10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2015


Webometrics sebagai web yang berisikan daftar peringkat universitas terbaik dari berbagai negara di dunia merilis kembali daftar universitas terbaik di dunia tahun 2015, termasuk di Indonesia. Di tahun 2015 ini, universitas-universitas Indonesia mana saja yang masuk dalam peringkat 10 universitas terbaik di Inndonesia? Apakah universitas Anda masuk?

Kata WR di bawah ini merujuk kepada World Rank atau Peringkat Dunia dari masing-masing universitas dibandingkan dengan universitas-universitas terbaik lainnya di dunia tahun 2015. Sebagai perbandingan universitas terbaik di Indonesia tahun lalu, bisa dilihat pada artikel kita sebelumnya 10 Universitas Terbaik di Indonesia tahun 2014.

10. Universitas Lampung (UNILA) - WR 2337




Universitas Lampung atau disingkat UNILA ini merupakan universitas negeri pertama dan tertua yang berada di Lampung. Tujuan utama didirikannya universitas ini adalah berdasarkan keinginan tokoh masyarakat Lampung. Mereka menginginkan adanya tingkat pendidikan yang lebih tinggi setelah SMA agar para siswa lulusan SMA tidak perlu pergi menimba ilmu ke tempat yang jauh.

Pada tahun ini Universitas Lampung mengalami peningkatan. Setelah pada tahun 2014 tidak masuk dalam daftar 10 universitas terbaik, tahun ini Universitas Lampung berhasil masuk dalam peringkat 10 dengan ranking di dunia 2337.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs web: unila.ac.id

9. Universitas Padjadjaran (UNPAD) - WR 1359



Universitas Padjadjaran atau yang sering disingkat UNPAD merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kampus ini memiliki 2 kampus utama yang berlokasi di Dipati Ukur dan Sumedang. Selain 2 kampus tersebut, UNPAD sendiri memiliki kampus-kampus lain yang tersebar di Kota Bandung dengan total tercatat ada lebih dari 12 kampus. UNPAD pertama kali didirikan pada tahun 1957 oleh Presiden RI Soekarno.

Mengalami penurunan dari tahun 2014 lalu, UNPAD pada tahun 2015 ini hanya menduduki peringkat 9 universitas terbaik di Indonesia seteleah sebelumnya berhasil menduduki peringkat 5. Di peringkat dunia pun UNPAD mengalami penurunan ke peringkat 1359.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs web: unpad.ac.id
8. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) - WR 1246



Institut Teknologi Sepuluh November atau ITS merupakan universitas negeri yang didirikan oleh Yayasan Perguruan TInggi Teknik (YPPT) yang diketuai oleh Dr. Angka Nitisastro pada tanggal 10 November 1957. Kampus yang berlokasi di Surabaya ini pada awalnya didirikan dengan tujuan untuk membentuk para pemimpin yang ahli dan handal dalam bidang sains dan teknologi agar dapat mengharumkan nama Indonesia.

ITS yang pada tahun 2014 menduduki peringkat 9, pada tahun 2015 ini berhasil naik 1 peringkat ke peringkat 8 dengan ranking dunia 1246. Berkebalikan dengan naiknya peringkat ITS sebagai salah 1 universitas terbaik di Indonesia, rankingnya di dunia mengalami penurunan. Pada tahun 2014 ITS menduduki peringkat 1228 di dunia.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs web: its.ac.id
7. Institut Pertanian Bogor (IPB) - WR 692



Adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi pertanian yang merupakan bentukan dari lembaga-lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian dan juga kedokteran hewan yang dibentuk pada awal abad 20 di Bogor. Saat ini IPB memiliki 5 kampus yang tersebar di beberapa lokasi dengan tujuan yang berbeda-beda.

Tahun 2015 ini, IPB mengalami peningkatan tidak hanya di peringkat universitas terbaik di Indonesia saja. Peringkat di dunia pun mengalami peningkatan yang cukup mengejutkan. Setelah tahun lalu menduduki peringkat 8 sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, IPB saat ini menempati peringkat 692 di dunia setelah pada tahun 2014 hanya menempati peringkat dunia 1156.

Penjelesan lebih lanjut: Wikipedia
Situs web: ipb.ac.id
6. Universitas Diponegoro (UNDIP) - WR 678




Sebuah perguruan tinggi di Indonesia yang didirikan di Semarang pada tahun 1956. Pada awalnya UNDIP adalah perguruan tinggi swasta kemudian mendapat status baru sebagai perguruan tinggi negeri pada tahun 1961. DIberi nama Diponegoro dengan tujuan agar semangat yang dimiliki oleh Diponegoro dapat dirasakan oleh seluruh mahasiswa yang belajar di universitas ini.

Peringkat UNDIP semakin membaik dari 2014. Di 2014 UNDIP meraih peringkat 7 sebagai salah satu universitas terbaik yang berada di Indonesia. Peringkat di duniapun mengalami peningkatan yang positif dengan berhasil naik dari peringkat 1088 ke peringkat 678.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs web: undip.ac.id
5. Universitas Brawijaya (UB) - WR 671




Universitas yang dikenal dengan singkat UB ini merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di kota Malang. Memiliki kampus utama yang berada di kota Malang dan beberapa cabang yang tersebar di beberapa kota seperti Kediri, Kasembon, Jakarta dan Probolinggo.

Pada tahun 2014 lalu Universitas Brawijaya hanya mampu menempati peringkat 6 universitas terbaik di Indonesia dan peringkat di dunia 1052. Tahun 2015 ini Universitas Brawijaya mengalami peningkatan baik itu sebagai univertsitas terbaik di Indonesia maupun peringkat dunia. Tahun ini Universitas Brawijaya berhasil naik 1 peringkat ke peringkat 5 universitas terbaik di Indonesia, sedangkan di dunia peringkatnya naik ke peringkat 671.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs web: ub.ac.id
4. Universitas Airlangga (UNAIR) - WR 983




Merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur. Perguruan tinggi ini didirikan tepat di hari pahlawan, 10 November 1954. Nama Airlangga diambil dari nama salah satu raja yang memerintah Jawa TImur. Universitas ini didirikan dengan tujuan untuk menjadi universitas yang mandiri, inovatif dan terkemuka dalam berbagai bidang pengetahuan, teknologi, kemanusiaan dan seni sesuai dengan moral agama.

Tidak mengalami peningkatan peringkat sejak tahun 2014 atau bisa dikatakan berada dalam peringkat yang sama yakni peringkat 6. Walaupun begitu, peringkat UNAIR di dunia mengalami peningkatan yang cukup berarti. Berada pada peringkat 1013 pada tahun lalu, tahun 2015 ini UNAIR mengalami peningkatan ke peringkat 983.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs web: unair.ac.id
3. Universitas Indonesia (UI) - WR 649



Universitas Indonesia atau yang lebih sering dikenal dengan singkatan UI adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki kampus utama yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. Selain di Depok, UI juga memiliki kampus yang berlokasi di Salemba, Jakarta Pusat. Universitas Indonesia merupakan kampus yang modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup ilmu disiplin yang luas.

Di Indonesia, peringkat UI tidak mengalami peningkatan dari tahun lalu, masih stabil di peringkat 3. Tapi jika dilihat rankingnya di dunia, UI mengalami sedikit peningkatan dari ranking 696 ke peringkat 649.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs web: ui.ac.id
2. Institut Teknologi Bandung (ITB) - WR 723




Perguruan tinggi yang resmi didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 di kota Bandung merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia-Belanda. Lebih sering dikenal dengan singkatan ITB, adalah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang memiliki akreditasi ABET dari Amerika Serikat. Kampus ITB memiliki fasilitas yang lengkap demi meningkatkan mutu pendidikannya seperti perumahan dosen, laboratorium, bengkel, studio, galeri dan fasilitas olah raga.

ITB mengalami penurunan peringkat di di dunia. Setelah berhasil menempati peringkat 636 pada thaun 2014, tahun ini ITB harus puas turun ke peringkat 723. Tetepi ITB masih menempati peringkat 2 sebagai salah satu universitas terbaik yang berada di Indonesia

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs web: itb.ac.id
1. Universitas Gadjah Mada (UGM) - WR 648



Dikenal juga dengan singkatan UGM, adalah universitas negeri tertua yang berada di Indonesia. UGM didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 dan berlokasi di kota Yogyakarta. Universitas ini juga merupakan universitas pertama yang didirikan oleh pemerintah Republik Indonesia tepat setelah Indonesia merdeka.

Tahun 2015 ini UGM mengalami penurunan peringkat di dunia. Setelah pada tahun 2014 lalu berhasil menduduki peringkat 598 di dunia, tahun ini UGM harus puas menempati posisi 648. Tapi UGM masih bisa berpuas diri karena posisinya sebagai universitas terbaik di Indonesia masih belum turun. Posisinya sebagai universitas yang berkelas masih belum beranjak dari peringkat 1.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs web: ugm.ac.id



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment