Inilah 10 Planet Paling Ekstrim Di Galaksi

Galaksi kita ini adalah tempat luas yang dipenuhi dengan banyak misteri. Berbagai planet asing baru terus ditemukan untuk mencari bumi kedua namun sayangnya berbagai alasan ekstrim seperti suhu, atmosfer, dan gravitasi menyebabkan planet-planet terebut tidak dapat dihuni. Walaupun begitu penemuan tersebut terus menjadi penemuan mengagumkan yang terus memecahkan rekor planet di tata surya. Berikut adalah daftar 10 planet asing paling ekstrim di galaksi.

10. Kepler-10c - Terbesar


Dikenal sebagai planet terbesar yang ada di galaxy kita ini. Dengan ukurannya yang mencapai 2,3 kali lebih besar daripada bumi, planet ini dijuluki dengan nama Neptunus Mini. Ukurannya mungkin hanya 2 kali lipat bumi, tapi massanya ternyata 17 kali lebih berat daripada bumi. Massa yang jauh lebih berat tersebut disebabkan karena planet ini penuh dengan batu-batu dan berbagai benda padat lainnya. Sebagai gambaran, 71% bumi kita ini terdiri dari air dan itu hanya 0.02% dari total massa planet bumi. Jadi bayangkan saja jika hal itu dibalik dan keseluruhan sebuah planet ditutupi oleh benda-benda padat seperti Kepler-10c ini.

Ditemukan pada 23 Mei 2011, atmosfer planet ini sebagian besarnya terdiri atas helium dan hidrogen layaknya planet Saturnus dan Neptunus. Walaupun tidak seburuk Neptunus, Kepler-10c juga bukan planet yang dapat menjadi bumi kedua.

9. BD+20 1790b - Termuda


Lahir kira-kira 35 juta tahun yang lalu membuat planet bumi kita berumur 100 kali lebih tua dibandingkan dengan sebuah planet termuda di galaksi yang baru bernamakan BD+20 1790b. Dikarenakan umur planet yang masih sangat muda, planet masih sangat aktif ketimbang planet-planet lainnya layaknya bintang baru. Pada planet muda ini akan terlihat sejenis sunspot dan solar flare layaknya bintang baru yang baru terbentuk. Fenomena-Fenomena seperti sunspot dan solar flare inilah yang membuat para ilmuwan mengalami kesulitan dalam mencari tahu apakah planet ini memiliki kembaran sejenis atau tidak.

8. Kapteyn B - Tertua


Setelah membahas planet termuda, sekarang saatnya kita membahas yang lebih ekstrim soal usia yaitu planet tertua yang ada di galaxy bernama Kaptetyn B. Kaptetyn B sendiri pernah dikategorikan sebagai planet yang masuk dalam zona planet yang mungkin dapat dihuni. Hal ini karena ada berbagai asumsi bahwa air mungkin dapat ditemukan di permukaan planet ini.

Baru ditemukan pada tahun 2014 lalu, Kaptetyn B diperkirakan telah ada sejak 11.5 miliar tahun yang lalu, bahkan mungkin lebih tua daripada tata surya kita ini. Planet asing ini mungkin adalah planet tertua kalau planet ini memang benar-benar ada. Sebuah argumen mengatakan bahwa ternyata planet ini sebenarnya hanyalah kumpulan cahaya bintang yang kebetulan menyerupai rotasi dan orbit sebuah planet. Belum diketahui argumen mana yang benar.

7. OGLE-2005-BLG-390Lb - Terdingin


Merupakan planet yang memiliki titik dingin paling ekstrim di galaxy kita ini, tepatnya dengan suhu yang mencapai -200 derajat celcius. Titik dingin ini tentu juga berarti bahwa letak planet ini sangatlah jauh dari pusat panas tata surya kita, yaitu matahari. Diperlukan waktu 10 tahun planet bumi hanya untuk melakukan 1 kali orbit. Memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari planet bumi, planet yang namanya sangat sulit diucapkan ini juga berhasil memecahkan rekor sebagai planet terjauh dari bumi dengan jarak mencapai 28.000 tahun cahaya.

Keberadaannya pertama kali diketahui pada tahun 2005 dari sebuah teleskop observatorium namun baru secara resmi diberitahukan keberadaannya pada tahu 2006, tepatnya di 25 Januari 2006.

6. Kepler 70b - Terpanas


Kepler 70b adalah planet yang memiliki banyak rekor ekstrim, bukan hanya 1 saja. Dikenal sebagai planet dengan suhu tertinggi yang mencapai lebih dari 7.000 derajat celcius, planet ini juga memiliki orbit yang sangat dekat dengan matahari. Mungkin alasan itulah yang membuat planet ini memiliki panas yang sangat ekstrim. Sebagai perbandingan, planet ini memiliki jarak 65 kali lebih dekat daripada Merkuri ke matahari, yang kebanyakan dari kita mengenal Merkuri sebagai planet terbesar pertama dari matahari.

Berbeda dibandingkan planet-planet lainnya, biasanya jika sebuah planet berubah warna menjadi merah dan membesar maka planet tersebut berarti akan meledak. Namun hal itu tidak berlaku bagi planet Kepler 70b ini. Planet ini dapat kembali stabil dan mengecil ke ukuran semula dengan melepaskan gas-gasnya ke atmosfir.

5. GJ 1214b - Terbasah


GJ 1214b merupakan planet asing di galaxy yang memiliki ukuran lebih besar dari Bumi dan juga jumlah keseluruhan massa air yang jauh lebih besar daripada bumi. Massa planet ini bukan berasal dari bebatuan melainkan dari air karena hampir keseluruhan planet ini terdiri dari air. Meskipun planet ini sebagian besarnya terdiri dari air, permukaan planet ini memiliki suhu yang lebih tinggi daripada suhu bumi. Hal tersebut dikarenakan air yang ada di planet tersebut bukanlah air H2O yang kita kenal, para ilmuwan menemukan bahwa air pada planet ini bukanlah air biasa.

Banyaknya jumlah air yang dimiliki oleh GJ 1214b ini bisa jadi dikarenakan karena planet ini berlokasi jauh dari pengaruh matahari. Secara perlahan jumlah kandungan air di galaxy masuk ke dalam planet ini dan mengakibatkan massa planet ini naik. Para peneliti percaya bahwa pada tahun 2018 mereka akan berhasil mempelajari planet ini lebih mendalam lagi.

4. COROT-Exo-7b - Tercepat


Corot-Exo-7b atau dikenal sebagai Corobt-7b merupakan planet yang memiliki berat sama dengan bumi namun lingkungannya sangatlah berbeda jauh dan memang sudah pasti tidak akan Anda tinggali. Memiliki lebar yang tidak sampai 2 kali dari bumi, udara di planet ini sangatlah penuh dengan benda-benda padat seperti batu-batuan. Bahkan udaranya mengandung unsur baru yang dikenal dengan nama uap batu.

rekor lKetika bumi kita memerlukan waktu 8.766 jam atau tepatnya 1 tahun untuk melakukan 1 kali orbit, sedangkan Corot-7b ini hanya membutuhkan waktu 20 jam untuk melakukan 1 kali orbit. Planet dengan orbit tercepat ini memang bukan planet dengan suhu terpanas, tapi suhunya yang mencapai 1.500 derajat celcius ini masih tergolong dalam kategori panas yang mampu menjadi saingan bagi planet yang memiliki suhu tinggi juga. Para ilmuwan percaya bahwa suhu panas planet ini berasal dari lava yang menutupi permukaan planet.

3. KOI-314c - Teringan


Dikenal juga sebagai Kepler-138, planet KOI-314 adalah planet menyerupai bintang kecil yang memiliki jarak setidaknya 200 tahun cahaya dari Bumi. Juga merupakan planet asing paling ringan yang pernah ditemukan. Terlepas dari massanya yang sama dengan bumi, atmosfer planet ini terdiri dari 60% hidrogen dan helium lebih banyak dari yang dimiliki bumi kita ini membuatnya planet yang sangat ringan walaupun adalah planet berbatu.

Salah satu hal yang menarik adalah planet KOI-314c ini memiliki tetangga dekat yang menyerupai KOI-314c hanya saja sifatnya ia lebih berlawanan daripada KOI-314c. Diberi nama 314b, ia adalah planet yang tidak seperti 314c dimana 314b ini memiliki tingkat kepadatan yang lebih tinggi membuatnya lebih berat daripada 314c. Beratnya diperkirakan 4 kali lebih berat daripada massa bumi kita ini.

2. TrES-2b - Tergelap


Sebagian dari kita mungkin mengetahui bahwa planet Merkuri adalah planet tergelap yang ada di tata surya kita, namun ternyata masih ada planet asing lain yang lebih cocok dijuluki sebagai planet tergelap. Planet tersebut ditemukan oleh para ilmuwan ini dan diberi nama TrES-2b namun dikenal juga sebagai Kepler-1b. Merupakan planet tergelap mengalahkan Merkuri padahal jaraknya yang cukup dengan matahari.

Merkuri yang disebut sebagai planet gelap hanya mampu memantulkan cahaya matahari sebesar 10%, hanya dari sana saja para ilmuwan beranggapan bahwa planet merkuri adalah planet tergelap yang pernah ada. Namun pendapat itu berubah sejak ditemukannya planet TrES-2b. Dengan atmosfer yang sebagian besar terdiri dari sodium dan titanium oxida, TrES-2b hanya mampu memantulkan cahaya matahari tidak lebih dari 1%. Hal ini menyebabkan TrES-2b resmi sebagai planet tergelap di Galaxy. Tertarik berkunjung?

1. Fomalhaut B / Planet Zombie - Teraneh


Inilah peringkat 1 sebagai penemuan planet paling aneh yang pernah diketahui hingga sekarang. Pada tahun 2008, para ilmuwan mengira bahwa awalnya planet ini hanya sekumpulan awan debu biasa sampai akhirnya di balik keumpulan awan debu tersebut munculah sebuah planet. Diberi nama Fomalhaut B atau lebih dikenal sebagai planet zombie karena kemunculannya yang bagaikan bangkit dari kematian.

Planet ini memiliki jalur orbit yang sangat aneh. Kebanyakan dari Anda pasti mengetahui bahwa orbit sebuah planet biasanya berbentuk elips, tapi bagaimana jika bentuk orbitnya adalah zig zag? Planet Formalhaul B inilah yang memiliki orbit zig zag tersebut. Dugaan muncul bahwa orbitnya yang aneh itu disebabkan karena adanya jarak yang cukup besar antara awan debu dengan es yang mengelilingi matahari membuat orbit Formalhaul seakan-akan zig zag untuk menghindari hal-hal tersebut. Hal ini menimbulkan dugaan baru bahwa ada planet lain yang orbitnya berdekatan dengan Fomalhaut B.




Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment