10 Kota Terbersih Di Dunia


Kebersihan adalah salah satu hal terpenting dalam hidup, apalagi jika kita tinggal dalam kota yang sangat bersih bukan? Indonesia mungkin tidak dapat masuk dalam kategori kota terbersih, tapi tidak begitu halnya dengan kota-kota berikut ini. Ini dia 10 peringkat kota paing bersih yang ada di dunia.

10. Oslo, Norwegia


Selain menjadi ibukota dari Norwegia, kota yang memiliki paling banyak populasi ini juga merupakan pusat ekonomi, pusat pemerintahan, dan telah dianggap sebagai pusatnya perdagangan di Norwegia. Oslo merupakan kota yang kaya akan sejarah, budaya, tradisi, dan juga memiliki banyak landmark, membuatnya menjadi kota yang sangat dikenal dunia. Masyarakat kota Osla sudah sangat terdidik untuk menjaga kebersihan kota mereka tersebut, lingkungan yang bersih dan udara yang bebas dari polusi membuat Oslo menjadi salah satu kota terbersih di dunia.

9. Vienna, Austria


Berlokasi di timur laut Austria, Vienna merupakan ibukota dari salah satu kota terbersih di dunia dengan populasi sebanyak 1,8 juta jiwa. Pemerintah kota dan masyarakat Vienna dikenal kompak dalam mengelola kebersihan kota mereka ini.

Karena terinspirasi dari seni dan musik, maka di kota Vienna terdapat banyak sekali proyek hijau yang berguna untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan. Projek hijau ini dibuat dan dijaga bukan hanya oleh pemerintah kota saja, namun masyarakat juga turut serta membantu karena mereka sadar sadar bahwa udara segar dan nyaman dapat membuat hidup menjadi sehat. Kesadaran menyeluruh inilah yang membuat Vienna masuk sebagai salah satu kota paling bersih di dunia.

8. Stockholm, Swedia

Stockholm, Swedia, adalah kota yang memiliki peran sebagai ibukota, kota budaya, pusat kegiatan ekonomi, dan politik dari Swedia. Ada berbagai alasan mengapa Stockholm memiliki kota yang sangat bersih, dimulai dari sarana transportasi umum yang luar biasa serta ramah lingkungan, hingga meminimalisir tingkat penggunaan bahan bakar.

Kota ini memiliki populasi yang cukup banyak, 3,4 juta jiwa. Total penduduk tersebut sudah meliputi daerah metropolitan dan daerah perkotaan. Walaupun dengan populasi yang padat penduduk, pemerintah dan masyarakat kota Stockholm sangat mecintai kebersihan sehingga mereka saling bekerja sama untuk dapat menciptakan lingkungan terbersih namun juga nyaman.

7. Kobe, Japan


Mungkin adalah kota paling bersih yang ada di Jepang. Kobe dikenal sebagai kota yang sangat terkenal akan kemajuan teknologi dan juga tahu bagaimana menjaga udara kota agar tetap sehat dan bersih.

Kebersihan lingkungan Kobe yang terjaga ini didukung dengan sistem pengelolaan sampah yang baik dan efisien. Walapun sudah memiliki sistem pengelolaan sampah yang baik, pemerintah dan masyarakat Jepang terus melakukan usaha-usaha memperbaiki sitem yang sudah ada untuk mendapatkan kota yang lebih bersih lagi. Pemerintah Jepang juga selalu aktif dalam menyebarkan pesan untuk selalu menjaga kebersihan kota yang tentunya disadari oleh masyarakat, karena walaupu pemerintahan melakukan penyuluhan kalau tidak disadari masyarakatnya tentu saja tidak berguna.

6. Singapura


Berlokasi di sebelah Tenggara Asia, Singapura atau Singapore sudah tidak diragukan lagi sangat dikenal sebagai salah satu kota di dunia dengan gaya hidup tinggi dan juga penjagaan kebersihan yang mengagumkan. Standar hidup di Singapura cukuplah tinggi namun juga didukung dengan atmosfir udara yang bersih dan sehat.

Seperti kota-kota modern lainnya, Singapura sangat efektif dalam menjaga lingkungan kota agar tetap bersih dan aman. Hal inilah yang menyebabkan munculnya berbagai peraturan ketat mengenai kebersihan yang muncul dalam bentuk hukuman denda. Masyarakat kota Singapurapun juga sudah beradaptasi dengan peraturan ketat yang sudah dibuat oleh pemerintah. Aturan yang sangat ketat ini bahkan membuat pelanggaran sepele seperti meludah di tempat umum dapat dikenakan hukuman yang berat.

5. Freiburg, Jerman


Kota Freiburg yang terletak di Jerman ini dikenal juga sebagai kota bunga sejak abad pertengahan. Freigburg sendiri memang adalah kota paling hijau di Jerman. Kota ini memiliki banyak sekali kebun, taman, dan proyek hijau lainnya untuk membuat lingkungan menjadi bersih dan nyaman. Oleh sebab tiu Freiburg sering masuk dalam daftar 10 kota yang paling bersih di dunia.

Untuk menjadi salah satu kota terbersih di dunia ini, baik pemerintah dan masyarakat telah melakukan banyak upaya demi membuat kota Freiburg menjadi kota terfavorit dan juga menarik sehingga menjadi tempat tujuan wisata.

4. Adelaide, Australia


Adelaide adalah rumah bagi 1,3 juta jiwa di Australia, berlokasi dekat dengan sungai Torrens yang menjadi tempat tinggal bagi orang Kaurna (suku asli Australia). Adelaide adalah salah satu kota terbersih di Australia atau mungkin dunia ini, yang menawarkan gaya hidup yang mewah.

Salah satu statistik paling mengagumkan adalah dari daur ulang limbah dimana diperkirakan sudah 85% limbah telah berhasil didaur ulang. Dengan mengikuti berbagai sistem yang sudah terorganisir dengan baik, Adelaide adalah salah satu kota di dunia dengan tingkat polusi limbah paling sedikit. Berbeda halnya dengan Iran yang masuk sebagai salah satu kota di dunia degan polusi limbah tertinggi.

3. Zurich, Swiss



Merupakan kota terbesar yang ada di Swiss dan mungkin beberapa dari Anda sudah seirng mendengar nama kota satu ini. Hal ini karena Zurich, Swiss adalah kota yang paling menarik bagi para turis untuk dijadikan kota tujuan wisata. Memiliki banyak landmark dan juga atraksi menarik membuat kota ini memang adalah tujuan wisata para turis dari berbagai belahan dunia.

Seringkali terlihat bahwa masyarakat dan pemerintah terlibat dalam kegiatan yang bukan hanya menguntungkan salah satu pihak saja, melainkan mereka juga saling terlibat dalam kegiatan yang berguna untuk membuat Zurich menjadi kota yang menarik di dunia dengan atmosfir udaranya yang bersih.

2. Luxembourg City, Luxembourg


Luxembourg City atau Kota Luksemburg adalah kota yang sangat terkenal karena selain menjadi kota yang memiliki pendapatan per kapita yang tinggi, ia juga merupakan ikon dan ibukota ternama dari Luksemburg. Karena Luksemburg dipenuhi dengan tanaman hijau, ia masuk sebagai salah satu kota paling bersih di dunia dengan julukan sebagai Green Heart of Europe atau Jantung Hijau dari Eropa.

Memiliki sistem pengelolaan sampah yang sangat baik tidak hanya membuat kota Luksemburg menjadi kota yang bersih, namun juga membuat Luksemburg menjadi kota yang layak huni dengan atmosfir udaranya yang bersih dan segar.

1. Calgary, Kanada


Disebut-sebut sebagai tempat terbaik paling layak huni di dunia, Calgary, merupakan kota terbersih nomor satu yang berada di Kanada dan juga di dunia ini. Memiliki penduduk sebanyak hampir 2,3 juta jiwa mereka memiliki sistem kebersihan yang luar biasa. Berdasarkan daftar Mercer Global Financial List tahun 2014, Calgary adalah secara resmi merupakan kota terbsih di dunia.

Pengelolaan energi yang efisien, telekomunikasi yang baik, dan perekonomian kota Calgary ini sudah berhasil berjalan dengan mengagumkan. Sistem kota yang sudah berfungsi maksimal tersebut didukung juga dengan atmosfir udara yang sangat bersih. Lingkungan yang bersih ini tercipta karena warga Calgary menaati peraturan-peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah untuk tetap menjaga lingkungan tetap bersih.

Calgary sendiri dapat dengan bangga menyebutkan diri mereka sebagai kota yang bebas dari meludah di jalanan. Ribuan dollar akan dikenakan sebagai denda apabila Anda membuang sampah sembarangan termasuk apabila Anda membuang abu rokok di jalanan. Pada tahun 2020, kota inin memiliki target untuk membuat mereka bebas dari polusi secara menyeluruh hingga 80% baik polusi udara, limbah, asap, maupun suara.



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment