Struktur aneh seperti jaring serangga berbentuk pagar terlihat di Hutan Amazon

Hutan Amazon menyimpan berbagai misteri. Dari kisah mengenai ular raksasa hingga suku-suku misterius yang berdiam di dalamnya. Kali ini, sebuah misteri lain muncul dalam ukuran yang lebih kecil, yaitu sebuah struktur seperti jaring yang unik, dan para ilmuwan belum bisa mengidentifikasinya.

Struktur ini terlihat seperti sebuah menara yang dikelilingi oleh pagar melingkar. Jika kita melihatnya lebih dekat, terlihat serat-serat tipis yang mengindikasikan kemungkinan bahwa struktur ini adalah sejenis sarang serangga atau jamur. Namun bentuknya yang unik telah membuat para ilmuwan kebingungan.

Apa kegunaannya? dan yang terpenting adalah makhluk apa yang membuatnya?

Struktur aneh ini pertama kali terlihat oleh Troy Alexander pada tanggal 7 Juni. Ia adalah seorang mahasiswa di Georgia Tech. Pertama kali ia melihatnya adalah di permukaan dinding tenda dekat Tambopata Research Center di timur laut Peru.


Tidak lama setelah itu, ia menemukan lagi tiga objek serupa di permukaan batang pohon di dalam hutan. Struktur misterius itu berukuran kecil, hanya berdiameter 2 cm.

Ketika Troy memposting foto itu pada situs reddit, tidak ada yang bisa mengenalinya.

Phil Torres, seorang ahli biologi yang juga bekerja di Tambopata kemudian memposting link foto itu di twitternya dan dengan segera menjadi viral. Namun, masih saja tidak ada yang bisa mengenalinya.

"Saya tidak tahu apa yang membuatnya atau benda apakah itu," Kata William Eberhard, seorang ahli serangga yang bekerja pada Smithsonian Tropical Research Institute.

"Saya sudah melihat fotonya dan masih tidak tahu hewan apa yang membuatnya," Kata Norm Platnick, seorang ahli laba-laba di American Museum of Natural History.




"Saya tidak pernah melihat struktur semacam itu sebelumnya," Kata Jonathan Coddington yang mempelajari laba-laba dan juga menjabat sebagai associate director di National Museum of Natural History.

Ahli serangga Gwen Pearson mengatakan bahwa konsensus dari rekan-rekan ahli serangga lainnya menunjukkan bahwa struktur itu mungkin dibuat oleh ngengat dari family Bucculatricidae.


Sarang ngengat Bucculatricidae

Memang terlihat ada sedikit kemiripan dengan sarang misterius kita. Sayangnya tidak terlihat adanya menara unik di tengahnya. Gwen juga tidak menutup kemungkinan bahwa serangga yang bertanggungjawab adalah ngengat dari family Urodidae yang biasa membuat kepompong berbentuk keranjang.

"Tapi kami semua hanya bisa menebak-nebak. Kami tidak punya petunjuk sedikitpun dan itulah pendapat saya sebagai seorang ahli," Katanya.

Walaupun sarang ngengat Urodidae bisa dikategorikan sebagai sebuah maha karya, namun bentuknya jelas berbeda dari pagar misterius kita.


Sarang ngengat Urodidae

Todd Gilligan dari Colorado State University yang juga presiden dari komunitas Lepidopterist (ahli kupu-kupu dan ngengat) mengatakan, "Beberapa jenis ngengat membuat pagar untuk melindungi telur mereka dengan menggunakan materi dari perut. Jadi membangun pagar di sekeliling sebuah objek bukanlah sesuatu yang asing. Namun saya belum pernah melihat yang semacam ini sebelumnya."

"Mungkin itu adalah sarang laba-laba dari planet Mars," Kata komentator lainnya sambil bercanda.

Karena sifatnya yang misterius ini, ada kemungkinan kalau struktur ini dibuat oleh jenis serangga yang belum dikenal sebelumnya. Jika demikian adanya, tidak terlalu mengejutkan mengingat betapa kayanya variasi penghuni hutan Amazon.

Mungkin yang terasa agak aneh bagi saya adalah kenyataan bahwa struktur semacam ini baru terlihat pada tahun ini walaupun hutan Amazon telah sering dijelajahi.



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment