10 Mobil Masa Depan Paling Ditunggu-tunggu Setiap Orang

Pameran mobil dengan konsep futuristik selalu menjadi daya tarik sendiri bagi para penggila otomotif. Baik pabrikan asal Eropa atau Asia saling adu balap dalam merancang mobil masa depan yang dapat memuaskan para konsumennya. Dari sekian banyaknya konsep mobil masa depan, di artikel ini akan dibahas 10 konsep mobil masa depan yang paling keren yang mungkin akan menarik minat Anda untuk membelinya.

10. Mercedes Benz Biome





Mercedes Benz selalu menjadi yang terdepan dalam hal otomotif termasuk untuk teknologi mereka. Sekarang mereka tampak benar-benar berubah bukan hanya dari penampilan mobilnya saja tapi juga dari bagaimana cara mereka membuat mobil. Mercedez Benz Biome merupakan mobil futuristik yang pertama kali diluncurkan pada Design Challenge yang diselenggarakan di Los Angeles. Lahir dari ide unik yang tidak hanya melihat hasil akhir tapi bagaimana cara mobil itu diproduksi.


Alasan mengapa mobil ini disebut sebagai salah satu mobil masa depan yang cukup canggih adalah karena materi alami yang digunakannya merupakan sebuah materi yang dikenal dengan nama Bio Frame. Dari hasil proses pengolahan mereka, Mercedes Benz berhasil menggunakan materi tersebut untuk mobil ini yang dipercaya adalah sebuah materi ringan yang juga sangat kuat.
9. Toyota iRoad



Toyota adalah salah satu dari banyaknya perusahaan otomotif yang melakukan analisis konsumen untuk acuan desain mobil masa depan. Dari analisis tersebut, didapatkan bahwa mayoritas kebanyakan orang lebih menyukai menggunakan mobil berukuran kecil yang mungkin hanya muat 1-2 orang. Yang lebih penting lagi adalah mobil tersebut harus didesain dengan model yang sesuai untuk kondisi jalan sibuk dan padat.

Berdasarkan hasil analisis itu kemudian Toyota membuat sebuah desain mobil mereka yang dinamakan dengan iRoad. Merupakan desain mobil masa depan berukuran kecil dan relatif ringan dengan tampilan menyerupai gabungan canggih antara konsep otomotif mobil dengan motor. Para insinyur Toyota juga yakin bahwa iRoad ini jauh lebih aman daripada mengendarai motor dan sangat cocok dikendarai di kondisi jalan yang padat. Ukurannya yang sangat kecil juga membuat mobil ini sangat mudah untuk diparkir. Seperti bajaj tapi lebih elite?
8. Kia Pop




Sebagai produsen mobil yang melihat kemajuan dalam hal teknologi, Kia memiliki visi untuk mengurangi efek global warning dan mengurangi penggunaan bahan bakar. Demi hal itu, mereka melakukan sebuah langkah mengejutkan dalam teknologi mobil listrik dengan mendemonstrasikan produknya, Kia Pop.

Kia Pop sendiri adalah mobil masa depan canggih yang menggunakan listrik sebagai tenaga utama. Mobil ini sendiri dapat disebut sebagai salah satu mobil masa dean paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang karena selain memiliki desain futuristik layaknya di film-film, mobil ini dapat menempuh jarak 160 km hanya dalam 1 kali cas (charge). Merupakan sebuah kendaraan roda empat yang cocok digunakan untuk di daerah perkotaan.

7. Toyota Nori



Adalah desain mobil masa depan pertama yang dibuat oleh Toyota juga ketika mereka memasukiDesign Challenge di Los Angeles Auto Show pada tahun 2010. Mobil yang dikatakan ramah lingkungan ini memiliki design yang sangat khas dan terkesan unik atau bahkan aneh. Mobil yang dikatakan adalah salah satu mobil futuristik ini memiliki desain sasis dan tubuh mobil yang tidak terpisah melainkan benar-benar menyatu sebagaimana Anda bisa melihatnya di atas. Hal ini menjadikan Toyota Nori adalah mobil masa depan berbiaya rendah karena tidak menggunakan banyak materi. 

6. Cadillac Aera




Cadillac Aera merupakan jawaban General Motors Advanced Design California untuk membuat sebuah mobil masa depan yang mewah, keren, dapat diandalkan, efisien, modis, dan tentunya canggih. Dengan desain yang sangat ringan yang mengedepankan konsep aerodinamis serta hemat bahan bakar, mobil ini terbuat dari sebuah bahan spesial yang membuatnya sangat kuat dan mampu menahan benturan yang sangat keras.


Dilengkapi juga dengan ruang udara spesial yang dapat menahan guncangan pada dalam mobil. Yang lebih penting lagi adalah Cadillac Aera ini menggunakan sebuah sistem canggih yang bernama Pneumatic Drive System. Pneumatic Drive System sendiri adalah sejenis sistem idaman yang implementasinya dikatakan dapat menkompres udara sehingga dapat menempuh jarak sejauh lebih dari 1.609 km. 

5. Terrafugia TF-X





Ingat dengan film terkenal jaman dahulu berjudul Back To The Future? Di film itu digunakan sebuah mobil yang tidak hanya dapat digunakan di darat saja melainkan juga dapat digunakan di udara. Tentunya kalau kita membicarakan mengenai mobil masa depan canggih maka gambaran mengenai mobil terbang pasti ada di benak kita bukan? Dari film itulah sehingga banyak orang mendambakan mobil yang dapat terbang di masa depan.


Keinginan orang-orang akan mobil terbang inilah yang membuat Terrafugia melakukan beberapa penelitian untuk menciptakan sebuah mobil yang benar-benar dapat terbang. Mereka telah membuat sejumlah prototypem namun prototype terbaru mereka yang bernama TF-X adalah prototype terbaik yang pernah mereka ciptakan. Terrafugia TF-X merupakan mobil masa depan canggih dilengkapi dengan baling-baling bertenaga tinggi yang dapat membuat mobil ini terbang ke atas dan mampu mencapai kecepatan 321 km/jam. Jadi apakah era masa depan mobil terbangsudah ada di depan mata kita?

4. BMW Gina




BMW Gina adalah nama dari sebuah mobil masa depan yang dikembangkan oleh perusahaan asal Jerman tersebut sejak tahun 2001. Berbagai jenis model dari mobil ini telah ditampilkan di berbagai pameran mobil dan semuanya berhasil menarik banyak perhatian. Hal ini karena BMW Gina menggunakan bahan material yang sangat unik.


Tidak seperti mobil sport masa depan lain yang menggunakan bahan material yang hanya sekedar ringan, polimer yang kuat seperti aluminium, karbon fiber. BMW gina menggunakan material fabrik yang sangat kuat yang mampu meregang sampai sasis mobil. Selain kuat, fiber yang digunakan oleh BMW Gina ini bahkan mampu berubah bentuk sehingga memungkinkan spoiler untuk muncul dari mobil.

3. Google Self Driving Car




Sudah dibicarakan di berbagai media pada berbagai kesempatan, Google Self Driving Cars adalah salah satu bentuk mobil masa depan yang mungkin paling eksis di antara yang lainnya. Bahkan Anda yang bukan penggemar otomotif saja mungkin pernah mendengar mengenai proyek ambisius ciptaan Google ini.


Sebagaimana namanya, Google Self Driving Car adalah mobil canggih dalam penggunaannya tidak memerlukan adanya kontrol pengemudi. Menggunakan sejumlah sensor berbeda, mobil ini juga mengimplementasikan sebuah sistem canggih bernama LIDAR (teknologi sensor yang dapat mengukur jarak). Mobil masa depan yang dirancang Google ini diharapkan mampu memecahkan berbagai masalah seperti sederhananya membantu orang yang tidak bisa menyetir namun ingin menggunakan mobil sehari-harinya, membantu pengemudi yang sedang mabuk, dan juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan di jalan.

2. Chevrolet EN-V





EN-V merupakan konsep mobil masa depan canggih yang saat ini sedang dikerjakan oleh General Motors bekerja sama dengan Segway dan SAIC. Mobil futuristik ini diharapkan bisa menjadi solusi otomotif di masa depan ketika populasi sebuah kota meningkat sampai pada batas sangat padat. EN-V membuat perjalanan menuju tempat yang padat menjadi lebih mudah dan mampu meringankan kepadatan tersebut karena ukurannya yang kecil.


Menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh Segway membuat mobil ini tetap seimbang walaupun ukurannya yang kecil. Selain itu, EN-V juga kendaraan yang ramah lingkungan karena menggunakan tenaga listrik portabel pada setiap rodanya, semacam Segway.

1. F 015 Luxury in Motion




Seluruh ide di balik Mercedes Benz F 015 Luxury in Motion adalah untuk membuat siapapun yang mengendarai kendaraan canggih ini dapat merasakan rasa nyaman kemanapun mereka pergi. Sebagaimana Google Self Driving Cars di atas, kendaraan ini juga dikatakan tidak memerlukan pengemudi, yang memperbolehkan penumpangnya untuk bersantai di sebuah interior yang dirancang menyerupai sebuah ruangan santai tersendiri.


Keseluruhan mobil futuristik ini menggunakan bahan plastik yang diperkuat dengan karbon fiber dan digabungkan dengan aluminium yang menjadikan mobil ini sama halnya seperti mobil-mobil masa depan lainnya di atas, adalah mobil yang ringan namun juga kuat. Tiap pintunya dapat dibuka hingga 90 derajat, memudahkan penumpang untuk keluar masuk. Terlebih lagi mobil ini dilengkapi dengan struktur khusus yang bertindak sebagai kantong udara ketika terjadi kecelakaan memastikan penumpangnya mendapatkan rasa nyaman dan keamanan tertinggi. Mobil ini dapat dikontrol dengan menggunakan sebuah layar sentuh yang sudah terintegrasi dengan teknologi lain seperti eye-tracking dan gesture.




Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment