15 Kebiasaan ini jika sering kamu lakukan berakibat fatal

Hal-hal kecil yang kamu anggap sepele kalau dilakukan terlalu sering ternyata bisa berbahaya.



Hidup zaman sekarang itu penuh dengan ancaman. Mulai dari ancaman kesehatan, keselamatan, bahkan ancaman mantan. Hal-hal kecil yang kamu anggap sepele kalau dilakukan terlalu sering ternyata bisa berbahaya.

Nah, terkadang akibat buruk itu yang nggak kamu sadari. Pelam-pelan tapi pasti gaya hidup yang nggak terkontrol bikin kesehatanmu terganggu.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber 15 kebiasaan sepele ini kalau kamu lakukan terlalu sering bisa bahaya. Cekidot!

1. Begadang

foto: chriskresser.com

Begadang itu bisa mengganggu banyak kesehatan, dari hati sampai jantung. Jadi kalau nggak penting-penting amat mending nggak usah begadang deh. Bang Rhoma Irama juga jauh-jauh hari sudah ngasih peringatan kan. "Begadang jangan begadang kalau tiada artinya.."

2. Main gadget

foto: hlntv.com

Gadget kini sudah menjadi kebutuhan manusia dan nggak bisa terpisahkan. Tapi kalau berlebihan dalam penggunaan juga nggak baik. Selain bisa menyebabkan seseorang menjadi antisosial, gadget juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti gangguan mata sampai obesitas.

3. Duduk terlalu lama


foto: methodevolution.com

Duduk terlalu lama dalam pekerjaan ternyata nggak baik lho. Hal itu akibat badan nggak banyak bergerak, sehingga sendi-sendi kaku dan bisa mengakibatkan gangguan persendian. Konon terlalu sering duduk juga bisa menyebabkan wasir, duh!

4. Jarang gosok gigi


foto: minovidental.com

Mulut itu tempat para kuman bernaung. Kuman-kuman ini datang dari sisa-sisa makanan yang kamu makan. Nah, salah satu cara mengusir kuman ini dengan menggosok gigi. Kalau gigi jarang digosok ya kuman-kuman ini bisa menggerogoti gigi dan mengakibatkan kerusakan. Ya gitu deh.

5. Jarang cuci tangan

foto: wonderopolis.org

Tangan itu bagian tubuh yang paling banyak berinteraksi dengan dunia luar. Sama seperti mulut, kuman juga suka nongkrong di tangan. Makanya ketika kita TK dulu, ibu guru selalu mengingatkan untuk cuci tangan sebelum makan.

6. Jarang minum air putih

foto: disehat.com

Banyak banget bahaya yang ditimbulkan kalau jarang minum air putih. Mulai kulit kusam sampai gangguan ginjal.

7. Nggak sarapan

foto: childhood-nutrition.com

Sarapan itu penting karena menurut sebuah penelitian, melupakan sarapan dapat 4,5 kali lebih gemuk dibanding orang yang sering melakukan sarapan. Nah lho!

8. Merokok


foto: tropicaldisc.com

Yang ini nggak perlu dijelasin lagi deh

9. Minum kopi
foto: authoritynutrition.com

Minum kopi itu sebenarnya baik bagi tubuh. Tapi kalau minum kopinya ngalah-ngalahin minum air putih ya juga nggak baik. Detak jantung kamu jadi berdegup kencang, bisa terkena asam lambung dan menyebabkan gelisah.

10. Jarang mandi
foto: health.rizkikhaizir.com

Kebersihan itu sebagian dari iman. Mandi itu termasuk usaha menjaga kebersihan badan, karena kalau kotor itu bisa menyebabkan berbagai penyakit.

11. Membawa beban terlalu berat

foto: lifehacker.com

Kamu yang suka traveling pasti sering bawa tas yang terlalu berat. Padahal ini nggak baik lho.
12. Dugem

foto: mstarz.com

Dugem memang asyik, tapi ternyata nggak baik buat kesehatan kalau terlalu sering. Karena dugem nggak mungkin siang hari, pasti malam. Jadi dugem itu identik dengan begadang. Jadi kamu baca aja lagi poin nomor satu ya.

13. Bolos kuliah/kerja

foto: ciricara.com

Nakal sih boleh. Tapi kalau keseringan juga nggak baik. Apalagi kalau nakalnya bolos kerja atau kuliah. Kinerja jadi menurun, dan kamu bisa terancam dipecat. Kalau kamu dipecat kamu mau makan apa?
14. Tidur dekat ponsel

foto: saransaro.in

Ini bahaya, karena radiasi ponsel itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Radiasi ini dapat mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang nggak wajar, dan ini bisa menyebabkan kanker. Waduh!

15. Kelamaan bales chat gebetan

foto: mirror.co.uk

Kalau kamu balesnya lama, gebetanmu bisa marah. Lalu akhirnya bisa putus deh...






Sumber:

Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment