AS Siap Ciptakan Pesawat Induk ‘Avengers’ yang Parkir di Angkasa

Bagi penggemar film “The Avengers”, pasti tahu pesawat helicarier. Pesawat induk itu adalah pesawat yang digunakan oleh Captain America, Hulk, dan Iron Man, sekaligus tempat untuk meluncurkan pesawat dari angkasa.

Nantinya, pesawat itu akan berada di dunia nyata, tak lagi dalam dunia khayalan atau fantasi belaka. Pasalnya, The Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) atau lembaga penelitian Pentagon, Amerika Serikat, berniat mewujudkannya.

Pentagon (Thehill)

Menurut pertimbangan DARPA, sebuah operasi udara membutuhkan biaya dan risiko yang sangat mahal. Baik risiko kehilangan pesawat tempur maupun jiwa pilot. Masalah ini sebenarnya sudah bisa diatasi dengan penggunaan pesawat tanpa awak. Namun masalah lainnya muncul. Drone alias pesawat tanpa awak tak bisa terbang dengan jarak yang jauh. Sehingga kemampuannya terbatas.

Kemudian mereka memutuskan untuk menciptakan helicarier ini. Pesawat induk ini nantinya direncanakan untuk membawa drone-drone dan meluncurkannya dari angkasa. Helicarier ini bisa membawa drone ke manapun, sehingga pesawat tanpa awak itu bisa semakin dekat dengan sasaran operasi.

“Kami ingin menemukan cara untuk membuat pesawat yang lebih kecil, lebih efektif, dan satu ide yang memungkinkan adalah pesawat besar yang ada, dengan modifikasi minimal, untuk menjadi ‘kapal induk di langit’,” kata Dan Patt, manajer program DARPA.

Balon udara pengangkut pesawat (Daily Mail)

Teknologi pesawat induk pengangkut seperti ini bukanlah teknologi baru. Teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1920-an. Saat itu yang digunakan adalah balon udara. Balon udara itu meluncurkan dan menangkap biplanes atau pesawat bersayap ganda melalui kait besar, yang dikenal dengan istilah ‘parasit’, karena pesawatnya tidak masuk ke dalam balon udara, melainkan ‘numpang’ di bawah balon udaranya seperti parasit. Konsep ‘parasit’ ini muncul lagi selama tahun 1950-an setelah Jerman putus asa melakukan percobaan selama Perang Dunia II.

Jika benar helicarier ini terwujud, maka ini artinya Amerika Serikat akan semakin kuat dalam bidang militer. Apakah nantinya semua teknologi yang ada di dalam film “The Avengers” akan menjadi kenyataan? Kita tunggu saja inovasi berikutnya. Siapa tahu nantinya akan ada alat terbang seperti yang dipakai oleh Falcon.


Sumber:
jadiberita

Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment