Banyak minum air putih bikin keringat membanjir?



Ilustrasi air putih. Shutterstock/pixfly

 Banyak saran kesehatan yang memberitahu Anda untuk selalu minum air banyak air demi menjaga kesehatan. Tak hanya mampu memurnikan pikiran, namun minum banyak air juga akan membuat kulit Anda selalu bersih.

Namun baru-baru ini, para ahli kesehatan justru meminta Anda memperhatikan asupan air putih Anda. Tak hanya mampu menyebabkan masalah untuk ginjal Anda, namun minum secara berlebihan juga dapat menyebabkan munculnya keringat secara berlebihan atau yang dikenal dalam istilah medis dengan sebutan hiperhidrosis.

"Ratusan pasien datang pada saya setiap tahunnya dan ingin melakukan operasi mengangkat kelenjar keringat dalam tubuhnya sebab mereka merasa keringatnya terlalu berlebihan. Namun sebelum melakukan operasi tersebut, saya melakukan observasi dan menemukan bahwa mereka menderita hiperhidrosis," terang Profesor Mark Whiteley, seorang ahli bedah vaskular di The Witheley Clinic, London.

"Sebenarnya selain lewat air putih, Anda pun telah mendapatkan asupan cairan dari makanan atau kopi dan teh yang Anda minum setiap harinya. Minum air lebih dari 2 liter per hari jelas tidak dibenarkan secara medis. Sebab hal tersebut akan membebani kerja ginjal. Ginjal harus bekerja ekstra keras untuk menyingkirkan beban cairan ini. Dan kemudian air akan keluar secara berlebihan bagi mereka yang menderita hiperhidrosis," lanjutnya.

"Sebenarnya hiperhidrosis tidak menimbulkan kesehatan yang serius. Namun gangguan ini mampu menimbulkan ketidaknyamanan pada seseorang dan ketidaknyamanan sering berdampak negatif pada kualitas hidup."




Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment