Harta Karun Perang Dunia Kedua Yang Masih Belum Ditemukan

Harta karun adalah sejumlah besar dari kekayaan yang tersembunyi dan tidak diketahui asal dan usulnya. Penyimpanan harta karun yang dilakukan ini biasanya bertujuan untuk menyembunyikan kekayaannya dalam sebuah tempat yang tersembunyi agar tidak bisa dijarah oleh penjajah. Tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat beberapa misteri dari harta karun di dunia ini bisa terungkap keberadaannya. Dalam perang dunia ke 2 beberapa koloni yang menerima kekalahan akan menyetorkan kekayaan mereka kepada penjajah dan sebagian akan disembunyikan dan tidak bisa diambil karena sesuatu hal yang tidak kita ketahui dan menjadi harta karun yang misterius. Tak berlama lama berikut harta karun perang dunia ke 2 yang masih belum ditemukan.
Harta Karun Amber Room

Amber room via wikipedia.org 

Amber Romm digambarkan sebagai keajaiban dunia ke-8 oleh orang - orang yang pernah melihatnya. Amber Room merupakan harta karun paling unik di sepanjang sejarah. Bangunan yang di bangun pada tahun 1709 ini merupakan tempat Raja Prusia sampai ia memberikannya sebagai hadiah untuk Tsar Rusia Peter Agung pada 1716. Amber Room merupakan sebuah ruangan berukuran 11 kaki persegi, terdiri dari panel - panel dinding berukuran besar yang bertatahkan beberapa ton batu Amber yg luar biasa, cermin - cermin besar yang di sisi - sisinya terdapat dedaunan yang terbuat dari emas, serta empat buah mozaik Florentine yg luar biasa indahnya. Tersusun dalam 3 tingkat, ruangan tersebut bertatahkan permata - permata yang tak ternilai harganya. Di dalamnya tersimpan berbagai koleksi benda seni buatan Prusia dan Rusia yg paling berharga. Bangunan ini tetap berada di Rusia selama lebih dari dua ratus tahun dan kemudian menghilang.

Ketika Nazi menyerbu Leningrad (St Petersburg) pada tahun 1941, Soviet berusaha menyembunyikan harta karun terkenal mereka. Tp bagaimanapun, Nazi tidak mudah tertipu. Hanya butuh waktu 36 jam untuk mengambil isi Amber Room ke dalam peti, dan dengan kereta dibawa menuju kota Jerman Konigsberg. Ketika perang berakhir pada 1945, Soviet mencoba merebut kembali Amber Room. Tapi keajaiban kedelapan Dunia tidak pernah terlihat lagi. Lebih dari enam puluh tahun terakhir, banyak rumor yang tak terhitung mengenai keberadaan Amber Room. Ada yang bilang hancur dalam pemboman Konigsberg dan ada yang menyatakan bahwa itu terkubur di suatu tempat di Pegunungan Bijih atau terkubur di sebuah kapal selam yang tenggelam ke dasar Laut Baltik.
Tapi sekarang, pemburu harta karun Jerman mengatakan bahwa mereka telah menemukan sebuah gua bawah tanah terlupakan yang beriisi emas Nazi. Mereka yakin bahwa Amber Room juga tersembunyi di dalam. Namun membuka gua akan sulit, karena diketahui bahwa Nazi memasang ranjau di harta mereka dengan bahan peledak. Pada tahun 1979, dimulai upaya membangun kembali Amber Room di Tsarskoye Selo berdasarkan foto hitam putih dari Amber Room asli. Kesulitan keuangan proyek ini terselesaikan dengan sumbangan sebesar US$ 3,5 juta dari perusahaan Jerman, Ruhrgas AG. Pada tahun 2003, saat ulang tahun kota yang ke – 300, Amber Room baru ini diresmikan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Kanselir Jerman, Gerhard Schroder di Istana Catherine, Saint Petersburg, Rusia.

Harta Karun Kereta Emas Nazi

Kereta Emas Nazi via indiatimes.com 

Pernah sangat jumawa, pada akhirnya Nazi adalah pihak yang menderita kekalahan di Perang Dunia II. Meskipun demikian, bukan berarti organisasi besar itu menyerahkan semua milik mereka kepada para pihak yang menang. Ada satu benda yang mungkin adalah peninggalan terbesar mereka dan kini tengah dicari-cari oleh banyak orang. Ya, benda ini adalah sebuah gerbong kereta. Bukan gerbong biasa, namun lengkap dengan muatannya yang berisi emas yang diperkirakan berjumlah 300 ton. Jika dikonversikan dalam bentuk uang jumlahnya sekitar $ 10 miliar saat ini. Tahu jika benda ini akan dicari-cari orang suatu saat nanti Nazi pun menyimpan gerbong kereta ini dengan sangat rapi. Kabar terakhir menyebutkan jika kemungkinan harta tersebut disimpan di suatu tempat di Polandia. Kereta ini sendiri hanya sekali saja dilihat oleh mata. Itu pun di tahun 1945 lalu.

Harta Karun Yamashita

Harta Karun Yamashita via merdeka.com 

Disebut harta karun Yamashita karena harta ini merupakan peninggalan tentara Jepang ketika perang dunia ke II, yang dipimpin oleh Jenderal Tomoyuki Yamashita yang menguasai Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Philipina, dan Thailand. Saat dia berkuasa, Jepang melakukan sebuah operasi yang dikenal dengan operasi Kin no yuri (Golden Lily). Operasi ini bertujuan untuk menyediakan dana perang bagi Jepang, dan tentara Jepang mulai mengumpulkan seluruh harta (emas, dll) dari setiap daerah jajahan. Sampai saat Jepang menyerah, harta – harta tersebut masih terkubur rapi di bawah tanah, walaupun sebagian sudah ditemukan.

Diperkirakan lokasi tempat harta ini berada di sebuah Teluk di Philipina, tersembunyi di gua-gua, terowongan dan kompleks bawah tanah. Banyak yang percaya akan adanya harta di tempat ini, tapi karena medannya telah berubah, harta ini semakin sulit dicari. Di samping itu, banyak dari mereka yang tahu lokasi jarahan terbunuh selama perang, atau kemudian diadili oleh Sekutu atas kejahatan perang dan dieksekusi atau dipenjara. Yamashita sendiri dieksekusi karena kejahatan perang pada tanggal 23 Februari 1946.

Harta Karun Awa Maru


kapal awa maru 1944 via wrecksite.eu 

Ama Maru adalah sebuah kapal barang milik Jepang yang didesain oleh Palang Merah Internasional. Tujuannya sendiri bukan untuk berperang, tapi mengangkut para korban yang terluka. Awa Maru sendiri memang mengangkut obat-obatan dan juga alat-alat medis. Namun, diduga pula jika kapal ini mengangkut harta. Selain emas dan platinum, ada pula satu peti penuh permata. Tak hanya itu, dipercaya pula jika Awa Maru mengangkut fosil Manusia Peking, di mana rangkanya adalah missing link dari evolusi manusia yang dicari-cari banyak ilmuwan sekarang. Bisa dibilang yang satu itu tidak ternilai harganya. Sedianya Awa Maru akan menuju Singapura, sayangnya ketika hendak merapat kapal ini justru ditorpedo oleh kapal selam Amerika. Awa Maru pun tenggelam bersama semua harta yang ada di dalamnya. Harta ini pun jadi rebutan banyak negara, bahkan China sampai menganggarkan $ 100 juta namun tak satu butir permata pun mereka temukan. Konon tempat tenggelamnya kapal ini ada di sekitar perairan Singapura.

Harta Karun Benteng Alpine
Harta Karun Benteng Alpine via schwingeninswitzerland.wordpress.com 

Benteng yang diketahui milik Nazi ini konon katanya menyimpan banyak harta, antara lain emas dan juga permata. Lokasinya sendiri diduga ada di Bavaria dan terkubur selama puluhan tahun. Dikatakan jika harta yang ada di Benteng Alpine ini digunakan untuk pembiayaan operasi-operasi militer penting Nazi. Uniknya, petunjuk keberadaan harta ini bisa diketahui dari sebuah notasi orkestra bernama March Impromtu yang dibuat oleh komposer Goofried Federlein. Ada sebuah not-not unik yang letaknya terpisah antara satu sama lain dan konon jadi petunjuk mengenai lokasi ini. Jika ini benar, Nazi harus diakui memang benar-benar tahu cara menyimpan harta. Sayangnya, belum ada satu pun yang bisa mengartikan not-not ini dan berhasil menemukan sebuah lokasi.




Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment