17 Foto hasil Photoshop paling geger sepanjang masa

Jika digunakan dengan benar, Photoshop dapat menghasilkan sebuah foto yang orang lain nggak akan menyangka jika itu asli atau palsu.


Photoshop memang bisa menjadi senjata yang powerful. Jika digunakan dengan benar dapat menghasilkan sebuah foto yang orang lain nggak akan menyangka jika itu asli atau palsu. Aplikasi buatan Adobe ini bisa membuat sebuah perbedaan, bisa membuat yang salah menjadi benar atau sebaliknya.


Berikut 17 foto hasil rekayasa Photoshop paling terkenal sepanjang masa, yang brilio.net lansir dari telegraph.co.uk.


1. Poster Keira Knightley dalam film King Arthur




Perbandingan poster Keira Knightley dalam film King Arthur. Kiri untuk yang diterbitkan di Inggris dan Kanan diterbitkan di Amerika.


2. Foto memburu Osama Bin Laden




Foto ini dirilis oleh gedung putih pada tanggal 1 Mei 2011. Foto yang seharusnya adalah terdapat banyak dokumen di meja, kemudian diubah untuk alasan keamanan. Foto itu dirilis ketika Menteri Luar Negeri Hillary Clinton, Presiden Barack Obama dan Wakil Presiden Joe Biden bersama dengan anggota tim Keamanan Nasional menerima update terkait misi yang menewaskan Osama Bin Laden.


3. Misi peluncuran misil Iran




Pemerintah Iran terpaksa mengubah foto peluncuran roket untuk menutupi salah satu roket mereka yang gagal meluncur.


4. Helicopter Shark




Foto dramatis ini muncul pada tahun 2001 dan diklaim menjadi National Geographic Photo of the Year. Namun, terungkap jika ternyata foto itu tipuan dan telah disatukan menggunakan Photoshop. Foto menjadi sangat terkenal yang memiliki halaman Wikipedia sendiri, berjudul Helicopter Shark.


5. Hovercraft militer Korea Utara



Korea Utara juga pernah berulah menggunakan Photoshop. Foto di atas diedit sedimikian rupa sehingga terlihat ada banyak Hovercraft yang mendarat di salah satu pantai di Korea Utara.


6. Barisan pasukan Korut dengan mendiang Kim Jong-il





Pada tahun 2008 dilaporkan bahwa gambar mendiang Kim Jong-il berpose dengan tentara Korea Utara, adalah palsu. Dalam foto tersebut, bayangan dari betis Kim Jong-il jatuh ke arah yang berbeda dibanding bayangan lainnya.


7. Parade pemakaman Kim Jong-il




Pemerintah Korut sepertinya menginginkan foto yang sempurna untuk upacara pemakaman Kim Jong-il. Untuk mengatasi ini pemerintah Korut mengubah foto yang dijepret oleh news agency, Kyodo. Terlihat beberap fotografer di bagian kiri dihilangkan.


8. Foto palsu James Purnell




Pada tahun 2007, Sekretaris Budaya Inggris James Purnell muncul terlambat dalam pemotretan untuk mempromosikan perkembangan baru di sebuah rumah sakit Tameside, Inggris. Akibatnya foto yang tanpa dirinya harus diedit agar ia terlihat ada bersama pejabat yang lain.


9. Foto James Dean dalam surat kabar Salt Lake City




Pada tahun 2001, foto James Dean dalam surat kabar Salt Lake City yang dimiliki oleh gereja Mormon diubah secara digital untuk menghapus rokok yang menggantung dari bibir bintang film itu.


10. John Terry, Chelsea




Ketika John Terry berlari ke lapangan untuk merayakan timnya yang memenangkan Liga Champions pada tahun 2012, beberapa penggemar mengubah foto kapten Chelsea itu dengan sangat epik. Mereka menggabungkan John Terry dengan acara terkenal lainnya.


11. Bush dalam pertandingan baseball




Entah apa tujuan postcard ini diedit. Di situ terlihat mantan presiden George W Bush tersenyum dan melambaikan tangan dalam pertandingan baseball tim New York Yankees.


12. British Petroleum dan tumpahan minyak di teluk Meksiko




Pada tahun 2010 British Petroleum ketahuan mengedit foto ketika para pekerja sedang mengamati tumpahan minyak di teluk Meksiko. Foto yang bawah adalah yang asli. Terlihat di foto bagian bawah beberapa layar monitor sebenarnya mati, kemudian diedit sedemikian rupa agar para pekerja terlihat sibuk.


13. Para pejabat di Mesir




Pada tahun 2010 surat kabar yang dikelola negara Mesir dikritik setelah mengubah sebuah foto yang menunjukkan Presiden Hosni Mubarak memimpin pembicaraan perdamaian Timur Tengah. Dalam foto yang diterbitkan, menunjukkan Mubarak berjalan di karpet merah di depan Obama, pemimpin Israel, Palestina dan Yordania. Padahal gambar asli menunjukkan Barack Obama memimpin jalan di depan tiga pemimpin lainnya, dengan Mubarak mengikuti di belakang.


14. Kemacetan di Paris



Foto di atas diterbitkan untuk menunjukkan kemacetan parah yang terjadi di Kota Paris. Sayangnya, sang pengedit lupa mengubah arah mobil yang diedit.


15. Foto Natal keluarga kerajaan Spanyol




Kerajaan Spanyol juga pernah ketahuan mengedit foto menggunakan Photoshop. Pada tahun 2005 muncul foto keluarga kerajaan terlihat sedang merayakan Natal bersama. Sayangnya banyak yang menganggap jika foto itu asli.


16. Pasukan Spanyol




Francisco Perez Trigueros, dari partai terkemuka Spanyol, mengubah gambar yang menunjukkan pasukan batalion Spanyol berbaris di landasan pacu Gibraltar bawah tiga jet tempur. Dalam gambar juga menunjukkan bendera Spanyol dan banteng Osborne berdiri di atas sebuah bukit.


17. Topan Nesat dan pejabat Filipina




Pada bulan Oktober 2011, terbit gambar tiga insinyur pemerintahan Filipina sedang memeriksa kerusakan yang ditimbulkan oleh Topan Nesat di Manila Bay. Sayangnya foto itu palsu setelah seorang blogger mengungkapkannya karena melihat ketiga pejabat itu seolah-olah terlihat seperti sedang melayang.




Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment