11 Trik Psikologis Yang Bisa Digunakan Untuk "Memaksa" Orang Mengikuti Kemauan Andav

Dalam kehidupan sehari-hari kita sadar atau tidak sadar pasti melakukan hubungan timbal balik dengan orang lain. Tanpa kita sadar sebenarnya terdapat permainan psikologis saat kita mengikuti kemauan orang lain atau sebaliknya. Kali ini Anekainfounik akan menampilkan 11 trik psikologis yang bisa digunakan untuk "memaksa" orang lain untuk melakukan kemauan kita, bisa dilakukan di lingkungan bisnis bisa juga digunakan untuk hubungan personal.

1. Gunakan "umpan" untuk menjual suatu barang.



Misalkan anda mempunyai produk A seharga $20, dan produk B seharga $10, jika anda ingin menjual produk A maka anda harus menambahkan produk C yang harganya sama dengan A namun memiliki kualitas lebih rendah, dengan demikian produk A akan lebih terlihat menarik bagi pelanggan.

2. Manfaatkan lingkungan untuk bernegoisasi



Ketika sedang bertransaksi atau membicarakan deal-deal bisnis carilah lingkungan yang mendukung anda, misalkan tempat-tempat yang bernuansa santai seperti cafe. Orang-orang cenderung egois ketika melihat obyek yang berkaitan dengan pekerjaan (ruang rapat, ruang seminar, dll) daripada obyek netral seperti ruangan kafe.

3. Manfaatkan utang budi seseorang



Bantulah orang lain meraih tujuannya dengan begitu mereka akan berutang budi kepada anda.

4. Tiru tingkah laku seseorang


Tirulah gaya bicara dan perilaku lawan bicara anda agar lebih akrab. Kemungkinan besar mereka malah tidak sadar anda sedang meniru gaya lawan bicara anda.

5. Bicara cepat ketika sedang berargumen



Bicaralah dengan cepat saat berargumen jadi lawan bicara anda butuh waktu untuk mencerna perkataan anda, sebaliknya bicaralah dengan pelan saat lawan bicara anda sudah setuju dengan pemikiran anda.

6. Buat bingung orang lain



Misalkan anda punya produk seharga Rp 50.000 maka berikan diskon 20% + 10% kemudian diskon 5% lagi untuk pembelian selusin produk. Konsumen akan kesulitan menghitung dan menganggap produk anda murah.

7. Manfaatkan rasa lelah seseorang


Memanfaatkan kondisi seseorang saat sedang lelah, pada kondisi ini orang cenderung kurang kritis.

8. Tampilkan gambar mata


Misalkan anda menaruh poster yang terdapat gambar mata, ini akan membuat orang lain merasa diawasi dan orang tersebut akan berubah perilakunya.

9. Menggunakan kata benda bukan kata kerja untuk mempengaruhi orang



Menggunakan kata benda dalam kalimat membuat anda menjadi bagian dari sebuah kelompok.Contoh "Seberapa penting bagi kamu untuk memilih?" bisa diganti menjadi " Seberapa penting bagi kamu untuk menjadi pemilih?"

10. Buat orang lain takut.


Menanamkan rasa takut agar orang mengikuti perintah anda

11. Fokus pada keuntungan yang bisa diraih orang lain.


Saat bernegoisasi buatlah agar mereka menyetujui tawaran anda dengan menekankan pada keuntungan yang bisa diraih partner anda. Contoh anda ingin menjual mobil dan berkata pada pembeli " Saya akan memberikan mobil ini pada anda seharga Rp 50.000.000" akan terdengar lebih menguntungkan bagi pembeli daripada anda berkata " Saya ingin Rp 50.000.000 untuk mobil ini"



Sumber:

Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment