4 Penemu Alat Musik Modern yang Digunakan Saat Ini






Bisa dikatakan sebagian besar orang di muka bumi ini sangat menyukai musik. Keharmonisaan yang dikeluarkan dari perpaduan beberapa alat musik yang dimainkan oleh segelintir pemusik membawa para pendengarnya merasa tenang dan damai. Seperti yang kita ketahui bersama alat musik telah ada sejak zaman dulu mulai dari alat musik klasik hingga modern. Tapi hanya sedikit yang mengetahui asal-usul maupun siapa yang pertama menemukan alat musik tersebut.

Pembahasan di bawah ini merangkum tentang 4 tokoh penemu alat musik modern yang digunakan saat ini. Antara lain :

1. GAETANO VINACCIA


Beliau adalah penemu Gitar bersenar enam yang berasal dari Naples, Italia. Beliau pertama kali berhasil merakit gitar tersebut pada tahun 1779 yang lalu. Terlahir dari keluarga pembuat senar untuk alat musik Mandolin, beliau menjadi sangat kreatif dalam perakitan gitar tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut sejarah singkat tentang alat musik gitar. Alat musik yang telah berbentuk seperti gitar modern saat ini telah ada sejak zaman dulu yang telah di temukan di Asia Tengah yang dinamai khitara dalam bahasa yunani , berubah menjadi guit (Sangeet dan Tar dalam bahasa sansekerta) yang berarti string atau cord. Penamaan lain untuk alat musik ini juga ditemukan dari bahasa Persia. Mereka menyebutnya ‘qitara’. Tapi setelah diketahui qitara merupakan alat musik menyerupai kecapi yang tergolong kecil. Adapun pendahulu alat musik gitar disebut Vihuela yang merupakan gitar lama Spanyol yang di bawah oleh bangsa Moor pada abad ke-10 tapi perbedaannya dari segi ukuran yang masih kecil.

2. BARTOLOMEO CRISTOFORI


Beliau adalah penemu alat musik Piano. ‘’Gravecembalo Col Piano e Forte’’ merupakan nama yang digunakan untuk menyebut alat musik piano pada zaman dulu. Penyebutannya pun sangatlah rumit dan bila diartikan merupakan sebuah tali clavichord dengan volume yang pelan dan keras. Beliau terlahir pada tanggal 4 Mei 1655 di Italia dan hanya bekerja untuk seorang pecinta musik yakni Pangeran Ferdinando de Medecci.

3. ANDREA AMATI


Beliau adalah penemu alat musik Biola. Saat itu, instrument musik yang satu ini hanya digunakan oleh sebagian orang yang tergolong kalangan menengah ke atas saja. Dikarenakan harga yang cukup mahal dan cara memainkannyapun membutuhkan pelatihan khusus dari tenaga ahli. Sejarahnya, biola bersenar empat ini pertama kali dibuat oleh beliau pada tahun 1555. Para Bangsawan pada zaman beliaupun sangat mengangumi hasil karya tersebut sehingga pada pada tahun 1560 seorang raja Perancis Charles IX memesan biola darinya sebanyak 24 buah.

4. ADOLPHE SAX


Beliau adalah penemu alat musik Saksofon. Beliau merupakan anak dari pembuat alat musik tiup kayu maupun logam. Keahlian ayahnya pun tertular kepada diri beliau. Beliau lahir di Dinant pada tanggal 6 November 1814. Pengalaman beliau pertama kali menciptakan saksofon, yakni sebuah alat musik tiup berbahan dasar metal dengan bentuk kerucut dan ujung peniup berhasil dengan kualitas sangat baik.



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment