Gyermekvasút - Perkeretaapian Anak-Anak di Budapest


Di pinggiran Budapest, melalui bukit Buda yang indah, terentang rel kereta api yang pendek dan sempit disebut Gyermekvasút, yang dalam bahasa Hungaria berarti "Rel Kereta Api Anak-Anak" (Children's Railway). Tapi Gyermekvasút bukan kereta mainan seperti yang biasa ditemukan di taman hiburan. Ini adalah jalur kereta api asli dengan stasiun asli, lokomotif diesel asli yang menarik gerbong yang asli, dan berjalan pada jadwal yang nyata. "Anak-anak" di sini bukan penumpang. Mereka adalah pekerja kereta api.




Children's Railway dikelola dan dijalankan terutama oleh anak-anak pra-remaja berusia antara 10 sampai 14 tahun, di bawah pengawasan orang dewasa, tentu saja. Hanya masinis dan pemeliharaan peralatan yang dilakukan oleh orang dewasa. Semua pekerjaan lain, dari memeriksa dan mengeluarkan tiket, sinyal operasi, membuat pengumuman dan memberikan informasi kepada penumpang, dilakukan oleh anak-anak berpakaian seragam resmi dengan rapi dan lengkap dengan semua perlengkapan yang sesuai.

Children's Railway adalah peninggalan dari era komunis, dibangun pada saat gerakan Pionir Muda (Young Pioneers) berada pada masa jayanya. Young Pioneers adalah gerakan pemuda Partai Komunis, mirip dengan gerakan Pramuka di dunia Barat, di mana orang-orang muda belajar keterampilan kerja sama sosial dan menghadiri kamp musim panas yang didanai publik. Pionir Muda awalnya adalah Pramuka dari sisi Bolshevik sebelum Revolusi Oktober 1917. Banyak Pramuka, bagaimanapun, menolak komunis dan berjuang di jajaran Angkatan Darat Putih dan intervensionis melawan Tentara Merah selama Perang Sipil Rusia 1917-1921. Setelah komunisme dapat menguasai seluruh negeri, sistem Pramukadiberantas dan diganti dengan organisasi Pionir Muda dengan ideologi yang berbeda untuk benar-benar mendidik anak dengan ajaran komunis.




Children's Railway, kadang-kadang juga disebut Pioneer Railway, adalah sebuah proyek dari Pionir Muda dimana remaja dan anak-anak belajar profesi-profesi perkeretaapian. Mereka didirikan di seluruh Uni Soviet dan Eropa Timur di mana komunisme hadir. Pertama dibuka di Gorky Park, Moskow, pada tahun 1932. Sedangkan di Budapest, Gyermekvasút, dibuka pada tahun 1948. Pada saat Uni Soviet bubar, ada lebih dari 50 kereta api tersebut dan lebih banyak lagi di Blok Timur. Banyak Pioneer Railway masih digunakan sampai sekarang berfungsi sebagai kereta api warisan serta tempat-tempat wisata. Selain di Budapest, juga dapat ditemukan di Minsk, Dresden, Berlin, Belarus, Tbilisi dan sejumlah kota lainnya.

Gyermekvasút di Budapest adalah rel kereta api sepanjang 11,2 km dan melewati tujuh perhentian, yang semuanya adalah tempat rekreasi populer. Untuk bekerja pada Children's Railway, anak-anak menjalani 4 bulan pelatihan dan mengikuti ujian di semua bidang manajemen kereta api sebelum menerima lisensi satu tahun. Anak-anak bekerja sekali atau dua kali dalm dua minggu, sehingga mereka dapat menyesuaikannya dengan jadwal sekolah mereka. Mereka bahkan ada yang diizinkan untuk tidak sekolah saat bekerja pada rel kereta api. Bekerja pada Gyermekvasút adalah hak istimewa, yang sangat diinginkan oleh anak-anak muda Hongaria.



















<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/X9CH9_gLvt4" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>


Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment