Gletser Kaki Gajah di Greenland

Elephant Foot Glacier atau Gletser kaki gajah di timur laut Greenland, tampak seperti semangkuk adonan yang telah dituangkan di atas panci. Tekanan miliaran ton es menembus gunung dan tumpah simetris ke laut di dekatnya, berbentuk kipas lobus. Gletser seperti ini dikenal sebagai gletser Piedmont, dan Elephant Foot Glacier adalah contoh sempurna darinya. Bentuknya yang sangat berbeda, menonjol secara dramatis dari lingkungannya bila dilihat dari atas.


Gletser adalah salah satu yang paling luar biasa dari fenomena alam bumi. Sungai-sungai salju beku ini adalah akumulasi selama berabad-abad dari curah hujan yang di pak begitu padat sehingga melebihi ablasinya secara keseluruhan. Mereka berada dalam keadaan terus-menerus berubah, mengalir ke arah lereng menuju lembah atau badan air. Anda tidak bisa langsung tahu apakah gletser bergerak tapi jika mengamatinya lagi beberapa dekade maka akan dapat terlihat perubahan dramatis dalam lanskap.

Elephant Foot Glacier terletak di semenanjung Kronprins Kristen Land. Gletser ini tidak terhubung ke lapisan es utama Greenland. Sebaliknya, Elephant Foot Glacier bagian dari jaringan gletser dan es yang menggantung di sekitar pinggiran pulau. Penelitian telah menunjukkan bahwa secara keseluruhan, jaringan gletser terpencil ini mencakup sekitar 5 sampai 7 persen dari total cakupan es Greenland, namun mereka bertanggung jawab atas 20 persen kontribusinya terhadap kenaikan permukaan laut.







Contoh lain dari gletser piedmont adalah Malaspina Glacier di tenggara Alaska. Dengan panjang 65-km dan lebar 45-km, Malaspina Glacier adalah gletser Piedmont terbesar di dunia. Gletser muncul di mana beberapa gletser lembah, terutama Seward Glacier dan Agassiz Glacier, tumpah keluar dari pegunungan Saint Elias ke dataran pantai yang menghadap Teluk Alaska.

Malaspina Glacier



Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment