Ini Yang Terjadi Jika Seluruh Dunia Pakai Bahasa Indonesia




Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang dipakai oleh orang-orang Indonesia, meskipun orang Indonesia itu sendiri masih banyak memakai bahasa daerahnya masing-masing. Namun bagaimana jika bahasa Indonesia merupakan satu-satunya bahasa yang ada, dan digunakan di seluruh dunia? Kira-kira inilah yang akan terjadi.

1. KOMPETISI YANG KETAT DI DUNIA KERJA

Ilustrasi dunia kerja (Kaskus)

Jika seseorang berbicara dalam bahasa yang berbeda, kompetisi di dunia kerja akan berkurang karena faktor keterbatasan bahasa. Misal, suatu perusahaan hanya menerima pegawai yang mahir berbahasa Indonesia, maka orang Jepang yang tidak berbicara bahasa Indonesia akan kesulitan melamar kerja di perusahaan tersebut. Tapi, jika seluruh dunia hanya mengenal bahasa Indonesia, maka penduduk lokal Indonesia harus bersaing dengan pendatang dari berbagai negara yang juga mahir berbahasa Indonesia. Hal ini akan menggilas mereka yang lemah dan malas meski mereka adalah penduduk asli suatu negeri.

2. HILANGNYA PROFESI PENERJEMAH

Ilustrasi pekerjaan (Kaskus)

Sebagaimana kita tahu, ragam bahasa di dunia memberikan peluang bagi mereka yang memiliki keahlian di bidang ini. Di antara pekerjaan yang mengandalkan kemampuan bahasa antara lain penerjemah, pemandu wisata, lembaga kursus bahasa, penerbit kamus, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana jika di dunia ini hanya ada bahasa Indonesia? Tentunya kita tidak akan pernah mengenal istilah-istilah di atas.

3. SULIT MENJAGA RAHASIA

Jaga rahasia (Kaskus)

Dalam film mata-mata, banyak sandi-sandi yang dibuat dengan bahasa yang berbeda. Orang Amerika akan kesulitan jika musuhnya berbicara dalam bahasa Rusia. Mereka memerlukan alat bantu untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris. Namun hal itu tidaklah sulit jika di dunia ini hanya ada bahasa Indonesia. Orang-orang akan sulit menjaga rahasia, karena semua paham apa yang kita bicarakan.

4. INTEGRITAS NEGARA KECIL TERANCAM

Masyarakat Eropa (Kaskus)

Sebelumnya pernah dibahas mengenai akan adanya negara-negara baru yang akan muncul, namun yang belum dibahas adalah negara Belgia yang diisukan akan terbagi dua karena masyarakat Flandermerasa memiliki bahasa dan kebudayaan yang berbeda dengan penduduk bagian lain di sebelahnya. Dari situ dapat ditarik kesimpulan bahwa bahasa merupakan identitas penting suatu negara. Maka, jika di dunia ini seluruh negara berbicara dalam satu bahasa, bahasa Indonesia, dapat dipastikan bahwa negara kecil itu akan tergerus karena penduduknya meminta pemerintahnya bersatu dengan negara sebelahnya.

5. SERANGAN NEGARA ADIDAYA

Ilustrasi serangan (Kaskus)

Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa negara besar akan berebut pengaruh terhadap negara kecil. Hal ini sudah terjadi berabad-abad lalu di mana negara adikuasa memperebutkan negara kecil untuk dijadikan koloninya. Hal ini juga akan terjadi jika di dunia ini hanya ada bahasa Indonesia. Boleh jadi Amerika akan turut campur dalam pemerintahan negara-negara kecil di Asia yang tidak memiliki identitas karena kesamaan bahasa.

6. MEMBOSANKAN

Menguap (Kaskus)

Dengan adanya kesamaan bahasa, maka hidup akan terasa membosankan. Kita tidak bisa membuat perbandingan karena semua orang menggunakan bahasa yang sama. Tak ada lagi keseruan belajar huruf Jepang atau Korea, atau belajar bahasa Prancis. Tentu akan berbeda sensasinya jika kita hidup di dunia yang penuh warna.






Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment