi. Danau inipun dimanfaatkan sebagian wisatawan untuk berkemah, mancing dan penduduk Lombok pun sendiri sering mengunjungi tempat tersebut untuk memanjakan diri berendam di kolam air panas.


Tapi dibalik keindahan gunung Rinjani, ada sebuah misteri yang tak pernah terkuak. Misteri yang berhubungan dengan alam gaib dan para penghuni-penghuni awal gunung Rinjani yang berwujud halus. Pada artikel ini, kita akan mengesampingkan keindahan gunung Rinjani untuk sejenak dan membahas kisah misteri ini.


Berikut ini adalah misteri dibalik Pegunungan Rinjani.



Gunung Rinjani masih merupakan gunung merapi aktif yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani ini juga adalah gunung tertinggi ketiga yang memiliki titik tinggi tertinggi 3.726 m dpl. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung merapi yang terletak pada lintang 8°25’ LS dan 116°28’ BT luas 41.330 ha dengan pemandagan yang luar biasa indahnya dan saat ini masih dalam perluasan area. Secara stratigrafi, aktivitas gunung ini adalah pembangunan kembali dari pembentukan kadera. Seperti kita ketahui bersama sejak tahun 1847 telah terjadi peletusan sebanyak 7 kali dengan istrahat terpendek minimal 1 tahun dan terpanjang itu 38 tahun.


Dipercayai penduduk serta masyarakat Lombok, puncak Gunung Rinjani ini dihuni oleh sosok ratu jin yang bernama Dewi Ajani. Menurut cerita rakyat, Ratu Dewi Anjani ini adalah Putri Raja yang memiliki kisah cinta yang tak sampai lantaran keluarga kerajaan melarangnya menikah dengan pujaan hatinya yang bukan dari keturunan seorang raja. Sehingga akhirnya Dewi Anjani inipun menghilang di sebuah titik mata air yang bernama Mandala. Makanya saat ini masyarakat Lombok sangat percaya bila Dewi Anjani menjadi penguasa dunia gaib di puncak gunung tersebut. Tempat bersemayam ratu jin ini disebut Segara Muncar. Katanya pada waktu tertentu istana ratu jin tersebut dapat dilihat dengan kasat mata.



Dipengunungan rinjani ini pun terdapat tempat–tempat yang diyakini tidak dapat dilewati oleh orang-orang karena memiliki kekuatan gaib. Konon, pernah ada seseorang tidak percaya dan memasuki tempat tersebut, membawa perlengkapan yang cukup canggih agar dapat kembali pulang tapi alhasil diapun menghilang dan tak pernah ditemukan. Kisah yang sama pernah terjadi pada 2 wisatawan Kanada di danau. Dengan keberaniaan cukup besar mereka ingin membuktikan kebenaran cerita rakyat setempat. Mereka berenang dari tepi ke tengah-tengah danau tersebut dan akhirnya hampir mati tenggelam. Mereka tau bahwa air di danau itu tak terlalu dalam, tapi seakan-akan ada yang menarik kaki mereka dari dasar danau tersebut.


Di kisah lain diceritakan juga tentang seorang wisatawan Jepang yang mondar-mandar di tepian danau ini mencari sepatunya yang hilang sebelah. Dia pun berjalan ke tengah danau dan tak pernah muncul lagi setelah itu. Setelah beberapa hari kemudian barulah jasadnya ditemukan mengapung di permukaan danau.


Sebagai orang Indonesia, cerita mengenai penghuni halus pegunungan seperti ini sudah sering kita dengar sebelumnya. Banyak orang yang mengakui bahwa kejadian-kejadian mistis seperti ini terjadi di hadapan mereka sendiri, sehingga sulit untuk tidak percaya walaupun logika berusaha menolak. Jika Anda gemar mendaki gunung, silahkan kunjungi pegunungan Rinjani dan buktikan sendiri.






Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment