Lima Obat-obatan Unik Temuan Orang Indonesia



Penyakit memang datang tanpa diundang. Meski sudah berusaha dicegah, jika kondisi pertahanan tubuh kita sedang menurun, maka kita akan mengalami sakit juga. Dan saat sakit, kita tidak punya pilihan lain selain mengonsumsi obat.

Namun, sebelum cepat-cepat pergi ke dokter, orang Indonesia punya “Home Remedy” alias pertolongan pertama yang bisa digunakan sebelum menggunakan obat dari dokter atau apotek. Obat-obat unik ini mungkin hanya ada di Indonesia dan tidak akan ditemukan di tempat-tempat lain di dunia. Apa saja jenis obat “unik” ini?

1. Blau Cuci untuk Obat Gondongan

Blau cuci adalah semacam zat padat berwarna biru tua yang dicampurkan ke air untuk membilas cucian. Blau pada dasarnya akan memberi warna biru, namun pada pakaian putih, warna biru pucat justru akan memberi efek “cerah” pada baju. Berbeda dengan blau bubuk yang dulu digunakan para ibu kita, kini blau tampil dengan wujud yang lebih modern yaitu dalam bentuk cair.

blau

Namun ternyata blau memiliki fungsi lain. Siapa sangka benda kecil ini justru dipercaya untuk menyembuhkan Parotitits Epidemica atau yang lebih dikenal dengan gondongan. Penyakit yang membengkakkan daerah leher ini memang mengganggu aktifitas dan tidak jarang memberi rasa tidak nyaman. Orang Indonesia lazim mengoleskan blau untuk mengempeskan pembengkakan tersebut. Namun, apakah benar blau bisa menyembuhkan gondongan? Secara klinis, gondongan adalah penyakit yang terjadi karena virus dan merupakan “self timing disease” dimana penyakit tersebut akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan membaiknya daya tahan tubuh kita.

2. Jeruk Nipis dan Kecap untuk Obat Batuk

Jeruk nipis memang secara klinis terbukti untuk menyembuhkan banyak penyakit. Tingginya kadar vitamin C dalam jeruk nipis dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C juga bisa digunakan sebagai antiseptik yang cukup ampuh. Jeruk nipis juga lazim menjadi bahan masakan untuk berbagai jenis hidangan nusantara. Oleh karena itu, pohon jeruk nipis banyak ditanam orang Indonesia di halaman rumah karena memang sering dibutuhkan.

Jeruk Nipis dan Kecap

Jeruk nipis juga menjadi penyelamat ketika sedang terserang batuk. Orang Indonesia sering sekali mencampur kecap dan jeruk nipis sebagai obat batuk yang ampuh. Faktanya, jeruk nipis dengan tambahan sedikit air hangat saja cukup untuk melegakan tenggorokan anda yang gatal. Tambahan kecap sebenarnya tidak berpengaruh apa-apa. Hanya saja, mungkin, tambahan kecap dimaksudkan agar si obat alami ini “mirip” dengan obat yang dijual di apotik.

3. Minum Soda Agar Menstruasi Lancar

Menstruasi adalah kondisi biologis yang dialami perempuan dewasa setiap bulannya. Siklus ini memang terkadang menyakitkan dan menimbulkan gejolak hormon yang membuat para perempuan merasa sakit baik secara fisik dan kelelahan secara psikoligis. Wanita yang sedang dalam periode ini memang sedang tidak stabil hormonnya.

Soda Untuk Lancarkan Menstruasi

Salah satu efek yang ditimbulkan ketidak-stabilan hormon itu adalah rasa kembung dan nyeri di perut. Sakit jenis ini adalah yang paling umum dirasakan oleh wanita. Untuk meyiasatinya, banyak wanita Indonesia yang meminum soda agar menstruasinya lancar dan sakit di perut menjadi hilang. Faktanya, soda justru bisa menambah parah keadaan karena minuman berkarbonasi itu bisa mengganggu lambung dan sistem pencernaan.

4. Makan Klepon Agar Tidak Bisulan

Klepon adalah panganan ringan khas Indonesia. Kue berbentuk bola berwarna hijau ini berisi cairan gula merah yang akan meletus dalam mulut anda jika menggigitnya. Belum lagi aroma panda dan baluran kelapa yang gurih, menambah kenikmatan kue yang banyak dijajakan di pasar tradisional Indonesia ini.

Klepon

Lucunya, klepon sering dihubungkan sebagai obat bisul. Bisul adalah tonjolan kecil yang timbul di tubuh seseorang, menimbulkan rasa sakit yang sangat menusuk, terlebih jika tumbuh di bagian tertentu. Lucunya, menurut kepercayaan tradisional Indonesia, jika ada orang yang terkenal bisul dan tidak sembuh-sembuh, maka klepon adalah solusinya! Kleponnya tidak untuk dimakan oleh si penderita bisul, tapi justru dibagikan kepada tetangga si pengidap. Beberapa hari setelah bagi-bagi klepon ini, biasanya semua bisul akan pecah. Percaya atau tidak, hal ini berhasil dalam banyak sekali kasus dan masih belum ada penjelasan medisnya.

5. Kerokan untuk Obat “Masuk Angin”

Jika kepala mulai pusing, badan pegal dan perut terasa mual, orang Indonesia menyebut kondisi ini sebagai “masuk angin”. Hingga saat ini, masih tidak ada nama medis yang tepat untuk penyakit ini. Gelajanya mirip dengan influenza, namun dengan beberapa tambahan gejala lain sehingga membuat “masuk angin” sangatlah berbeda. Penyakit ini mungkin bisa dinobatkan sebagai penyakit yang paling sering dialami oleh orang Indonesia.

kerokan

Penyakit khas Indonesia, maka obatnya pun khas Indonesia. Kerokan. Pengobatan dengan cara mengerok dilakukan dengan membaluri punggung dengan minyak lalu kemudian menggores-gores punggung dengan koin hingga kulit menjadi merah keungu-unguan. Baik penyakit dan obat dari masuk angin ini masih menjadi misteri di dunia medis dan masih terus dipelajari.

Demikianlah beberapa penyakit dan cara khas orang Indonesia dalam menanggulanginya. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentu pernah atau bahkan sering menerapkan obat-obatan di atas. Percaya atau tidak, hampir semua obat-obatan unik itu memberikan efek yang ampuh, bahkan lebih manjur dari obat dokter.

Meskipun begitu, jika kondisi penyakit yang kita alami mulai tampak serius, ada baiknya kita berkonsultasi dengan ahli medis. Dan yang paling penting dari itu semua, mencegah penyakit, selalu lebih baik dari mengobati.




Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment